Memaksimalkan Performa Website Bisnis Anda terutama untuk kebutuhan tertentu di Google Analytics 4

Pertama kali diluncurkan pada 14 November 2005 yaitu Universal Analytics, sedangkan Google Analytics 4 dimulai pada Tanggal 14 Bulan Oktober Tahun 2020.

Analytics merupakan salah satu bagian penting bagi Digital Marketing dan SEO (Search Engine Optimizition).

Google Analytics 4 adalah salah satu tools yang sering digunakan oleh praktisi dunia Digital Marketing yang berfungsi untuk meningkatkan brand awareness dan juga leads yang banyak.

Memaksimalkan Performa Website Bisnis Anda terutama untuk kebutuhan tertentu di Google Analytics 4

Universal Analytics VS Google Analytics 4 

Beberapa perbedaan yang dapat anda temukan diantara Google Analytics 4 dan Universal Analytics sebagai berikut:

1. Model Pengukuran

Universal Analytics menggunakan model pengukuran yang didasarkan pada session dan view. Sedangkan dalam Google Analytics 4 pageview dianggap sebagai event sehingga informasinya lebih rinci.

2. Event Tracking Set-up

Google Analytics 4 terlihat tidak semudah Universal Analytics, GA4 lebih rumit namun penggunaannya lebih fleksibel karena langsung dapat menangkap beberapa peristiwa yang tersedia.

3. E-commerce Tracking

Ecommerce Tracking merupakan salah satu fitur yang sudah ada pada Universal Analytics, tetapi dalam Google Analytics 4 masih dalam pengembangan untuk lebih menjadi lebih sempurna lagi.

4. Reporting View

Tampilan reporting dalam Google Analytics 4 hanya ada satu, berbeda dengan Universal Analytics yang mempunyai 25 tampilan reporting view.

5. Debugging

Google Analytics 4 mempermudah anda dalam melakukan konfigurasi validasi analytics didalam interface.

6. Data Sampling

Dalam Universal Analytics datanya hanya sekitar 500 ribu di tingkat properti dalam jangka waktu yang digunakan, jika melebihi akan memakai data sample. Dalam beberapa situasi hal itu disebabkan oleh beberapa kerumitan dalam analytics anda, serta beberapa faktor lainnya. Sedangkan dalam Google Analytics 4 laporan standar selalu tanpa sample, namun anda dapat mengaplikasikan perbandingan khusus ke laporan yang anda miliki.

7. Retensi Data Pengguna dan Peristiwa

Data pengguna yang dimaksud adalah data yang dihubungkan dengan cookie, user identifiers dan advertising identifiers. Dalam Universal Analytics anda dapat mengatur waktu menjadi 14 bulan , 26 bulan , 38 bulan , 50 bulan atau tidak melakukan penghapusan sama sekali. Pada Google Analytics 4 hanya terdiri dari pilihan 2 bulan dan 14 bulan.

Manfaat Google Analytics 4

Setelah sekilas pembahasan mengenai perbedaan yang terdapat dalam Google Analytics 4 dengan Universal Analytics, berikut perumusan masalah mengenai strategi digital marketing yang perlu dilakukan sedini dan serinci mungkin, namun juga harus tepat dan cermat agar tercipta hasil yang memuaskan. Berikut manfaat-manfaat dari Google Analytics 4:

1. Google Analytics 4 Untuk Pemasaran Digital

Fungsi Google Analytics dalam pengembangan bisnis digital marketing adalah untuk mengetahui mengenai pengunjung website bisnis yang anda miliki. Membantu pengembang website dalam meninjau traffic pengunjung. Google Analytics juga dapat menganalisis SEO.

2. Google Analytics 4 Untuk Mengumpulkan Informasi

Google Analytics 4, bermanfaat dalam memantau aktifitas website atau blog sehingga lebih mudah. Dengan adanya Google Analytics tersebut, digital marketer dapat mengelola lebih dari satu website.

3. Google Analtics 4 Untuk Menganalisis Konten Populer

Google Analytics 4 berfungsi untuk mengetahui perilaku pengunjung saat mengunjungi laman yang anda miliki. GA4 bekerja dalam menganalisis konten mana yang paling banyak dikunjungi. Juga sebagai acuan dalam penyusunan konten strategi untuk masa yang akan datang. Untuk mendapatkan hasil konten yang populer perlu adanya riset dengan kata kunci yang tepat.

Jadi, Memaksimalkan performa website bisnis anda terutama untuk kebutuhan tertentu di Google Analytics 4, anda tidak perlu lagi kebingungan dalam menyusun strategi berikutnya.

Untuk membantu anda menjalankan strategi dan mencapai target yang anda harapkan tentunya didukung oleh tim profesional dan berpengalaman. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Silahkan Hubungi Kami DI SINI

Posting Komentar untuk "Memaksimalkan Performa Website Bisnis Anda terutama untuk kebutuhan tertentu di Google Analytics 4"