Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Tugas Kuliah Tentang Terapi Komplimenter | MATA KULIAH Terapi Komplimenter

Sunday, September 19, 2021 | 9/19/2021 WIB Last Updated 2021-09-19T08:39:17Z
Tugas Mata Kuliah Terapi Komplimenter

Tugas Mata Kuliah Terapi Komplimenter. Teknik Baby Massage Adalah. Baby spa Adalah layanan kesehatan yang dilakukan secara holistik. Aspek legal terap

TERAPI KOMPLIMENTER

Terapi moksa 

Moxa-terapi (Moxibustion) adalah bagian dari akupunktur dan Pengobatan Tradisional Cina. Moxibusi diterapkan menggunakan ramuan Cina disebut Moxa (Artemisia argyi) atau jenis tanaman mugwort. Moxa berbentuk seperti cerutu besar, yang nantinya akan dinyalakan.

Kehangatan yang keluar dengan posisi moxa yang tepat akan merangsang titik akupuntur yang dituju. Terapi ini bisa dikatakan minim risiko, karena tidak menimbulkan rasa sakit ataupun kontraksi mendadak. Moxibustion justru menjadi terapi yang cukup menyenangkan untuk dijalani, dan memberikan dampak yang baik untuk keselamatan ibu dan janin saat proses persalinan terjadi kelak.

Teknik baby massage

Teknik Baby Massage Adalah Teknik seni tradisional yang menggabungkan sentuhan pengasuhan pada bayi yang dilakukan oleh orang tua, pengasuh atau terapis meliputi gerakan-gerakan dan teknik massage.

Mekanisme dasar pemijatan yaitu Beta Endorphin mempengaruhi mekanisme pertumbuhan, Aktivitas Nervus Vagus mempengaruhi mekanisme penyerapan Makanan, Aktivitas Nervus Vagus meningkatkan volume ASI, Produksi Serotonin meningkatkan daya tahan tubuh, Pijatan dapat mengubah gelombang otak. Manfaat Baby massage Menstimulasi saraf otak dan melatih respon syaraf, Meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imun, Meningkatkan nafsu makan dan berat badan, Memperbaiki gangguan tidur, Memperbaiki pencernaan

Terapi lullaby

Terapi musik dapat diberikan kepada berbagai kelompok usia, seperti halnya diungkapkan D. Setyawan, Susilaningsih dan E Emaliyawati yang mengungkapkan perawatan standar ruangan yang dikombinasikan dengan terapi musik lebih efektif menurunkan tingkat kecemasan dan 76,2% efektif menurunkan tingkat nyeri pada pasien dibandingkan tanpa terapi musik.

Tujuh piluh lima persen (75%) perawatan standar yang dikombinasikan dengan terapi suara alam lebih efektif menurunkan kecemasan dan 100% efektif menurunkan tingkat nyeri pasien dibandingkan tanpa terapi suara alam. Perawatan standar yang dikombinasikan dengan gabungan antara terapi musik relaksasi dan suara alam menunjukkan bahwa 100% efektif menurunkan nyeri dan kecemasan pasien.
Seorang bayi memiliki keterbatasan sensoris dan musik yang sering diputarkan pada bayi adalah musik lullaby yang memberikan efek menenangkan. Musik lullaby sering digunakan dalam stimulasi multimodal.

Musik lullaby termasuk dalam musik klasik Brahm atau Mozart, musik daerah atau nyanyian ibu yang dapat mengatur perilaku bayi untuk dapat fokus pada dirinya dan juga menenangkan yang dikomunikasikan secara emosional. Terutama pada bayi prematur yang secara dini keluar dari lingkungan aman dan nyaman yaitu rahim ibu. Hasil penelitian Standley (2010) secara statistik signifikan menunjukan musik memiliki dampak kebaikan bagi bayi prematur di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Baby spa

