Cek Siswa Eligible 2023, SNBP Jadwal Link dan Cara Melihatnya

logo SNBP SNPMB HD PNG Vektor

Pengumuman Siswa Eligible SNBP (SNMPTN) 2023, Jadwal, Link, dan Cara Melihatnya. Apakah kamu ditetapkan sebagai salah satu siswa yang dinyatakan eligible untuk mendaftar SNBP atau SNMPTN tahun 2023? Simak artikel berikut ini.

Pengumuman Siswa Eligible SNBP (SNMPTN) 2023, Jadwal, Link, dan Cara Melihatnya – Syarat utama untuk mendaftar SNBP tahun 2023 adalah duduk di bangku kelas 12.

Tapi, apakah semua siswa yang duduk di kelas 12 bisa mengikuti seleksi tersebut?

Simak ulasan lengkap mengenai jadwal pengumuman siswa eligible SNBP (SNMPTN) 2023, jadwal, link, dan cara melihatnya berikut ini.

Informasi Pengumuman Siswa Eligible SNBP 2023

Seleksi penerima mahasiswa baru di berbagai PTN di Indonesia tahun 2023 sudah dibuka.

Ada beberapa jalur yang ditawarkan melalui mekanisme seleksi nasional, salah satunya adalah Seleksi Nasional Berbasis Prestasi atau SNBP. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi akan menjaring siswa-siswi di sekolah menengah untuk masuk ke jurusan di Perguruan Tinggi Negeri melalui prestasi dan portofolio mereka.

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi tahun 2023 hanya dapat diikuti siswa yang duduk di kelas 12 tahun ini. Namun, hanya siswa yang memenuhi persyaratan saja yang dapat diikutkan seleksi tersebut.

Pada artikel berikut, Mamikos akan memberikan informasi terkait pengumuman siswa yang dapat dinyatakan layak mendaftar SNBP tahun 2023.

Informasi Pengumuman Siswa Eligible SNBP (SNMPTN) 2023

Penetapan siswa eligible untuk mendaftar SNBP tahun 2023 sangat dipengaruhi kuota sekolah, akreditasi sekolah, dan jumlah siswa di sekolah tersebut.

Semakin bagus akreditasi suatu sekolah, jumlah siswa yang akan dinyatakan eligible untuk mendaftar SNBP tahun 2023 akan semakin banyak.

Adapun siswa yang berpeluang dinyatakan eligible untuk mendaftarkan diri pada SNBP tahun 2023 adalah:

  1. Siswa SMA sederajat yang duduk di kelas 12 dan berprestasi unggul
  2. Siswa SMA sederajat mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan sudah terdaftar di PDSS
  3. Sudah mempunyai nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5 yang sudah diisikan pada PDSS
  4. Bagi siswa SMA yang memilih program studi di bidang olahraga dan bidang seni, terdapat syarat tambahan untuk melampirkan portofolio

Untuk meningkatkan peluang agar diterima seleksi SNBP tahun 2023, kamu bisa mengikuti tips-tips agar lulus seleksi SNBP.

Jadwal SNBP (SNMPTN) 2023 Resmi

Untuk melihat pengumuman siswa eligible SNBP (SNMPTN) 2023, perhatikan jadwal pelaksanaan SNBP tahun 2023 berikut ini:

  1. Pembuatan akun SNPMB: 16 Januari 2023 – 15 Februari 2023
  2. Sosialisasi PDSS: 1 Desember 2022 – 8 Februari 2023
  3. Launching kegiatan PMB: 3 Januari 2023
  4. Penetapan siswa eligible: 3 Januari 2023 – 8 Februari 2023
  5. Pengisian PDSS: 9 Januari 2023 – 9 Februari 2023
  6. Pendaftaran SNPB 2023: 14 Februari – 28 Februari 2023
  7. Pengumuman seleksi SNPB 2023: 29 Maret 2023

Berdasarkan jadwal di atas, dapat diketahui bahwa penetapan siswa eligible akan dilakukan mulai awal tahun, tepatnya 3 Januari 2023 hingga 8 Februari 2023.

