Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengembangkan ide dan Pemanfaatan Peluang Usaha Produk Kreatif Bangunan

Pada Artikel Sekarang kita akan membahas mengenai Materi perkembangan ide serta peluang usaha produk kreatif bangunan dan inovatif dari produk kreatif bangunan, simak dengan saksama supaya anda nanti bisa menjadi seorang wirausaha sukses dan andal.

Mengembangkan ide dan Pemanfaatan Peluang Usaha Produk Kreatif Bangunan

1. Mengembangkan Ide Peluang Usaha

Dalam dunia wirausaha produk kreatif bangunan sangat perlu sekali adanya pemikiran inovatif. Inovatif maksudnya di sini, yaitu suatu temuan baru yang menyebabkan berdayagunanya suatu produk kreatif bangunan. Yang lebih baik dan produktif.

Adapun tujuan mengadakan inovasi dalam usaha produk kreatif bangunan sebagai berikut.

  • Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang rancang bangun.
  • Untuk menyesuaikan selera masyarakat dalam hal estetika bangunan.
  • Untuk menyesuaikan perkembangan teknologi.
  • Untuk menarik serta memuaskan konsumen atau pelanggan.

2. Jenis produk kreatif bangunan

Jenis produk kreatif bangunan yang bisa dipilih dan dibuat untuk peluang usaha produk kreatif bangunan sebagai berikut.

a. Gypsum

Gypsum, yaitu sejenis material yang umumnya dipakai dalam membuat plafon rumah. Pada dasarnya banyak sekali merek palfon yang bisa dipakai seperti Eternit, Gypsum, kalsiboard, GRC, Multiplek, Sunda Plafon, dan sebagainya. Akan tetapi, di masa kini masyarakat lebih menyukai Gypsum dan Kalsiboard. Gypsum dan kalciboard memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kondisi tempat. Gypsum sendiri bahannya terbuat dari casting atau bubuk Gypsum. Pada umumnya, bentuk dari casting ini lembut seperti semen namun berwarna lebih putih. Bahan lainnya adalah roving yang berfungsi sebagai sementara itu, kalciboard terbuat dari semen, serat selulosa, dan pasir silica.

b. Bata Ringan

Bata ringan ini merupakan salah satu produk kreatif bangunan sedang disukai khalayak masyarakat luas untuk membuat bangunan. Bata ringan sendiri merupakan sejenis batu bata yang memiliki berat dikategorikan menjadi dua jenis sebagai berikut.

1. Autoclaved Aerated Concrete (AAC)

Autoclaved Aerated Concrete, yaitu sejenis bata ringan yang mengalami pengeringan dalam oven autoklaf bertekanan tinggi.

2. Cellular Lightweight Concrete (CLC)

Cellular Lightweight Concrete, yaitu sejenis bata ringan yang mengalami proses pengeringan secara alami.

Perlu anda pahami bahwa jenis bata ringan ini cara melekatkannya dengan menggunakan semen mortar. Cara pembuatannya hanya dengan dicampur dengan air saja, lalu semen tersebut siap untuk digunakan merekatkan bata ringan.

c. Pilar dan Dumpal

Seorang wirausaha yang bergerak dalam bidang produk kreatif bangunan sangat baik sekali jika membuat pilar bangunan ini karena pilar ini sangat dibutuhkan dalam dunia bangunan. Pilar bangunan suatu bangunan. Dalam pembuatan pilar bangunan ini bisa memakai banyak bahan mulai dari bahan dari kayu, besi dan kolom beton, bentuknya ada yang bulat dan juga kotak. Namun, pada masa kini fungsi pilar bukan hanya sekedar penyangga bangunan. Tetapi juga berfungsi secaa estetika. Serta banyak wirausaha produk kreatif bangunan membuat pilar dengan model baru dan sangat indah serta variatif, seperti ditunjukkan gambar berikut ini.

Selain pilar di atas bisanya juga terdapat dumpal sebagai pelengkap dari sebuah pilar atau tiang bangunan. Dumpal sendiri berada di bawah dan dipasangkan dengan jenis pilar yang dapat disusun dari potongan cetakan pilar, yang bisa ditunjukkan pada gambar berikiut ini.

d. Kap Lampu atau Lampion dari Batu Alam

Para wirausaha produk kreatif bangunan perlu membuat kap lampu atau lampion dari batu alam. Di dunia bangunan sekarang makin maju serta membutuhkan banyak variasi keindahan dalam bangunan. Varian bangunan sebagai pelengkap kesempurnaan bangunan yang dibuat. Kap lampu biasanya dipakai sebagai tempat lampu yang diletakan di atas pagar atau bisa juga di taman.

e. Loster (angina-angin)

Loster atau roster, yaitu sebuah produk kreatif bangunan bangunan yang fungsinya sebagai lubang angina yang berguna untuk memperlancar udara keluar masuk ruangan atau rumah. Loster atau angina-angin ini ada beberapa jenis sebagai berikut.

