Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Buku Kerja Guru Tahun 2021

Thursday, February 4, 2021 | 2/04/2021 WIB Last Updated 2021-08-26T04:06:02Z
Buku Kerja Guru adalah panduan atau bahan yang di gunakan oleh seorang guru dalam mengajar, pelaksanaan tugas mengajar dan mendidik. Buku kerja guru menjadi perangkat administrasi wajib bagi guru yang berisi instrumen yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, baik Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi dan Kurikulum yang dikembangkan sekarang yaitu Kurikulum RPP 1 Lembar.

Buku Kerja Guru Tahun 2021. Buku Kerja Guru adalah panduan atau bahan yang di gunakan oleh seorang guru dalam mengajar, pelaksanaan tugas mengajar dan mendidik

Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut. 
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.
Buku Kerja Guru terdiri dari 4 Buku Kerja. Keempat Buku Kerja tersebut terdiri dari Buku Kerja 1, Buku Kerja 2, Buku Kerja 3 dan Buku Kerja 4. Untuk lebih rinci lagi tentang Buku Kerja Guru, Silahkan Baca dibawah ini.

Buku Kerja Guru

Buku Kerja Guru 1

1. Analisis SKL, KI dan KD

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi (SI), standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. SKL terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Sedangkan KI merupakan terjemahan atau operasional SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. KI harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills. KI berfungsi sebagai unsur pengorganisasi KD. Sebagai unsur pengorganisasi, KI merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan orgaanisasi horizontal KD

KD merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari KI. KD adalah konten atau kompetensi yang terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

DOWNLOAD Analisis SKL, KI dan KD Semua Pelajaran Tingkat SMA Sederajat

2. Silabus

Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok atau Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar. Silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut.
  1. Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh Standar
  2. Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
  3. Materi Pokok/Pembelajaran apa saja yang perlu dibahas dan dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi.
  4. Kegiatan Pembelajaran apa saja yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan sumber-sumber belajar.
  5. Indikator apa saja yang harus dirumuskan untuk mengetahui ketercapaian KD dan SK.
  6. Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.
  7. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
  8. Sumber Belajar apa yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
DOWNLOAD Silabus Pengembangan Terbaru SMA Semua Pelajaran

Sekarang Silabus menjadi 8 Komponen atau Silabus 8 Kolom yang terdiri dari Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Nilai Karakter, Alokasi Waktu, Sumber Belajar dan Penilaian

3. RPP (RPP 1 Lembar, RPP Daring, RPP Revisi 2020)

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah suatu perencanaan yang dibuat oleh guru Mata Pelajaran untuk merencanakan prosedur dan pengorganisasian dalam mengajar pembelajaran di Kelas.

DOWNLOAD RPP 1 Lembar SMA Tahun 2021

4. KKM

Kriteria paling rendah untuk menyatakan siswa mencapai kentuntasan dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM harus ditetapkan di awal tahun ajaran dimulai, melalui musyawarah dewan guru pada satu sekolah. KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal sekolah ditentukan dalam musyawarah dewan guru. Biasanya ditentukan pada awal tahun ajaran baru.

DOWNLOAD KKM Kurikulum 2013 Revisi

Buku Kerja Guru 2

1. Kode Etik Guru

Sebagai tenaga profesional seorang Guru, guru juga memiliki kode etik yang wajib dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangun yang berjiwa Pancasila.
  • Guru memiliki kejujuran Profesional dalam menerapkan Kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  • Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  • Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  • Guru memelihara hubungan dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang luas untuk kepentingan pendidikan.
  • Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu Profesinya.
  • Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan maupun didalam hubungan keseluruhan.
  • Guru bersama-sama memelihara membina dan meningkatkan mutu Organisasi Guru Profesional sebagai sarana pengabdiannya.
  • Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan Pemerintah dalam bidang Pendidikan.
DOWNLOAD Kode Etik Guru Pdf

2. Ikrar Guru

  • Ikrar Guru Indonesia terdiri dari 5 Point, yaitu
  • Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Kami Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada UUD’45
  • Kami Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.
  • Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap Bangsa, Negara serta kemanusiaan.
DOWNLOAD Ikrar Guru pdf

3. Tata Tertib Guru

Berisi sejumlah tata tertib yang wajib dilaksanakan oleh Guru. Berikut Tata Tertib Guru yang harus dilaksanakan.
  • Berkewajiban datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  • Berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang pancasila.
  • Memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  • Mengadakan komunikasi tertutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  • Menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  • Memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
  • Secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
  • Menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru, baik berdasarkan lingkungan kerja, maupun dalam hubungan keseluruhan.
  • Secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdian.
  • Melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.
  • Memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga dan profesi.
  • Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Memotivasi peserta didik dalam memanfaatkan waktu untuk belajar diluar jam sekolah.
  • Memberikan keteladanan dalam meciptakan budaya membaca, budaya belajar dan budaya bersih.
  • Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.
  • Mentaati tata tertib dan peraturan perundang-undangan, kode etik guru serta nilai-nilai agama dan etika.
  • Berpakaian yang menutup aurat bagi yang beragama Islam dan sesuai norma sosial masyarakat/norma kepatuhan bagi yang beragama lain.
  • Tidak Merokok selama berada di lingkungan satuan pendidikan.

DOWNLOAD Tata Tertip Guru pdf

4. Pembiasaan Guru

Berisi penjabaran tentang kegiatan yang sebaiknya dijadikan kebiasaan oleh guru. Secara umum berkaitan dengan bagaimana sebaiknya seorang guru bersikap.

DOWNLOAD Pembiasaan Guru pdf

5. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan harus di miliki oleh seorang Guru. Dengan adanya Kalender Pendidikan maka Guru akan mudah setiap kali melaksanakan suatu kegiatan di Satuan Pendidikan. Kalender Pendidikan di tentukan menurut Daerah masing-masing yang mengacu pada Ketentuan dari Kemendikbud.

