Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Format Program Remedial dan Pengayaan

Monday, February 22, 2021 | 2/22/2021 WIB Last Updated 2021-02-22T05:04:27Z
Hasil penilain yang diperoleh harus diinformasikan langsung kepada peserta didik sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan peserta didik (assessment as learning). Sebagaimana yang diketahui bahwa konsekuensi dari pembelajaran tuntas adalah tuntas atau belum tuntas.

Format Program Remedial dan Pengayaan

Format Program Remedial dan Pengayaan

Program Remedial

Program remedial merupakan program pembelajaran yang diperuntukkan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM KD muatan pelajaran. Program remedial dilakukan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang optimal.

Metode yang digunakan dalam pembelajaran remedial bervariasi sesuai dengan sifat, jenis, dan latar belakang permasalahan pembelajaran yang dialami peserta didik. Setelah peserta didik mengikuti program remedial dilakukan penilaian kembali untuk mengetahui ketercapaian KD. Format Program Remedial dan Pengayaan

Program Pengayaan

Program pengayaan adalah pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui KKM KD muatan pelajaran.

Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui:
Belajar Kelompok
Belajar Kelompok merupakan sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan tema/sub tema yang dipelajari pada jam-jam pelajaran sekolah

Belajar Mandiri
Belajar Mandiri merupakan secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati, menjadi tutor bagi teman yang membutuhkan.

Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) maka dilakukan tindakan remedial dan bagi peserta didik yang sudah mencapai atau melampaui KKM diberikan pengayaan. Kemudian untuk bentuk-bentuk pelaksanaan Program Remedial dan Pengayaan telah di buat dalam betuk Buku Panduan Penilaian.

Berdasarkan Petunjuk Teknis Panduan penilaian pada sekolah menengah atas pada pedoman pembelajaran tuntas yang diterbitkan oleh direktorat pembinaan SMA dinyatakan bahwa pendekatan pembelajaran tuntas adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan (mastery level) terhadap kompetensi tertentu.

Pembelajaran tuntas adalah pola pembelajaran yang menggunakan prinsip ketuntasan secara individual. Selanjutnya dilakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Untuk mengukur penguasaan kompetensi perlu dikembangkan suatu penilaian yang mencangkup seluruh kompetensi dasar dengan menggunakan indikator yang telah di tetapkan oleh pendidik. Penilaian terhadap hasil pembelajaran menggunakan sistem penilaian berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dikuasai dan belum dikuasai serta mengetahui kesulitan belajar peserta didik. Apabila peserta didik belum menguasai suatu kompetensi dasar harus mengikuti proses pembelajaran kemudian dilakukan penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi. Sumber (Juknis pembelajaran tuntas, remedial dan pengayaan di SMA).

Berikut Contoh Format Program Remedial dan Pengayaan yang bisa Bapak/Ibu Download, Bapak/Ibu Guru tinggal merubah sesuai Mata Pelajaran yang susuai

Unduh Format Program Remedial dan Pengayaan.doc
Unduh Format Program Remedial dan Pengayaan.pdf

Demikian Artikel Singkat tentang Format Program Remedial dan Pengayaan yang bisa kami bagikan untuk Bapak/Ibu Guru Mata Pelajaran SD/SMP dan SMA Sederajat. Terima Kasih
×
Artikel Terbaru Update