Pengertian ilmu ekonomi menurut Adam Smith dan Para Ahli Lainnya

Bagaimana Pandangan Adam Smith tentang ilmu ekonomi...

Bagaimana Pandangan Adam Smith tentang ilmu ekonomi...

Penjelasan.
Adam Smith merupakan tokoh pelopor ekonomi yang dikenal luas dengan julukan Bapak Ekonomi Dunia. Menurut Adam Smith, pengertian dari Ilmu Ekonomi adalah suatu ilmu sistematis yang secara khusus mempelajari tingkah laku manusia dan usahanya dalam mengalokasikan sumber daya yang sifatnya terbatas untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

Ilmu Ekonomi sendiri dipercayai banyak orang pertama kali dikembangkan oleh Adam Smith di abad 18 dan menjadi cabang khusus tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Adam Smith sendiri merupakan polopor aliran klasik dalam pemikiran Ilmu Ekonomi. Aliran ini menekankan pada adanya invisible hand atau tangan tak terlihat yang mengatur pembagian sumber daya ekonomi sehingga pada pada akhirnya peran pemerintah pun menjadi terbatas.

Pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli bidang ini, seperti dikutip dari Modul Ekonomi terbitan Kemdikbud dan sejumlah sumber lain.

1. Adam Smith

Pengertian ilmu ekonomi menurut Adam Smith adalah penyelidikan tentang keadaan dan penyebab adanya kekayaan negara. Studi formal tentang ekonomi dimulai ketika Adam Smith (1723-1790) menerbitkan bukunya yang melegenda, yakni The Wealth of Nations pada tahun 1776. Banyak pemikir telah menulis tentang ekonomi pada masa sebelum Smith menerbitkan buku itu, tetapi dia adalah orang pertama yang membahas bidang ini secara komprehensif.

2. Alfred Marshall

Pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha dari individu dalam ikatan pekerjaan di kehidupan sehari-hari, dan membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan menggunakan pendapatan itu.

3. Richard G. Lipsey

Menurut Richard G. Lipsey, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

4. N. Gregory Mankiw

Berdasarkan pendapat Nicholas Gregory Mankiw, ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola berbagai sumber daya yang langka.

5. Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison

Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison merumuskan pengertian ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari cara individu maupun masyarakat, yang mempunyai keinginan tidak terbatas, dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi kemauan mereka.

6. Paul A. Samuelson

Peraih Hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 1970, Paul A. Samuelson merumuskan pengertian ilmu ekonomi sebagai berikut: "Ilmu ekonomi adalah studi tentang perilaku individu ataupun masyarakat dalam membuat pilihan, dengan atau tanpa uang, menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tapi dapat digunakan dalam berbagai cara guna menghasilkan beragam komoditas dari waktu ke waktu, serta kemudian mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi pada saat ini atau masa datang kepada individu maupun kelompok dalam masyarakat."

7. J. S. Mill J. S. Mill

berpendapat bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu praktis tentang pengeluaran dan penagihan. 8. Lionel Robbins Menurut Lionel Robbins, definisi ilmu ekonomi adalah: "Ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam konteks keterkaitan antara tujuan dan kelangkaan sarana untuk memenuhinya." Menukil buku Sejarah Teori-teori Ekonomi karya Ubaid Al Faruq dan Edi Mulyanto (2017:3), dalam karyanya yang terbit tahun 1932, Essays on the Nature and Significance of the Economic Science, Robbins menekankan bahwa analisis ilmu ekonomi berbasis pada kelangkaan sumber daya. Pendapat Robbins tersebut kemudian disetujui oleh beberapa pakar ekonomi lainnya sehingga jadi sangat populer dalam perkembangan studi ekonomi hingga saat ini.

Sumber: Baca selengkapnya di artikel "Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut para Ahli, Termasuk Adam Smith", https://tirto.id/gidR