DOWNLOAD Kalender Pendidikan

6. Analisis Alokasi Waktu

Analisis Alokasi Waktu adalah pelacakan Minggu efektif belajar dan Minggu tidak efektif dalam Kalender Pendidikan.

DOWNLOAD Analisis Alokasi Waktu

7. Program Tahunan

Program tahunan adalah Program yang di rancang untuk merencanakan pembelajaran selama 1 tahun ajaran.

DOWNLOAD Program Tahunan

8. Program Semester

Program Semester merupakan rancangan materi selama satu semester dan jadwal mengajar dalam 1 semester.

DOWNLOAD Program Semester

9. Jurnal Agenda Guru

Jurnal Agenda Guru adalah bukti bahwa guru sudah melaksanakan tugas pembelajaran. Jurnal ini mencatat seluruh aktivitas guru selama proses pembelajaran. Komponen Jurnal Agenda Guru yaitu Hari/Tanggal, Jam Ke, Kelas, No KI/KD, Pokok Bahasan/Materi/PH/PTS/PAS Selesai/Belum Selesai Absensi Siswa dan Keterangan. 

DOWNLOAD Format Jurnal Agenda Guru Terbaru

Buku Kerja Guru 3

1. Daftar Hadir Siswa

Daftar nama siswa dan keterangan kehadiran di kelas (Hadir, Sakit, Izin, Alpa/Tanpa Keterangan).

DOWNLOAD Daftar Hadir Siswa

2. Daftar Nilai Siswa

Berisi hasil tiap-tiap elemen penilaian per siswa.

DOWNLOAD Daftar Nilai Siswa

3. Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial

Penilaian menggunakan deskripsi kata-kata. Penilaian ditulis dalam suatu jurnal yang berisi Catatan Perilaku, Butir Sikap, dan juga Tindak Lanjut yang diperlukan.

DOWNLOAD Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial

4. Analisis Hasil Penilaian

Berupa analisis penilaian terhadap seluruh nilai. Berdasarkan analisis tersebut, biasanya akan didapatkan nilai kumulatif dan status ketuntasan belajar.

DOWNLOAD Analisis Hasil Penilaian

5. Program Remedial dan Pengayaan

Komponen untuk hal ini diantaranya: Soal remedial, daftar siswa yang tidak lulus berikut nilaian, hasil nilai remedial, jenis kegiatan remedial, kegiatan pengayaan dll.

DOWNLOAD Program Remedial dan Pengayaan

6. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa

Seluruh Buku Pelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Baik Buku Guru maupun Buku Siswa

DOWNLOAD Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa

7. Jadwal Mengajar Guru

Berisi tentang jadwal mengajar masing-masing guru dalam 1 minggu atau dalam satu Bulan per minggu.

DOWNLOAD Jadwal Mengajar Guru

8. Daya Serap Siswa

Berisi indikator daya serap siswa dan cara meningkatkan daya serap siswa.

DOWNLOAD Daya Serap Siswa

9. Kumpulan Kisi-kisi Soal

Berupa tabel yang menjelaskan kaitan antara Kompetensi Dasar, Indikator, bentuk soal, dan nomor soal. Kisi-kisi Soal harus mengacu pada KD dan Indikator

DOWNLOAD Kumpulan Kisi-kisi Soal

10. Kumpulan Soal

Soal-soal Mata Pelajaran yang di buat oleh Guru per Materi Pelajaran.

DOWNLOAD Kumpulan Soal

11. Analisis Butir Soal

Berupa analisis terhadap kemampuan siswa menjawab tiap-tiap butir soal. Tiap soal biasanya terbagi dalam beberapa level kesukaran.

DOWNLOAD Analisis Butir Soal

12. Perbaikan Soal

Dilakukan apabila ada Soal yang tidak efektif dan diubah berdasarkan analisis butir soal.
DOWNLOAD Perbaikan Soal

Buku Kerja Guru 4

1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru

Berkaitan dengan evaluasi kompetensi guru.
DOWNLOAD Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru

2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Berisi tabel yang mencatat bagaimana guru melaksanakan pengembangan keprofesian.
DOWNLOAD Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Buku Kerja Guru SMA/MA/SMK Tahun 2021

Buku Kerja Guru 1

Unduh Analisis SKL, KI dan KD
Unduh Silabus Terbaru
Unduh RPP 1 Lembar / Unduh RPP Daring / Unduh RPJJ
Unduh KKM

Buku Kerja Guru 2

Unduh Kode Etik Guru
Unduh Ikrar Guru
Unduh Tata Tertib Guru
Unduh Pembiasaan Guru
Unduh Kalender Pendidikan
Unduh Analisis Alokasi Waktu
Unduh Program Tahunan
Unduh Program Semester
Unduh Jurnal Agenda Guru

Buku Kerja Guru 3

Unduh Daftar Hadir Siswa
Unduh Daftar Nilai Siswa
Unduh Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Unduh Analisis Hasil Penilaian
Unduh Program Remedial dan Pengayaan
Unduh Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
Unduh Jadwal Mengajar Guru
Unduh Daya Serap Siswa
Unduh Kumpulan Kisi-kisi Soal
Unduh Kumpulan Soal
Unduh Analisis Butir Soal
Unduh Perbaikan Soal

Buku Kerja Guru 4

Unduh Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
Unduh Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Demikian Artikel tentang BUKU KERJA GURU SMA yaitu Buku Kerja Guru SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2021Ikuti Blog Kami dan Berlangganan Via Email agar tidak ketinggalan Informasi tentang BUKU KERJA GURU Tahun 2021. Semoga bermanfaat
×
Artikel Terbaru Update