Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Makalah Deklarasi Djuanda

Friday, April 2, 2021 | 4/02/2021 WIB Last Updated 2021-04-02T10:37:18Z

Makalah Deklarasi Djuanda di bawah ini menjelaskan tentang Makalah tentang Deklarasi Djuanda. Dalam Penulisan Makalah Deklarasi Djuanda ini akan dijelaskan tentang Pengertian Deklarasi Djuanda?, Apa yang melatarbelakangi lahirnya Deklarasi Djuanda 1957?, Apa saja tujuan, manfaat beserta keuntungan dari Deklarasi Djuanda bagi bangsa Indonesia?

Makalah Deklarasi Djuanda

Latar Belakang. Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan, di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui. Konsep dasar wilayah negara kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Deklarasi Djuanda adalah pernyataan kepada dunia, bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia, menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Deklarasi itu dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia waktu itu, Djuanda Kartawidjaja.

Deklarasi Djuanda adalah deklarasi yang dicetuskan oleh Indonesia melalui perdana Menteri Djuanda pada 13 Desember 1957. Deklarasi ini secara umum menyatakan bahwa seluruh kawasan laut yang ada di sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan RI adalah termasuk kedaulatan Republik Indonesia. 

Deklarasi ini menyudahi kesulitan yang dialami Indonesia akibat kepemilikan laut yang hanya 3 mil dari garis pantai. Sehingga memisahkan antarpulau di Indonesia dengan kawasan laut internasional.

Pengertian Deklarasi Djuanda

Deklarasi Djuanda Merupakan deklarasi yang dicetuskan oleh Indonesia melalui perdana Menteri Djuanda pada 13 Desember 1957.

Deklarasi ini secara umum menyatakan bahwa seluruh kawasan laut yang ada di sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan RI adalah termasuk kedaulatan Republik Indonesia.

Deklarasi ini menyudahi kesulitan yang dialami Indonesia akibat kepemilikan laut yang hanya 3 mil dari garis pantai. Sehingga memisahkan antarpulau di Indonesia dengan kawasan laut internasional.

Ir. Djuanda berupaya membawa Indonesia untuk menganut prinsip-prinsip negara kepulauan yang saat itu tidak dipergunakan oleh negara manapun.

Konvensi hukum laut yang saat itu ada dianggap sangat merugikan Indonesia tidak dirasakan oleh negara-negara lainnya. Deklarasi Djuanda berusaha mengakhiri kondisi ini, namun tentunya mengalami pertentangan dari dunia internasional.

Download Makalah Deklarasi Djuanda

×
Artikel Terbaru Update