Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP DIL Pembelajaran di Rumah (BDR)

RPP DIL atau RPP Discovery-Inquiri Learning pada Pembelajaran di Rumah (BDR). Contoh Permasalahan dan Sajian RPP yang menerapkan model DIL dan memanfaatkan konten Rumah Belajar

Contoh RPP DIL Pembelajaran di Rumah (BDR)

Contoh: 

Pada Mapel Bahasa Indonesia jenjang SMK Kelas XII/1 : Setelah lulus SMK, alumni biasanya langsung mencari pekerjaan yang diminati, oleh karena itu perlu punya ketrampilan membuat Surat Lamaran Pekerjaan. Banyak kasus surat lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali , namun ada yang langsung diterima. 

Dengan penerapan model DIL ini, peserta didik diharapkan bisa merumuskan sendiri masalah terkait surat lamaran kerja dan bagaimana cara membuatnya(sistematikanya) dari berbagai aneka sumber data dan analisa datanya.

Contoh RPP untuk Sajian di atas bisa di lihat di bawah ini:

Yang Perlu Diperhatikan

  1. Penerapan model DIL secara full daring dalam BDR harus didukung dengan kesiapan sarana prasarana TIK (gadget, laptop, internet, dsb)yang cukup memadai baik bagi pendidik maupun peserta didik.
  2. Pendidik harus memiliki literasi TIK yang baik.
  3. Pendidik harus memiliki kemampuan CoI (Community of Inquiry) yaitu social presence (kemampuan berinteraksi dalam pembelajaran daring), teaching presence (kemampuan memberikan pembelajaran daring) , dan cognitive presence (kemampuan dalam menumbuhkan HOTs).
  4. Penyiapan RPP yang disesuaikan dengan sintak model DIL dan perangkat TIK yang dibutuhkan secara detail menjadi poin penting bagi pendidik.
  5. Pemilihan Stimulus yang kuat dan menarik, sangat penting untuk mengawali penerapan Model DIL dalam merangsang ketrampilan HOTs peserta didik dalam menemukan permasalahan pembelajaran yang relevan.