Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 Kurikulum Merdeka

Salah satu karakteristik Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 berfokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya. Pada pelaksanaan, P5 perlu erat dengan keseharian dan proses pembelajaran pelajar, bukan pada hasil atau produk.

Pelaksanaan P5 bersifat fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia. 

Hal utama yang menjadi fokus P5 adalah proses pembelajaran yang mampu mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar, bukan semata-mata pada hasil/produk. 

Pelaksanaan P5 bersifat fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia

Dengan adanya P5, satuan pendidikan dapat bergotong royong untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesmen yang esensial bagi pelajar. 

Satuan pendidikan dapat memilih tema-tema atau isu-isu penting P5 yang relevan sehingga pelajar dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. 

Dengan adanya P5, satuan pendidikan dapat bergotong royong untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesmen yang esensial bagi pelajar.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Mari kita simak penjelasan pelaksanaan P5 dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Serentak bergerak bersama Kurikulum Merdeka. Pahami dan Daftar di Platform Merdeka Mengajar.

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Mari bersama menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kmetensi Lulusan.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak. Pada tahun ajaran 2022/2023 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.