Modul 2 PGSD Pengintegrasian Pembelajaran Coding

Modul 2 Pengintegrasian Pembelajaran Coding Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Pengembangan RPP Di Satuan PAUD.

Modul ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan atau lembaga PAUD dalam penerapan pembelajaran coding di satuan/lembaga PAUD. Kegiatan ini dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar Pancasilais yang berkualitas.

Dalam implementasinya, konsep pembelajaran coding dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan/ lembaga PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Modul ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Dalam rangka meningkatkan mutu modul, masyarakat sebagai pengguna modul diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit serta melalui laman http:// buku.kemdikbud.go.id atau pos-el buku@kemdikbud.go.id

Download Modul 2 PGSD Tentang Pengintegrasian Pembelajaran Coding

Ruang Lingkup Modul 2 Pengintegrasian Pembelajaran Coding

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bermuatan pembelajaran coding pada satuan/lembaga PAUD dapat didefinisikan sebagai kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh setiap satuan/lembaga PAUD sesuai dengan kondisi, potensi, serta daya dukung yang tersedia di lingkungan dan dapat diupayakan oleh satuan/lembaga PAUD masing-masing dalam mengembangkan pembelajaran coding.

Pendidik dapat mengadaptasi KTSP dan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada STPPA dan indikator perkembangan anak (Permendikbud No.137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD dan No.146 Tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD) serta mengembangkannya sesuai dengan kurikulum bermuatan pembelajaran coding.

Materi yang dibahas pada bagian ini adalah sebagai berikut.

1. Cara mengintegrasikan pembelajaran coding ke dalam KTSP di satuan/lembaga PAUD

2. Cara pengembangan RPP pembelajaran coding di satuan/ lembaga PAUD

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPH)

3. Contoh-contoh KTSP dan pengembangan RPP di satuan/ lembaga PAUD

  • Contoh Outline Naskah KTSP
  • Contoh Program Tahunan
  • Contoh Kalender Pendidikan
  • Contoh Program Pengembangan Dan Muatan Pembelajaran
  • Contoh Program Semester
  • Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  • Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

DOWNLOAD MODUL 2 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 2 PGSD Pengintegrasian Pembelajaran Coding Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Pengembangan RPP Di Satuan PAUD