Pada periode tersebut, calon mahasiswa baru diharapkan selalu update dengan status pengumumannya.

Nantinya, hasil akhir seleksi kelulusan SNBP 2023 dapat diakses pada 29 Maret 2023.

Apabila terdapat perubahan terkait tanggal atau jadwal seleksi, pengumuman secara resmi akan disampaikan melalui website penerimaan mahasiswa baru. Link untuk Melihat Status Siswa Eligible untuk SNBP (SNMPTN) 2023

Apakah siswa perlu menghubungi panitia penyelenggara untuk mengetahui status siswa eligible SNBP 2023? Ternyata jawabannya tidak.

Kamu bisa mengetahui status dinyatakan eligible atau tidak dari rumah dengan mengakses link yang sudah disiapkan. Adapun link untuk melihat pengumuman siswa eligible SNBP (SNMPTN) 2023 adalah https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Cara Melihat Status Siswa Eligible untuk SNBP (SNMPTN) 2023

Ingin tahu cara melihat status siswa yang dinyatakan eligible untuk mendaftar SNBP tahun 2023? Kamu bisa selalu update dengan informasi terkait siswa eligible mulai tanggal 3 Januari 2023 – 8 Februari 2023.

Perlu kamu ketahui bahwa penentuan status siswa eligible yang akan digunakan sekolah untuk menentukan siswa-siswi yang layak mendaftar SNBP 2023 adalah sebagai berikut:

1. Penentuan siswa eligible dari sekolah melihat hasil pemeringkatan siswa yang didasarkan pada nilai rerata semua mata pelajaran di sekolah menengah mulai semester 1 hingga semester 

2. Status siswa yang eligible juga bisa didapatkan apabila sekolah menambahkan kriteria penilaian lain di luar nilai rerata mata pelajaran, seperti prestasi akademik. Hal tersebut berlaku apabila siswa yang akan ditetapkan eligible mempunyai nilai yang sama.

3. Siswa yang eligible mendaftar SNBP 2023 adalah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sekolah sesuai akreditasi sekolah dengan ketentuan:

  • Sekolah dengan akreditasi A dapat mengirimkan 40 % siswa terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah dengan akreditasi B dapat mengirimkan 25 % terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah dengan akreditasi C dan lainnya dapat mengirimkan 5% terbaik di sekolahnya.

Informasi Kuota Sekolah SNPMB 2023 untuk SNBP

Kuota SNBP 2023 bagi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar di PTN sangat dipengaruhi kuota yang diberikan dari sekolah. Cara melihat kuota sekolah pun sangat mudah karena bisa kamu lakukan dengan mengakses link resmi.

Apabila calon mahasiswa baru tidak termasuk dalam kategori siswa eligible dan tidak termasuk dalam persentase siswa yang diikutkan seleksi dari sekolah, secara otomatis siswa tersebut tidak bisa mendaftarkan diri pada SNBP 2023.

Cek kuota sekolah SNBP 2023 bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan melihat NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional atau menggunakan informasi data lokasi sekolah.

Adapun cara melihat kuota sekolah untuk SNBP 2023 adalah sebagai berikut.

Pencarian Kuota Sekolah Berdasarkan NPSN

  • Buka laman website https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Pilih menu “kuota sekolah” pada bagian kiri layar
  • Klik tombol “pencarian berdasarkan NPSN”
  • Masukkan data NPSN sekolah
  • Klik tombol cari

Pencarian Kuota Sekolah Berdasarkan Data Lokasi

  • Buka laman website https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Pilih menu “kuota sekolah” pada bagian kiri layar
  • Klik tombol “pencarian berdasarkan lokasi”
  • Pilih provinsi
  • Pilih kabupaten atau kota
  • Pilih sekolah
  • Data kuota sekolah akan langsung ditampilkan
Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu DISINI