Capaian Pembelajaran dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Mandarin Fase F

Capaian Pembelajaran Bahasa Mandarin Fase F dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Mandarin SMA MA Kurikulum Merdeka Belajar Tahun Ajaran 2022-2023

Capaian Pembelajaran Bahasa Mandarin Fase F dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Mandarin SMA MA Kurikulum Merdeka Belajar Tahun Ajaran 2022-2023

Capaian pembelajaran Bahasa Mandarin Fase F

Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi dengan teks interaksional dan transaksional, baik lisan maupun tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, dan pengetahuan lintas budaya sesuai konteks penggunaannya. Peserta didik mengaplikasikan kosakata dan struktur tata bahasa untuk mengekspresikan gagasannya secara lisan dan tulisan dalam beragam ujaran sederhana melalui keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis setara HSK 1 atau CEFR A1.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Menyimak
Peserta didik mampu menangkap ide, gagasan, dan informasi dalam bahasa Mandarin lisan yang sangat sederhana. Peserta didik memiliki kemampuan dasar berkomunikasi dan memiliki kemampuan untuk belajar bahasa Mandarin lebih lanjut dalam ranah bahasa lisan secara reseptif dengan memperhatikan  struktur teks dan fungsi sosial.

Berbicara
Peserta didik memiliki kemampuan dasar berkomunikasi dan memiliki kemampuan untuk belajar bahasa Mandarin lebih lanjut dalam ranah bahasa lisan secara produktif dengan memperhatikan struktur teks dan fungsi sosial. Peserta didik diharapkan mampu melafalkan ulang setiap ujaran dengan benar, merespons sapaan orang lain, memperkenalkan identitas diri, serta mengungkapkan kebutuhan sendiri atau meminta bantuan dengan atau tanpa bantuan alat/ bahasa tubuh.

Membaca
Peserta didik mampu menangkap ide, gagasan, dan informasi dalam teks bahasa Mandarin tulis yang sangat sederhana. Peserta didik diharapkan mampu mengerti dan mengenali beberapa aksara dan kalimat sederhana untuk berkomunikasi, untuk belajar bahasa Mandarin lebih lanjut dalam ranah bahasa tulis secara reseptif. Pada pembelajaran membaca bahasa Mandarin tingkat dasar, pengenalan aksara Han tidak menjadi yang utama. Pembelajaran membaca lebih diutamakan pada pemahaman bacaan yang ditulis dalam bentuk Hanyu Pinyin.

Menulis
Peserta didik mampu menulis Hanzi dasar sesuai kaidah penulisan yang benar, seperti arah guratan, urutan guratan, komposisi, dan radikal dengan menguasai 100–300 kosakata terkait kehidupan sehari-hari dan kehidupan sekolah.

Contoh alur tujuan pembelajaran Bahasa Mandarin Fase F