Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 6: Kimia organik dan polimer

ASN PPPK 2021 - Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 6: Kimia organik dan polimer. Soal dan Pembahasan Guru P3K Kimia di bawah ini merupakan Kumpulan Soal Riviu Pembelajaran Kimia Tahun 2021. Soal PPPK SKB Guru Kimia Tahun 2021. Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 6: Kimia organik dan polimer Bidang Studi Kimia Calon Guru P3K Tahun 2021.

Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 6: Kimia organik dan polimer

Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru P3K Bidang Studi Kimia dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang bidang studi Kimia.

Baca : Kumpulan Soal P3K SKB Terbaru Tahun 2021

Komponen-komponen di dalam Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran ini dikembangkan dengan tujuan agar Calon Guru PPPK Kimia dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait struktur atom sistem periodik; ikatan kimia; stoikiometri; kinetika, energetika redoks dan elektrokimia; larutan dan sistem koloid; kimia organik dan polimer sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 6: Kimia organik dan polimer

1. Dalam suatu praktikum biologi di SMA, seorang siswa diminta untuk membawa sampel urin dari keluarganya. Sampel tersebut dilakukan suatu uji diabetes. Setelah praktikum, siswa tersebut menyimpulkan bahwa seluruh anggota keluarga tidak mempunyai penyakit diabetes. Uji yang mungkin dilakukan siswa tersebut adalah….

a. uji biuret
b. uji Benedict
c. uji Fehling
d. uji Molisch
e. uji iodin
The correct answer is: uji Benedict

2. Suatu pabrik sedang melakukan produksi logam untuk menghemat biaya pabrik tersebut menggunakan gas hasil pembakan yang tidak sempurna suatu alkana. Gas pereduksi tersebut mampu mereduksi oksida logam sehingga akan dihasilkan logam murninya. Gas pereduksi yang digunakan adalah…..

a. CO2
b. CO
c. N2
d. H2
e. SO2
The correct answer is: CO

3. Suatu senyawa Y dapat menghilangkan warna brom jika ditambahkan dengan Br2 /CCl4. Senyawa Y tersebut adalah …..

a. pentena
b. benzena
c. sikloheksana
d. sikloheksena
e. pentana
The correct answer is: pentena

4. Proses hidrometalurgi untuk pemurnian emas melibatkan pembentukan selektif senyawa kompleks emas yang larut dalam air. Spesi yang direduksi dan dioksidasi dalam reaksi berikut ini adalah ….

4Au(s) + CN–(aq) + O2(g) + 2H2O(l) → 4 Au(CN)2–(aq) + 4 OH– (aq)
a. Au(s) mengalami oksidasi dan O2 mengalami reduksi
b. Au(s) mengalami oksidasi dan CN- mengalami reduksi
c. Tidak terjadi reaksi reduksi dan oksidasi
d. O2 mengalami oksidasi dan Au(s) mengalami reduksi
e. CN- mengalami oksidasi dan Au(s) mengalami reduksi
The correct answer is: Au(s) mengalami oksidasi dan O2 mengalami reduksi

5. Senyawa sikloheksanol dapat menghasilkan produk X (suatu senyawa siklis berantai tunggal). Reaksi yang berlangsung merupakan reaksi bertahap atau dikenal sebagai reduksi tidak langsung. Hal ini berarti bahwa produk X tidak dihasilkan langsung dari reduksi sikloheksanol melainkan dari sikloheksena.

Produk X yang dimaksud adalah….
a. 1-metil pentana
b. siklopentana
c. 1-metil pentena
d. sikloheksana
e. heksena
The correct answer is: sikloheksana

6. Trimetilamina merupakan suatu senyawa yang memiliki orbital yang sama dengan orbital CH4 dan amonia. Meskipun demikian, tolakan antar elektron menyebabkan sudut yang terbentuk pada molekul trietilamina yang lebih besar.

