Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal | Buku Kerja Guru 3

Dalam Buku kerja Guru 3 terdapat Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal, Format Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal akan kami bagikan untuk Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan Format Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal.

Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal | Buku Kerja Guru 3

Daftar Nilai Siswa, Penilaian Sikap Spritual dan Sosial, Analisis Hasil Penilaian, Program Remidial dan Pengayaan, Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa, Jadwal Mengajar Guru, Daya Serap Siswa, Kumpulan Kisi-Kisi Soal, Kumpulan Soal, Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal.
Berikut Format Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal pada Buku Kerja Guru 3.

Format Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal Buku Kerja Guru 3

Buku kerja guru adalah buku panduan yang dibuat untuk mengontrol kinerja sebagai seorang guru.

Buku kerja tiga yang berisi Daftar Hadir Siswa, Daftar Nilai Siswa, Penilaian Sikap Spritual dan Sosial, Analisis Hasil Penilaian, Program Remidial dan Pengayaan, Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa, Jadwal Mengajar Guru, Daya Serap Siswa, Kumpulan Kisi-Kisi Soal, Kumpulan Soal, Analisis Butir Soal, Perbaikan Soal. Dan Buku kerja empat yang berisi daftar evaluasi diri kerja guru, program tindak lanjut kerja guru.

Deskripsi Analisis Butir Soal

Penilaian terhadap butir soal pada dasarnya merupakan analisis butir soal, dan selama ini pada umumnya para ahli pengukuran mengatakan bahwa analisis butir soal maksudnya adalah penilaian terhadap soal. Telah diketahui bersama bahwa penyusunan tes sangat mempengaruhi kualitas butir soal.

Pendekatan untuk menganalisis butir soal yang berkembang saat ini terdiri dari dua pendekatan yaitu pendekatan klasik dan pendekatan modern. Kedua pendekatan ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun keduanya masih sering digunakan dalam analisis butir soal. Analisis butir soal dengan pendekatan klasik diantaranya dapat dilakukan menggunakan Program Iteman.

Dengan melihat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, penyusunan tes dituntut untuk mengikuti pedoman penyusunan tes dan melakukan ujicoba. Kemudian berdasarkan hasil ujicoba, respon peserta dianalisis menggunakan Program Iteman untuk mendapatkan karakteristik butir soal.

Kriteria Kualitas Butir Soal

Menurut pandangan teori tes klasik secara empiris mutu butir soal ditentukan oleh statistik butir soal yang meliputi : tingkat kesukaran, daya beda dan efektifitas distraktor. Menurut statistik butir, kualitas butir soal secara keseluruhan dapat dikategorikan sebagai berikut:

Klasifikasi Kualitas Butir Soal

Silahkan Download Format Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal pada Buku Kerja Guru 3: 

Unduh Format Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal.docx
Unduh Format Analisis Butir Soal dan Perbaikan Soal.pdf

IKUTI BLOG kami dan FOLLOW GOOGLE NEWS kami agar Artikel lainnya terbaru dapat kami share. Terima Kasih Sudah Berkunjung, Semoga Bermanfaat Untuk Bapak/Ibu Guru Indonesia Tercinta…