Notification

×

Soal Tentang Leadership Character Lengkap Jawaban

Tuesday, November 23, 2021 | 11/23/2021 WIB Last Updated 2021-11-23T10:43:10Z
Soal dan Jawaban - Dibawah ini beberapa Soal Tentang Leadership Character (Karakter Kepemimpinan) Lengkap Jawaban. Soal Tentang Karakter Kepemimpinan beserta Jawabannya.



1. Jelaskan 3 karakter yang menurut anda harus ada pada seorang pemimpin?

Jawaban: 
a. Disiplin
Seseorang yang mempunyai prinsip kedisiplinan baik disiplin waktu atau diri akan mampu menghargai waktu dan amanah yang diberikan kepadanya. Seseorang yang disiplin dengan waktu akan mampu mempunyai manajeman waktu yang baik sehingga pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu dan ketika seseorang disiplin terhadap dirinya dengan memegang prinsip kejujuran maka akan membawa organisasi tersebut senantiasa dalam kebaikan baik dari segi citra maupun perkembangan organisasi.

b. Kesabaran
Seorang pemimpin tentu harus memiliki sifat sabar karena orang-orang yang kita pimpin tidak memiliki karakter yang sama antar satu sama lain dan mampu memahami karakter dari masing-masing anggota kita sehingga kita mampu memberikan amanah sesuai dengan karakter yang dimilikinya.

c. Membangun kepercayaan
Sebelum kita memimpin anggota dalam organisasi maka kita harus mampu menanamkan rasa percaya diri kepada diri bahwa kita In syaa Allah mampu melakukannya dengan izin Allah, kemudian seorang pemimpin efektif harus menanamkan kepercayaan atas pemberian job kepada anggotanya, sehingga anggota tersebut menyadari bahwa pemimpinnya ternyata percaya kepadanya sehingga anggota akan senantiasa melakukan yang terbaik. Tidak adanya saling percaya antar pemimpin dan anggota yang akan membuat organisasi akan kacau dan tidak efektif.

2. Fenomena yang kita lihat saat ini, tidak sedikit yang kurang memiliki disipilin diri dalam artian disiplin dalam menolak sogokan disekitar kita dan berpegang teguh pada tujuan. Sehingga hari ini kita melihat masalah korupsi belum terselesaikan, menurut anda mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apa solusinya ?

Jawaban :
“Disiplin diri yang berarti menolak apa yang ingin anda lakukan dan melakukan apa yang perlu anda lakukan”. Sehingga fenomena yang hari ini banyak terjadi karena kurang tertanamnya disiplin diri untuk senantiasa bersifat jujur dalam setiap keadaan.

Kurangnya pemahaman akan esensi pekerjaan yang hari ini digeluti yang sebenarnya bukan sematamata tujuan hidup kita tetapi hanya sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah, masih kurang terhadap analisa hasil yang akan ditimbulkan hanya sampai pada saat ini saja bukan berpikir dalam orientasi kedepan.

Dan pembentukan karakter hari ini sangat dipengaruhi oleh karakter kita sebelumnya, ketika dahulu saat ujian saja telah menghalalkan yang namanya menyontek, maka hal tersebut akan dibawa sampai dewasa sehingga bagaimana mungkin korupsi akan terselesaikan ketika masalah menyontek saja kita belum mampu untuk meninggalkannya.

Sehingga solusi dari masalah tersebut adalah memulai dari diri sendiri untuk senantiasa bersifat jujur dalam setiap keadaan, walaupun itu hanya masalah sepele. Karena dengan kejujuran lah akan mengantarkan seseorang menuju kebaikan sedangkan dusta akan mengantarkan seseorang menuju ke kejahatan. Dan kejujuran ini bisa muncul kalau senantiasa membiasakan diri untuk jujur. Kalau dari diri-diri kita sudah mulai menerapkannya maka akan terbentuk keluarga jujur, kemudian masyarakat jujur sehingga kita pun bisa mengubah dunia. Dan untuk membangkitkan semangat jujur maka dengan mempelajari keutamaan jujur dan dampaknya dari tidak jujur.