Bentuk molekul trimetilamina adalah ….
a. tetrahedral
b. trigonal bipiramida
c. segitiga sama sisi
d. linea
e. oktahedral
The correct answer is: tetrahedral

7. Bacalah wacana berikut ini!

Suatu senyawa dengan rumus molekul C19H38 telah berhasil diisolasi dari minyak ikan dan plankton. Reaksi hidrogenasi terhadap senyawa ini menghasilkan senyawa 2,6,10,14-tetrametilpentadekana. Reaksi ozonolisis C19H38 menghasilkan (CH3)2C=O dan suatu aldehid yang memiliki karbon berjumlah 16.

Nama IUPAC senyawa dengan rumus molekul C19H38 tersebut adalah ….
a. 2,6,10,14-tetrametil-2-pentadekena
b. 2,6,10,14-tetrametil-2-pentadekana
c. 2,6,10,14-tetrametil-3-pentadekana
d. 2,6,10,14-tetrametil-1-pentadekena
e. 2,6,10,14-tetrametil-3-pentadekena
The correct answer is: 2,6,10,14-tetrametil-2-pentadekena

8. Sistein memiliki struktur yang cukup berbeda dengan asam amino yang lain. Hal ini disebabkan adanya gugus sulfhidril. Sistein akan menghasilkan merkaptan jika direaksikan dengan ion logam…..

a. Al3+
b. Fe3+
c. Cu2+
d. Ag+
e. Zn2+
The correct answer is: Ag+

9. Senyawa aldehid yang terbentuk dari reaksi ozonolisis C19H38 tersebut adalah….

a. 4,8,12-trimetiltridekanal
b. 4,8-dimetiltetradekanal
c. 2,3-dimetiltetradekanal
d. 4,8,12,12-tetramatildodekanal
e. 2-metilpentadekanal
The correct answer is: 4,8,12-trimetiltridekanal

10. Suatu laboratorium penelitian di Padang melakukan uji terhadap suatu protein. Setelah ditambahkan suatu Pb(Asetat) dalam keadaan basa dihasilkan suatu endapan hitam, sehingga diduga protein tersebut merupakan

a. isoleusin
b. sistein
c. tirosin
d. leusin
e. valin
The correct answer is: sistein

11. Seorang peneliti akan mensintesis suatu alkohol primer. Alkohol yang akan disintesis tersebut adalah n-heksanol. Di laboratorium, pada saat itu hanya tersisa heksilklorida, 1-heksena, natrium hidroksida, asam klorida, dan akuades. Kemungkinan reaksi yang dapat diterapkan untuk mensintesis nheksanol adalah….

a. SN2 dan E2
b. SN1 dan E1
c. SN1 dan hidrasi
d. SN2 dan hidrasi
e. SN2 dan E1
The correct answer is: SN2 dan hidrasi

12. Produksi biogas memerlukan bakteri yang mampu menghasilkan suatu gas. Ada dua golongan bakteri yang bekerja dalam memproduksi gas tersebut.

Golongan pertama mendegradasi asam asetat menjadi gas tersebut sementara golongan kedua menghasilkan gas metana dari CO2 dan H2. Adapun bakteri yang dimaksud adalah…..

a. nitrogenase
b. selulose
c. dehidrogenase
d. methanogen
e. hidrogenase
The correct answer is: methanogen

13. Suatu alkohol dapat dibuat dari berbagai cara seperti dengan menggunakan alkil halida primer dengan mekanisme reaksi SN2, dengan menggunakan reagen Grignard, dengan reaksi reduksi, ataupun dengan mekanisme hidrasi alkena. Seorang peneliti ingin sintesis senyawa 2-butanol, reaksi yang tidak akan mungkin menghasilkan senyawa tersebut adalah….

a. reduksi 2-butanon
b. reaksi hidrasi 1-butena
c. reaksi SN2 butil klorida
d. reaksi hidrasi 2-buten
e. reaksi propanal dengan CH3MgBr
The correct answer is: reaksi SN2 butil klorida