Baby spa Adalah layanan kesehatan yang dilakukan secara holistik dengan memadukan berbagai jenis perawatan kesehatan tradisional dan modern yang menggunakan air beserta pendukung perawatan lainnya untuk memberikan efek terapi melalui panca indra guna mencapai keseimbangan antara tubuh (body), pikiran (mind), dan jiwa (spirit) sehingga terwujud kondisi kesehatan yang optimal.
Manfaat spa untuk bayi yaitu Meningkatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan mental, Meningkatkan perkembangan sensorik, Meningkatkan kepercayaan diri, Meningkatkan kapasitas paru-paru, memperkuat jantung, Meningkatkan berat badan, Stimulasi mental sirkulasi darah untuk pertumbuhan otak dan meningkatkan IQ.

Aspek legal terapi komplimenter

1. Undang-Undang RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan
a. Pasal 1 butir 16, pelayanan kesehatan tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun – temurun secara empiris yang dapat dipertanggung jawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat;
b. Pasal 48 tentang pelayanan kesehatan tradisional;
c. Bab III Pasal 59 s/d 61 tentang pelayanan kesehatan tradisonal.

2. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1076/Menkes/SK/2003 tentang pengobatan tradisional

3. Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 120/Menkes/SK/II/2008 tentang standar pelayanan hiperbarik;

4. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1109/Menkes/Per/IX/2007 tentang penyelenggaraan pengobatan komplementer-alternatif di fasilitas pelayanan kesehatan;

5. Keputusan Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik, No. HK.03.05/I/199/2010 tentang pedoman kriteria penetepan metode pengobatan komplementer – alternatif yang dapat diintegrasikan di fasilitas pelayanan kesehatan

Konsep model terapi komplimenter

Terapi Komplementer adalah cara penanggulangan penyakit yang dilakukan sebagai pendukung atau pendamping kepada pengobatan medis konvensional atau sebagai pengobatan pilihan lain diluar pengobatan medis yang konvensional.

Terapi komplementer bertujuan untuk memperbaiki fungsi dari sistem – sistem tubuh, terutama sistem kekebalan dan pertahanan tubuh agar tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri yang sedang sakit, karena tubuh kita sebenarnya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri, asalkan kita mau mendengarkannya dan memberikan respon dengan asupan nutrisi yang baik lengkap serta perawatan yang tepat.

Asuhan pada terapi komplimenter

Terapi komplementer dalam asuhan kebidanan dapat digunakan sebagai sarana untuk mendukung proses normal kehamilan dan kelahiran dan untuk menghormati otonomi perempuan. Pengobatan komplementer dan alternatif termasuk kedalam paradigma asuhan kebidanan. Pengetahuan tentang penggunaan terapi komplementer untuk kehamilan dan kelahiran terus dikembangkan dan disebarkan dari wanita ke wanita; ibu ke bidan, bidan ke bidan, bidan ke ibu, mempertahankan lingkaran yang telah ada sepanjang sejarah melahirkan anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pengobatan alternative komplementer tersebar luas dalam praktik kebidanan. Bidan mendukung penggunaan pengobatan alternative komplementer karena mereka percaya secara filosofis adalah memberikan alternatif yang aman untuk intervensi medis serta mendukung otonomi wanita, serta menggabungkan pengobatan alternative komplementer dapat meningkatkan otonomi profesional mereka sendiri.

Akupoint

Acupoint adalah alat akupuntur kesehatan dengan teknologi canggih sebagai pengganti jarum akupunktur. Fungsinya untuk perawatan kesehatan dan kecantikan, meningkatkan kecerdasan (dengan memperlancar sirkulasi oksigen daerah kepala secara keseluruhan terutama dalam organ otak sehingga meningkatkan daya konsentrasi), mengatasi penyakit seperti gangguan saluran pernapasan (batuk, flu, asma), gangguan konsentrasi (sakit kepala, insomnia, hipertensi, hipotensi, vertigo, migren, gangguan pencernaan (susah buang air besar, diare, maag, sakit perut), gangguan saluran kemih dan genital (ngompol malam hari, prostate, anyeng-anyengan, gangguan haid), gangguan alat gerak (nyeri sendi, baal, stroke, kecanduan alcohol, kecanduan rokok).