1) Loster kayu

Loster kayu merupakan jenis angina-angin yang dibuat dari bahan kayu. Loster ini dibuat dengan sangat indah motif dan coraknya sehingga memperindah ruang pada suatu bangunan jika dilihat dengan pengelihatan.

2) Loster cetakan

Loster cetakan, yaitu sebuah produk kreatif bangunan yang dibuat dengan cetakan bervariasi modelnya. Loster berfungsi sebagai lubang keluar masuknya udara pada sebuah ruang dalam bangunan. Biasanya dibuat dengan cetakan dari bahan material pasir lembut dan semen.

f. Batu Alam Cetak dan Hias

Wilayah Indonesia sangat kaya akan batu alam sehingga dengan sentuhan kreatif dan wirausaha ulung, batu alam ini bisa dibuat sebagai produk kreatif bangunan yang bernilai sangat tinggi. Selain itu, batu alam ini sangat disukai masyarakat khususnya untuk memperindah rumah, taman serta gedung dan lain sebagainya. Batu alam yang dibuat untuk produk kreatif bangunan sendiri ada banyak macamnya sebagai berikut.

1) Batu Alam Cetak

Batu alam cetak dibuat dengan mengumpulkan bahan batu alam kecil-kecil lalu dicetak dengan campuran semen serta pasir lembut sehingga membentuk produk kreatif bangunan yang sangat indah. Biasanya batu alam cetak ini dipakai sebagai ubin, lantai pada teras, garasi, dan tempat lainnya.

2) Batu Alam Ukiran

Batu alam juga bisa dibuat ukiran lewat sentuhan seorang kreatif bisa tercipta sebuah bentuk pahatan indah. Biasanya batu alam ukuran ini ditempel dinding pagar atau juga bisa tempat lainnya. Batu alam ukiran ini saat ini sangat digemari pihak pengembang bidang estetika bangunan. Masih banyak produk kreatif selain yang disebutkan di atas, akan muncul ideide baru untuk membuat karya terbaru produk kreatif bangunan.

3. Pemanfaatan Peluang Usaha Produk Kreatif Bangunan secara Kreatif dan inovatif.

Pada dasarnya, kreativitas itu merupakan sebuah kemampuan manusia yang dapat memberi kepuasan dan keberhasilan dalam lingkungannya. Orang kreatif adalah orang yang bisa dengan cepat mampu menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan sekitarnya. Jadi, bagi anda jadilah seorang yang kreatif dan bisa mewujudkan salah satunya menjadi wirausaha bidang produk kreatif.

Berpikir kreatif sendiri berupa cara berpikir yang mampu menciptakan metode baru, konsep baru, pengertian baru, perencanaan baru, dan seni baru serta model baru yang sangat dibutuhkan masyarakat masa kini. 

Pada umumnya, orang yang memiliki kreativitas yang tinggi cenderung bersifat seperti berikut ini.

  • Bekerja keras
  • Berpusat pada diri sendiri
  • Inteligen, memiliki pemikiran yang tinggi
  • Tidak konvensional, artinya tidak lugu, apa adanya
  • Fleksibel, artinya luwes, tidak kaku harus mau menerima ide orang lain.
  • Eksentrik (aneh), artinya mempunyai pola pikir yang berbeda dengan orang lain.
  • Bersemangat, artinya mempunyai antusias yang tinggi.
  • Bebas, tidak mau terikat pada aturan-aturan tertentu.
  • Berdedikasi, artinya memiliki keteguhan yang tinggi.

Kreativitas dalam bidang produk kreatif bangunan berarti mampu membuat suatu karya baru yang tepat guna dan diterima masyarakat pada waktu tertentu dalam bidang bangunan. Produk yang diciptakan hendaknya memenuhi kriteria berikut ini.

a. Usefull

Bahwa produk kreatif yang dibuat tersebut mampu dipakai dan digunakan dalam bidang bangunan serta juga bisa menumbuhkan estetika atau keindahan.

b. Understandable

produk kreatif bangunan yang dibuat hendaknya dapat dimengerti, maksudnya berupa hasil kerja dibuat dalam waktu yang sama, dengan proses yang sama dan bukan merupakan kebetulan suatu proses

c. Inovatif

Suatu produk kreatif bangunan yang dibuat hendaknya berupa karya bernilai inovatif yang berarti produk sudah ada dibuat lebih menarik daripada sebelumnya.

Sumber : Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK Kurikulum 2013

Berlangganan via Email