Contoh Soal Farmasi Lengkap Jawaban Mata Kuliah Pengetahuan Budaya Anti Korupsi #2

Contoh Soal Farmasi Lengkap Jawaban Mata Kuliah Pengetahuan Budaya Anti Korupsi

1. Kenapa nilai-nilai antikorupsi harus dimiliki oleh setiap individu ?

Nilai-nilai antikorupsi harus dimiliki oleh setiap individu untuk menghindari munculnya faktor internal

2. Coba identifikasi nilai-nilai apa saja yang harus dimiliki setiap individu agar faktor internal dapat diminimalkan atau diberantas sehingga korupsi tidak terjadi !

Nilai-nilai antikorupsi dibagi menjadi INTI termasuk di dalamnya jujur, disiplin, tanggung jawab. ETOS KERJA termasuk kerja keras, sederhana, mandiri. Dan SIKAP yaitu di dalamnya Adil, berani,peduli.

3. Apa arti jujur dalam nilai-nilai antikorupsi ?

Jujur Menurut Sugiono (2008) Jujur diartikan sebagai lurus hati, tidak bohong, & tidak curang
  • Tanpa sifat jujur mhs tidak akan dipercaya dalam kehidupan sosialnya. (nilai dasar penegakan integritas)
  • Nilai kejujuran dapat diwujudkan dalam bentuk tidak melakukan kecurangan akademik, seperti: -tidak mencontek, tidak melakukan plagiarism, tidak memanipulasi daftar hadir dll juga dapat diwujudkan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan, seperti: membuat laporan keuangan setiap kegiatan organisasi dengan jujur.

4. Apa yang anda ketahui tentang disiplin ?

Menurut Sugiono (2008) disiplin adalah ketaatan/ kepatuhan kepada peraturan
  • Disiplin adalah kunci keberhasilan. : ketekunan & konsisten untuk terus mengembangkan potensi diri membuat individu akan mampu memberdayakan dirinya dalam menjalani tugasnya.
  • Individu yang disiplin : tidak akan terjerumus dalam kemalasan yang mendambakan kekayaan dengan cara mudah.
  • Nilai kedisiplinan Mampu mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas dengan baik, patuh pada peraturan yang berlaku, mengerjakan tugas tepat waktu.

5. Jelaskan arti nilai keadilan dalam nilai-nilai antikorupsi !

Nilai adil
a. Memberikan pujian tulus pada yang berprestasi, memberi saran perbaikan pada yang tidak berprestasi.
b. Memilih kawan tidak berdasarkan latar belakang sosial.
c. Ketika ada teman yang berselisih, dapat bertindak bijaksana,memihak yang benar secara proporsional.
d. Memberikan pelayanan perawatan yang sama kepada semua klien
  • Tidak mengurangi dosis obat yang diberikan pada klien
  • Adil terhadap dirinya sendiri seperti belajar maksimal
  • Adil terhadap diri sendiri juga dapat diterapkan dengan cara hidup seimbang

6. Sebutkan apa saja yang anda ketahui tentang prinsip-prinsip antikorupsi?

Prinsip-prinsip antikorupsi yaitu Akuntabilitas, transparansi, kewajaran, Kontrol kebijakan, dan kebijakan

7. Apa yang dimaksud dengan akuntabilitas, berikan contohnya?

Akuntabilitas adalah kesesuaian antara aturan dan pelaksanaan kerja Contoh kegiatan sipenmaru di salah satu PT. Prinsip akuntabilitas diwujudkan dengan membuat pelaporan & pertanggungjawaban, yang tidak hanya diserahkan kepada pimpinan PT tersebut, melainkan juga kepada semua pihak, khususnya kepada lembaga-lembaga kontrol yang membidanginya serta kepada masyarakat. Dan Pimpinan PT juga mengadakan evaluasi bukan hanya terhadap pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan tersebut, tetapi juga dievaluasi dampak terhadap kelangsungan PBM, kelulusan, dan masa tunggu bekerja.

8. Apa yang dimaksud dengan transparansi di dalam prinsip antikorupsi?

Transparansi: prinsip yang mengharuskan semua proses kebijakan dilakukan secara terbuka, sehingga segala bentuk penyimpangan dapat diketahui oleh publik. Transparansi menjadi pintu masuk sekaligus kontrol bagi seluruh proses dinamika struktural kelembagaan. Dalam bentuk yang paling sederhana, transparansi mengacu pada keterbukaan dan kejujuran untuk saling menjunjung tinggi kepercayaan (trust).

9. Sebutkan 5 langkah penegakan prinsip fairness?

Lima langkah tersebut adalah
  • Komprehensif dan disiplin: mempertimbangkan keseluruhan aspek, berkesinambungan, taat asas, prinsip pembebanan, pengeluaran dan tidak melampaui batas (off budget).
  • Fleksibilitas: adanya kebijakan tertentu untuk efisiensi dan efektifitas.
  • Terprediksi: ketetapan dalam perencanaan atas dasar asas value for money dan menghindari defisit dalam tahun anggaran berjalan. Anggaran yang terprediksi merupakan cerminan dari adanya prinsip fairness di dalam proses perencanaan pembangunan.
  • Kejujuran : adanya bias perkiraan penerimaan maupun pengeluaran yang disengaja, yang berasal dari pertimbangan teknis maupun politis. Kejujuran bagian pokok dari prinsip fairness.
  • Informatif : adanya sistem informasi pelaporan yang teratur dan informatif sebagai dasar penilaian kinerja, kejujuran dan proses pengambilan keputusan. Sifat informatif ciri khas dari kejujuran.

10. Apa yang dimaksud dengan kebijakan antikorupsi?

Kebijakan anti korupsi Mengatur tata interaksi agar tidak terjadi penyimpangan yang dapat merugikan negara dan masyarakat. Tidak selalu identik dengan undang-undang (UU) antikorupsi, namun bisa berupa UU kebebasan mengakses informasi, UU desentralisasi, UU anti-monopoli, maupun lainnya yang dapat memudahkan masyarakat mengetahui sekaligus mengontrol terhadap kinerja dan penggunaan anggaran negara oleh para pejabat negara.