Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran 3: Pengetahuan Dasar Jaringan Komputasi Riviu Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan - Telekomunikasi SMK

Pembelajaran 3: Pengetahuan Dasar Jaringan Komputasi Riviu Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan - Telekomunikasi SMK.

Download Soal dan Jawaban

Pembelajaran 3: Pengetahuan Dasar Jaringan Komputasi

1. Saat menggunakan perangkat komputer kadang terdapat pemasalahan utamanya pada bagian perangkat keras. namun demikian tetap ada langkah langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi permasalah tersebut. Berikut ini salah satu langkah-langkah pemecahan masalah pada suatu kondisi kerusakan yang terkadang terjadi padi perangkat komputer:

  • Cek bagian kabel (yang hubungkan komputer ke stop kontak) cek apakah kendor, lebih baik lagi Anda coba pakai kabel lain, supaya bisa tahu apakah kabelnya rusak atau tidak
  • Cek bagian stabilizer, khususnya untuk Anda yang pakai ini, untuk pastikan tak ada yang rusak atau kendor.
  • Cek kabel power dalam (dari power supply ke tombol power CPU) pastikan juga tak kendor atau rusak
  • Kalau semuanya sudah dicek dan kondisinya normal, peluangnya rusak di bagian motherboard atau power supply

Berdasarkan Penjelasan diatas, Jenis Kerusakan yang dimaksud yaitu ?
a. Tidak ada Tampilan Pada layar
b. Disk Boot Failure
c. CPU tidak nyala
d. Layar Tidak ada respon
e. Layar Monitor Kosong

2. Berdasarkan dari fungsinya, peralatan komputer dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok Bagian Besar. Berikut ini disajikan gambar salah satu perangkat Komputer.
Berdasarkan dari fungsinya, peralatan komputer dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok Bagian Besar. Berikut ini disajikan gambar salah satu perangkat Komputer

Berdasarkan Gambar diatas, Perangkat komputer tersebut termasuk dalam Golongan :
a. Perangkat INPUT dan OUTPUT
b. Perangkat Jaringan
c. Perangkat Proses
d. Perangkat OUTPUT
e. Perangkat INPUT

3. Saat ini perkembangan sistem operasi komputer sangat pesat, didalam perkembangannya telah lahir beberapa jenis sistem operasi yang dapat digunakan untuk membantu dalam aktifitas keseharian kita. Salah satunya sistem operasi yang ada sekarang ini merupakan hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Kode sumber sistem opreasi ini dapat  dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Sistem Operasi yang dimaksud yaitu.
a. MAC OS
b. MB OS/2
c. MICROSOFT DOS
d. LINUX
e. MICROSOFT WINDOWS

4. Menurut TANENBAUM Sistem Operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan bisa dibagi kedalam empat generasi. Salah satunya dimana pada Generasi ini adalah masanya Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Generasi yang dimaksud yaitu :
a. Generasi Keempat antara tahun 1980 - Sekarang
b. Generasi Ketiga, antara tahun 1965 - Sekarang
c. Generasi Pertama, antara tahun 1945-1955.
d. Generasi Kedua, antara tahun 1955-1965.
e. Generasi Ketiga, antara tahun 1965-1980.

5. Seorang teknisi pada di sebuah perusahaan di Jakarat, suatu hari dia di tugaskan untuk melakukan perakitan sebuah komputer dengan spesifikasi yang telah di tentukan oleh perusahaan tersebut. Setelah beberapa saat komputer tersebut selesai di rakit dan di ujicoba untuk di operasikan, tiba tiba terdengar suara Beep Panjang secara terus menerus. Melihat kasus diatas kemungkinan kerusakan berada pada perangkat keras?
a. MotherBoard
b. Power Supply
c. VGA
d. Hard Disk
e. RAM

6. Melakukan Proses install tanpa persiapan yang matang biasanya akan berujung dengan kegagalan. Ini akan berakibat sistem operasi windows yang kita install tidak dapat digunakan atau tidak berjalan secara maksimal. agar pasca instalasi berjalan lancar, maka kita harus mempersiapkan  beberapa hal, Salah satunya yaitu ?
a. Melakukan Penggantian Perangkat keras yang bermasalah
b. Memastikan Perangkat keras yang digunakan masih dalam kondisi tersegel
c. Menyiapkan Buku Catatan untuk mencatat kendala selama proses Instalasi
d. Memastikan Sistem Operasi yang digunakan merupakan sistem operasi Versi Terbaru
e. Melakukan pengecekan spesifikasi perangkat keras

7. Melakukan update sistem operasi adalah hal yang paling pertama kali harus Anda lakukan ketika menggunakan Windows 10 pertama kali setelah melakukan proses instalasi. Berikut ini beberapa tujuan dari proses update Sistem, kecuali ?.
a. Untuk mendapatkan Security Patch terbaru
b. Untuk mendapatkan Fitur-Fitur Terbaru
c. Untuk Mendapatkan sistem keamanan terbaru
d. Untuk memperbaiki BUG
e. Untuk Memastikan Keaslian dari Windows yang digunakan

8. Salah satu fitur yang dimiliki oleh windows 10 yaitu System Restore, oleh karena itu sangat disarankan setelah melakukan proses instalasi Sistem Operasi Windows 10 untuk mengaktifkan System Restore Point. Adapun Fungsi dari System Restore yaitu ?.
a. Untuk Mendapatkan Sistem Kemanan Terbaru
b. Untuk Mendapatkan Update Terbaru pada Sistem
c. Untuk mengembalikan laptop pada keadaan sebelumnya dimana sistemnya masih "sehat"
d. Untuk Melakukan Pengaturan/Setting yang sesaui dengan kebutuhan pengguna
e. Untuk Mengaktifkan Semua Fitur-Fitur tambahan yang ada pada sistem Operasi Windows 10

9. Pada Proses perakitan perangkat komputer, ada beberapa langkah penting yang harus di perhatikan, ini akan menentukan kwalitas hasil dari perangkat komputer. Salah satunya yaitu dimana setelah prosesor  diletakkan secara benar di soket yang ada pada Motherboard, Selanjutnya diberikan Thermal Grease pada permukaan Prosesor, seperti yang di perlihatkan pada gambar dibawah ini ?
Pada Proses perakitan perangkat komputer, ada beberapa langkah penting yang harus di perhatikan, ini akan menentukan kwalitas hasil dari perangkat komputer. Salah satunya yaitu dimana setelah prosesor  diletakkan secara benar di soket yang ada pada Motherboard, Selanjutnya diberikan Thermal Grease pada permukaan Prosesor, seperti yang di perlihatkan pada gambar dibawah ini
Fungsi atau tujuan dari langkah tersebut yaitu ?
a. Memperkokoh posisi Prosesor
b. Memberi perlindungan ekstra ke prosesor dan HFC
c. Melindungi Prosesor dari Tekanan
d. Mengurangi Gesekan antara Prosesor dan HFS
e. Panas dapat dihantarkan dengan Baik Ke HSF