3. Terkadang kita melihat seseorang mampu untuk menjadi seorang pemimpin, namun dia merasa dirinya belum mampu untuk itu. Bagaimana cara mengembangkan dirinya agar mampu menjadi seorang pemimpin ?

Jawaban:
a. Bertanggung jawab secara personal terhadap pertumbuhan anda sendiri
b. Mengembangkan sebuah rencana yang menunjukkan wilayah – wilayah penting yang ingin anfa ketahui lebih lanjut.
c. Carilah mentor untuk diri anda
d. Perbanyaklah/perluas bacaan anda
e. Bertanyalah kepada diri anda sendiri secara teratur
f. Dengarkan dengan seksam orang- orang yang tidak setuju dengan anda
g. Belajarlah dari pengalaman orang lain

4. Diantara semua karakter kepemimpinan, karakter yang manakah yang telah Anda miliki, jelaskan alasan Anda?

Jawaban:
Menurut saya, karakter kepemimpinan yang ada dalam diri saya adalah keberanian, kepercayaan diri, disiplin, selalu ingin mengembangkan diri dan bertanggung jawab. Keberanian karena dalam mengambil keputusan saya berani untuk menerima resiko yang akan saya hadapi untuk mencapai tujuan yang telah saya tetapkan.

Kepercayaan diri menurut saya adalah modal untuk membangun jejaring dan komunikasi, maka dari itu saya merasa kepercayaan diri yang kuat dapat membawa orang secara sadar dan tidak sadar mengikuti apa yang kita perintahkan.

Disiplin, memang merupakan usaha yang sangat besar untuk mencapai kedisiplinan itu, tapi saya berusaha untuk menanamkannya dalam diri karena disiplin adalah kunci keberhasilan dari apa yang direncakan, disiplin pada diri sendiri dapat membangun kepercayaan orang lain bahwa kita bisa mengemban amanah sebagai pemimpin. Dan selalui ingin berkembang adalah karakter pemimpin yang sangat melekat dalam diri saya, karena saya terus mencoba hal baru, mengasah kemampuan dan pengalaman baru untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, karena pemimpin selalu bergerak dinamis dan mengikuti perubahan zaman.

5. Bagaimana cara menilai karakter (value your character ) kepemimpinan dalam diri kita?

Jawaban:
Ada dua cara penting menilai karakter kita yaitu:
1. Kita harus melaksanakan tindakan sesuai dengan apa yang kita katakan, jika tindakan yang kita lakukan sudah sesuai dengan janji-janji, harapan, dan visi misi yang selalu kita gaung-gaungkan maka kita termasuk orang yang memiliki karakter kepemimpinan
2. Mengerjakan sesuatu bahkan ketika tidak ada orang lain yang melihat. Banyak orang yang hanya ingin bekerja ketika dilihat oleh banyak orang, tetapi karakter pemimpin sejati adalah ketika kita mengerjakan bukan untuk dilihat oleh orang lain, tapi untuk melaksanakan tanggung jawab yang diamanahkan dalam diri, itulah cara penting menilai karakter kepemimpinan kita.

6. Bagaimana gambaran karakteristik dari seorang pemimpin yang berhati hangat?

Jawaban:
Gambaran Karakteristik dari seorang pemimpin yang berhati hangat adalah sebagai berikut:
a) Mereka menyukai orang-orang
b) Mereka menjadikan orang-orang tersebut sebagai pusat perhatian
c) Mereka menunjukkan ketertarikan akan kehidupan orang lain
d) Mereka terlihat senang ketika bertemu dengan orang-orang
e) Mereka memiliki bahasa tubuh yang baik
f) Suara mereka menunjukkan antusiasme
g) Bereka berhati-hati agar tidak mendominasi orang lain
h) Mereka menghindari perilaku agresif


×
Artikel Terbaru Update