Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Pada Artikel sebelumnya Bapak dan Ibu telah belajar menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca tingkat SMA. Pada kesempatan ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir Asesmen Literasi Membaca teks fiksi dan juga teks informasi tingkat SMA.

Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Level Pembelajaran 1 Teks Fiksi untuk Kelas 9 dan 10

Level Pembelajaran 1 Teks Fiksi untuk Kelas 9 dan 10

Kompetensi yang diukur
: Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Mengapa penulis menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?
A. Sinar lilin itu tidak banyak
B. Lilin itu membawa harapan
C. Kehadiran lilin itu dapat meruntuhkan cemara
D. Langkah lilin itu laksana embusan angin
E. Lilin itu dapat menerangi dalam kegelapan

Kompetensi yang diukur: Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Kalimat atau baris-baris di dalam puisi dapat meninggalkan pengalaman indrawi bagi pembacanya. Pengalaman indrawi ini disebut dengan imaji. Tentukan imaji yang ditimbulkan melalui baris-baris puisi berikut ini!

 Kalimat  Penglihatan  Perasaan  Pendengaran 
Menepis lara, mendamaikan hati dan menyejukkan cinta 
Sepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu
Dengan mata, tapi tak kuasa melihatmu


Kompetensi yang diukur: Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Mengapa Ratu Aji Bidara Putih menolak pinangan sang Pangeran?

Jawaban: Karena Sang Pangeran hendak menaklukkan Muara Kaman dengan pura-pura menikahi Sang Ratu.

Kompetensi yang diukur: Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Menurut kalian setelah membaca cerita tersebut manakah karakter Ratu Aji Bidara Putih yang sesuai dengan teks?

Karakter Sesuai  Tidak Sesuai 
 Sombong
 Penuh perhitungan 
Tidak mudah percaya
Selalu ingin menang sendiri

Semena-mena terhadap bawahan

Level Pembelajaran 1 Teks Fiksi untuk Kelas 9 dan 10

Kompetensi yang diukur: Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Kesimpulan apakah yang dapat kalian ambil dari puisi tersebut?

Jawaban: Tokoh aku dalam puisi tersebut merindukan kehadiran seseorang


Kompetensi yang diukur: Menilai tujuan penulis dalam menggunakan diksi dan kosa kata pada teks sastra sesuai jenjangnya.

Dalam konteks cerita tersebut, apa yang dimaksud dengan kalimat Ramin membeku?

Jawaban: Ramin tidak bergerak sama sekali



Kompetensi yang diukur: Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Menurut pendapatmu, apakah ilustrasi cerita ini sesuai dengan isi ceritanya? Jelaskan alasanmu!

Jawaban: Sesuai, karena di dalam cerita disebutkan ada lipan yang menyerang rombongan, lalu rombongan naik ke atas perahu. Hal itu tergambar di dalam ilustrasi.


Kompetensi yang diukur: Menilai elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta autentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya.

Dari konteks cerita tersebut, kejadian apa yang paling minimal harus ditambahkan penulis untuk melengkapi cerita tersebut?

A. Pengenalan situasi cerita
B. Penyelesaian konflik
C. Peningkatan masalah
D. Munculnya konflik
E. Puncak konflik

Kompetensi yang diukur: Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya.

Setelah membaca puisi ini, Emir merasa bahwa puisi ini cocok dengan suasana hatinya karena baru saja ia kehilangan kucing kesayangannya. Setujukah kamu dengan pendapat Emir tersebut? Jelaskan jawabanmu.

Jawaban: Setuju. Karena puisi tersebut bercerita tentang kehilangan. Situasi tersebut sesuai dengan kondisi Emir.

Selain contoh-contoh soal Level pembelajaran 1 teks fiksi yang ada pada aktivitas ini Bapak dan Ibu juga bisa melihat contoh-contoh soal Asesmen Literasi yang lebih beragam di SINI