Praktikum massage

Therapy massage merupakan salah satu jenis massage yang digunakan untuk menangani cedera atau masalah kesehatan lainnya. Tujuan therapy massage antara lain yaitu; memperlancar peredaran darah dan cairan getah bening, mereposisikan bagian tubuh yang mengalami cedera dislokasi khususnya pada sendi ke posisi semula, dan memanfaatkan relaksasi, perangsangan, dan penyegaran untuk menghasilkan kesehatan yang prima. therapy massage banyak digunakan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan pada lansia

Praktikum jiu sin jiatsu

Jin Shin Jyutsu adalah seni melepaskan ketegangan yang merupakan penyebab berbagai gejala dalam tubuh. Tubuh kita mengandung beberapa jalur energi yang memberi makan kehidupan ke semua sel kita. Ketika satu atau lebih dari jalan ini terhalang, efek merusak ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit. Penyumbatan atau stagnasi ini tidak hanya akan mengganggu area lokal tetapi juga akan terus berlanjut dan pada akhirnya akan melemahkan jalur atau jalur lengkap dari aliran energi. Jin Shin Jyutsu Adalah sebuah teknik penyembuhan Jepang yang membantu kita sehat dengan cara menyentuh 26 titik energi pada tubuh sendiri.

Praktikum back massage

Tindakan keperawatan dengan cara memberikan masase pada klien dalammemenuhi kebutuhan rasa nyaman (nyeri) pada daerah superficial atau padaotot/tulang. Tindakan masase ini hanya untuk membantu mengurangi rangsangan nyeri akibat terganggunya sirkulasi

Praktikum body integrasi

Manipulative and body based methode yaitu terapi dengan cara memberikan perangsangan pada tubuh untuk mengembalikan fungsi normal tubuh. Perangsangan dapat berupa sentuhan, tekanan, maupun menggerakan anggota tubuh. Contoh terapi yaitu masase, akupresur, dan yoga, (Zahrawani, 20 1 0). Merangsang atau menggerakan anggota tubuh untuk mengembalikan fungsinya yang normal, misalnya chiropractic, osteopathic manipulation, dan pijat (massage). Juga termasuk gerak dan latihan pernafasan seperti yoga, Alexander technique, pilates, teknik buteyko, eucapanic breathing.

Akupuntur

Akupunktur adalah teknik pengobatan atau terapi menggunakan jarum akupunktur yang ditusukkan pada titik-titik tertentu pada tubuh. Jenis akupunktur terbagi dua, yaitu akupunktur tradisional dan akupunktur medis. Akupunktur tradisional merupakan pengobatan tradisional komplementer dan bisa dilakukan oleh tenaga selain medis dan paramedis. Sedangkan akupunktur medis merupakan ilmu pengobatan yang dilakukan oleh tenaga medis, yaitu dokter spesialis akupunktur medis dan dokter umum yang telah mengikuti kursus akupunktur medis.

Mencegah stunting pada 100 HPK

Mencegah stunting atau gagal tumbuh harus dilakukan sejak 1000 hari pertama kehidupan anak. Itu artinya, Bunda sudah harus memperhatikan kecukupan gizi sejak awal kehamilan. Stunting dapat terjadi sejak kehamilan jika terjadi hambatan pertumbuhan pada janin dalam kandungan.
Pastikan asupan makanan ibu hamil tercukupi agar janin berkembang dengan baik. Apabila asupan makanan ibu cukup dan tidak ada penyulit lain, umumnya janin akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Kecukupan asupan makanan ini, nantinya dapat dilihat dengan pertambahan berat janin yang sesuai dengan usia kehamilan.

Sumber : Informasi Kesehatan
×
Artikel Terbaru Update