Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Konsep Ilmu Sosial Dalam Kurikulum IPS SD

Masbabal.COM - Konsep adalah suatu istilah, pengungkapan abstrak yang digunakan untuk tujuan mengklasifikasikan atau mengkategorikan suatu kelompok dari suatu (benda), gagasan atau peristiwa.

Misalnya, kita katakana binatang klasifikasi dari jenis-jenis makhluk yang disebutkan di atas. Jika kita sebutkan kata “keluarga” maka ke dalam konsep keluarga itu termasuk bapak, ibu, anak-anak, saudara, dan sebagainya.

Materi Konsep Ilmu Sosial Dalam Kurikulum IPS SD

Bagaimana dan mengapa kita mempelajari konsep? Pertanyaan ini penting dikemukakan dalam kajian Ilmu Pengetahuan Konsep Sosial.

Membentuk konsep merupakan tugas intelektual, dan itu tidak mudah. Namun demikian, perlu disadari bahwa sesungguhnya anak telah belajar konsep sejak sebelum masuk sekolah, sesuatu dengan tingkat perkembangan kemampuan berpikirnya.

Tentu saja berbeda dengan belajar konsep disekolah. Di sekolah mereka belajar konsep yang semakin abstrak sifatnya atau simbolis. Misalnya, mereka belajar tentang konsep keluarga. Di kelas tinggi mungkin menggunakan diagram, dengan menggunakan bermacam symbol untuk mempolakan keluarga dalam kaitan yang lebih luas.

Telah dikemukakan di atas bahwa membentuk konsep pada diri anak tidaklah mudah. Hal itu disebabkan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kemampuan memilih kelompok yang diobservasi berdasarkan satu atau lebih karakteristik umum, agar dapat mengabstraksikan dan membuat generalisasi.

Dengan singkat dapat disimpulkan bahwa konseptualisasi adalah proses mengkategorisasikan, dan memberi nama pada sekelompok objek.


Berlangganan via Email