Kuis Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

Kuis Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

Perubahan praktik pembelajaran, dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh tidak memiliki pengaruh pada satuan pendidikan ataupun siswa.
✅ Benar
Salah

Note:
Pandemi COVID-19 telah mengubah praktik pembelajaran, dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Kondisi tersebut telah membuat sejumlah peserta didik mengalami kehilangan kesempatan belajar (learning loss).

Berdasarkan SKB 4 Meteri penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, dapat dilakukan dengan cara pertemuan tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh.
✅ Benar
❎ Salah

SKB 4 Menteri yang ditetapkan pada 30 Maret 2021, menetapkan 3 poin penting dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
✅ Benar
❎ Salah

Membantu guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran ketika ada perubahan kondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait pandemi COVID-19. Merupakan salah satu tujuan dirancangnya pembelajaran di masa pandemi.
✅ Benar
❎ Salah

Terdapat 3 tujuan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi.
✅ Benar
Salah

Note:
Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dirancang untuk ;
  1. Memberikan hak kepada setiap peserta didik untuk mendapatkan pendidikan 
  2. Menyediakan layanan pendidikan berkualitas untuk mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan di masa pandemi COVID-19.
  3. Menyediakan dukungan psikososial bagi seluruh warga satuan pendidikan di masa pandemi COVID-19
  4. Menerapkan protokol kesehatan yang ketat di satuan pendidikan untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan.

Adanya arahan untuk penyesuaian konsep dan rencana pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi guru dan tenaga kependidikan. Merupakan salah satu manfaat pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
✅ Benar
Salah

Note:
Manfaat Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19
  1. Kepala satuan pendidikan dan guru mendapatkan pemahaman dalam keterbatasan waktu mengenai bagaimana menerapkan pembelajaran di tahun ajaran 2021/2022.
  2. Kepala satuan pendidikan dan guru mendapatkan gambaran untuk mengelola pembelajaran di tahun ajaran 2021-2022, dengan 2 pilihan strategi: pembelajaran campuran (PTM terbatas dan PJJ) dan pembelajaran jarak jauh secara penuh.
  3. Kepala satuan pendidikan dan guru mendapatkan  gambaran langkah dan penyesuaian yang adaptif yang dapat diambil oleh kepala sekolah dan guru berdasarkan kebutuhan satuan pendidikan  melalui contoh-contoh kasus.
  4. Kepala satuan pendidikan dan guru dapat mengasah sensitivitas peserta terhadap resiko penularan COVID-19 dan kemampuan merancang antisipasi terhadap terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

Adanya rujukan bagi satuan pendidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran campuran di masa pandemi COVID-19. Merupakan salah satu manfaat bimtek ini.
✅ Benar
❎ Salah

Salah satu ruang lingkup pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ialah pengelolaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan sebagai acuan bagi guru dan tenaga kependidikan.
✅ Benar
❎ Salah

Ukuran keberhasilan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di bagi menjadi 2.
✅ Benar
❎ Salah

Pelibatan orang tua dalam merencanakan, memandu, melaksanakan, memberi umpan balik dan mengembangkan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Merupakan ukuran keberhasilan bagi guru.
Benar
❎ Salah