Capaian Pembelajaran Prakarya-Budi Daya SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

CP Prakarya-Budi Daya SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB. Capaian Pembelajaran Prakarya-Budi Daya SMA pdf.

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya-Budi Daya setiap Fase

1. Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD)

Pada akhir Fase A (Kelas I dan II SD) peserta didik mampu mengamati dan menjelaskan karakteristik produk budi daya untuk kebutuhan sehari-hari dan memberikan tanggapan.

2. Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD)

Pada akhir Fase B (Kelas III dan IV SD) peserta didik mampu menghasilkan produk budi daya untuk kebutuhan diri dan keluarga sesuai potensi lingkungan berdasarkan pengamatan bahan, alat, dan langkah-langkahnya, serta memberikan tanggapan.

3. Fase C (Umumnya untuk kelas V dan VI SD)

Pada akhir Fase C (Kelas V dan VI SD) peserta didik mampu menghasilkan produk budi daya sesuai potensi lingkungan dengan memodifikasi bahan dan alat. Pada fase ini, peserta didik mampu merefleksikan kelebihan dan kekurangan produk yang dihasilkan.

4. Fase D (Umumnya Kelas VII, VIII, dan IX SMP)

Pada akhir Fase D (Kelas VII, VIII dan IX SMP) peserta didik mampu menghasilkan produk budi daya berdasarkan modifikasi bahan, alat, dan teknik sesuai potensi lingkungan/kearifan lokal untuk mengembangkan jiwa wirausaha. Pada fase ini, peserta didik mampu memberikan penilaian produk budi daya berdasarkan fungsi/nilai budaya/nilai ekonomis secara lisan dan tertulis.

5. Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA)

Pada akhir Fase E (Kelas X SMA) peserta didik mampu mengembangkan produk budi daya berdasarkan analisis kebutuhan dan kelayakan pasar melalui eksplorasi bahan, alat dan teknik, serta mempresentasikan secara lisan, tertulis, visual dan virtual. Pada fase ini, peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran produk budi daya berdasarkan dampak lingkungan/budaya/ teknologi tepat guna.

6. Fase F (Umumnya Kelas XI dan XII SMA)

Pada akhir Fase F (Kelas XI dan XII SMA) peserta didik mampu mengembangkan sistem produksi budi daya berdasarkan proposal rancangan usaha melalui analisis kebutuhan, kelayakan pasar, dan kajian ilmiah, serta mempresentasikan produk secara lisan dan tertulis pada media sosial, virtual, maupun visual. Pada fase ini, peserta didik mengevaluasi, memberikan kritik dan solusi pengembangan produk budi daya sesuai dengan nilai kewirausahaan/dampak lingkungan/teknologi tepat guna.


SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

KLIK UNTUK DOWNLOAD