Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Buku Ayat-ayat Matematika Karya Muzakkir Syamaun

Masbabal.com - Buku Ayat-ayat Matematika menggunakan soft cover dengan dimensin 14,5 cm  x 20 cm. dengan menggunakan kertas samson Kraft sebagai bahan buku, buku ini terdiri dari VIII BAB + 99 halaman. Diterbitkan oleh Percetakan Bandar dan sudah ber ISBN.

Buku Ayat-ayat Matematika

Buku ini hadir untuk membuka pola pikir dan persepsi pembaca, selama ini hanya mengenal matematika sebagai simbol dan angka, bagi sebagian pecinta Matematika simbol dan angka adalah coklat lezat yang sangat enak untuk disantap, namun hal ini bertolak belakang dengan sebagaian besar meraka yang dikategorikan mathematika hatter dan golongan ini lebih banyak jumlahnya, simbol dan angka bagaikan hantu yang selalu menakuti mereka sejak Sekolah dasar hingga Matematika dasar dan statitik dasar di bangku kuliah.

Buku ini hadir dengan pendekatan dan cara pandang yang berbeda mencoba menghubungkan konsep matematika dengan pendekatakan ayat-ayat Al-quran karena matematika kaya akan konsep dan AL-quran adalah mukjizat yang cocok dengan segala ilmu dan segala zaman. Buku ini hadir untuk menciptakan generasi qurani yang melek Matematika.

Baca Juga : Biogafi dan Profil Pengarang Buku Ayat-ayat Matematika

Buku ini mengupas bagaimana matematika dilihat dari sudut pandang filsafat matematika. Beberapa konsep dasar yang dibahas dalam buku ini kemudian dikaitkan dengan beberapa ayat Al- quran secara tersirat memiliki hubungan dan keterkaitan.

Dalam buku ini tidak membahas secara detail bagaimana konsep tafsir atau konsep fiqih namun buku ini membahas bagaimana ayat-ayat Al-quran dijadikan sebagai apersepsi dalam proses belajar mengajar, selain digunakan sebagai apersepsi konsep ini juga membuka cakra wala berfikri kita dalam mengenali konsep dasar matematika.

Beberapa konsep yang dibahas dalam buku ini dimulai dengan konsep nasikh wal Mansukh (penghapusan ayat/ hukum kemudian digantikan dengan ayat/ hukum yang baru) konsep ini sangat identik dengan konsep fungsi dalam operasi al-jabar dimana sebuah fungsi akan hilang originalitasnya pada saat fungsi tersebut dilakukan operasi dengan fungsi lainnya.

Konsep berikutnya buku ini mencoba mengupas konsep pola bilangan dalam surat AL-baqarah, dalam surat Al-Baqarah Allah menceritakan bagaimana fahala bagi orang-orang yang bersedekah pola yang digambarkan identik dengan pola bilangan dalam matematika.

Konsep yang paling sering di bahas dalam matematika dan mulai diajarkan sejak sekolah dasar adalah konsep pecahan, dalam surat An- Nisa, Allah memperkenalkan bilangan pecahan dalam konsep fiqih mawaris. Berikut nya buku ini mengupas bagaimana konsep operasi Al-jabar dalam surat An-Nur, dalam surat ini Allah menyatakan bahwa pasangan yang cocok dan sesuai untuk masing-masing hamba, konsep ini identik dengan konsep penjumlahan dengan pengurangan dalam operasi aljabar dimana hanya bilangan yang memiliki variable yang sama yang bisa dioperasikan secara penjumlahan dan penguranagn.

Konsep berikutnya yang juga dibahas dalam buku ini adalah konsep taubat, konsep taubat dalam islam dikaitkan dengan konsep harga mutlak. Konsep berikutnya yang juga di kaji dalam buku ini adalah konsep limit dengan konsep ijab Kabul dalam fiqih muamalat, konsep Integral dengan surat Al- zalzalah dimana Allah akan memberi balasan kepada hamba walau sekecil apapun yang mereka lakukan.

Konsep Nol juga dibahas dalam buku ini, dalam Surat Al-baqarah Allah menceritakan konsep ghaib dan Bilangan Nol adalah angka ghaib yang ada dalam sistem matematika. Berikut nya buku ini membahas bagaimana suart Al-anfal digunakan dalam pembelajaran sistem persamaan garis lurus. Dan pada bab terakhir konsep ketakhingga dalam matematik yang allah abadikan dalam surat al-baiyinah.

Baca Juga : Beli Buku Ayat-Ayat Matematika

Berlangganan via Email