Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Yayasan Baitul Maal BRI

Yayasan Baitul Maal BRI (YBMBRI) adalah Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Pada tahun 1992 Bapak Winarto Soemarto (Direktur BRI) memasukkan zakat sebagai salah satu program kerja Badan Pembina Kerohanian Islam (Bapekis) BRI. Pada tahun 2001, Bapak Rudjito sebagai Dirut BRI memprakarsai upaya optimalisasi zakat di lingkungan BRI.

Yayasan Baitul Maal BRI (YBMBRI) adalah Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Pada tahun 1992 Bapak Winarto Soemarto (Direktur BRI) memasukkan zakat sebagai salah satu program kerja Badan Pembina Kerohanian Islam (Bapekis) BRI. Pada tahun 2001, Bapak Rudjito sebagai Dirut BRI memprakarsai upaya optimalisasi zakat di lingkungan BRI

Bapekis menindaklanjut arahan tersebut melalui konsultasi dengan para tokoh zakat nasional yang berujung pada pendirian Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia pada 10 agustus 2001. Pada tanggal 6 November 2002, YBM-BRI dikukuhkan oleh Menteri Agama sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional dengan no SK 445. Kegiatan pengelolaan dana zakat, infaq, dan sedekah di lingkungan BRI berjalan semakin baik.

Tahun 2011 menemukan momentum kebangkitannya melalui SK Pemotongan gaji pekerja BRI yang membuat kebermanfaatan zakat pekerja BRI dapat didayagunakan di seluruh Indonesia. Beberapa program andalan YBM BRI diantaranya Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren, Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Keluarga (IP2BK), Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), dan Beasiswa Kader Surau.


Visi dan Misi Yayasan Baitul Maal BRI
VISI

  • Menjadi pengelola ZIS terkemuka di Indonesia yang Amanah, Profesional dan sesuai dengan Syariat Islam


MISI

  • Mengoptimalkan pengumpulan dan penyaluran ZIS di lingkungan BRI dan umat Islam pada umumnya.
  • Meningkatkan pemanfaatan ZIS secara tepat guna dan berhasil guna.
  • Menyelenggarakan kegiatan dengan memperhatikan prinsip-prinsip GCG (Good Corporate Government.)


Tujuan
Perusahaan dapat berperan serta dalam peningkatan keimanan dan ketaqwaan para karyawan dan masyarakat.
Menciptakan harmonisasi hubungan dengan masyarakat sekitar (bentuk nyata kepedulian sosial).
Untuk Mengoptimalkan potensi ZIS di masyarakat khususnya di lingkungan perusahaan

Filosofi Logo Yayasan Baitul Maal BRI
Filosofi Logo Yayasan Baitul Maal BRI

Definisi warna 
➧ Putih
Bersih, suci, tutus. Maknanya zakat adalah pembersih harta dan Aiwa. Maka, orang yang menunaikan zakat, hartanya suci, bersih dan jiwanya tenang.

➧ Biru
Mengandung makna kepercayaan, bijaksana, lemah, lembut, kesetiaan, dan harapan. Para amil zakat perlu memiliki silat-silat tersebut yang diikat dalam budaya lembaga sebagai pelayan umat yang dipercaya masyarakat. YBM-BRI sebagai lembaga zakat menjadi harapan bagi penerima asnaf zakat untuk hidup dan punya masa depan lebih baik.

➧ Orange
Menyimbolkan energi, keseimbangan, dan kehangatan. YBM-BRI selalu punya energi kuat untuk membantu masyarakat, merespon cepat, dan melayani penuh kehangatan.

Definisi logo Yayasan Baitul Maal BRI

Disain Bulat Menggambarkan bola bumi mewakili masyarakat dan umat Islam. Baik yang kaya maupun miskin/ muzakki dan mustahik
Ilustrasi orang memeluk Menggambarkan lembaga dan SDM di dalamnya yang akan melayani dengan lembut, hangat, prolesional, akuntabel, dan dipercaya publik. Bulat diantara warna putih dan biru
Bulat diantara warna putih dan biru adalah perjalanan YBM-BRI menebar cahaya dari kanan ke kiri mengikuti arah membaca Al-Quran, dari putih ke biru menebar cahaya.

Legal Formal Yayasan Baitul Maal BRI

  1. Akta Pendirian Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia No. 52 dari Notaris Agus Madjid SH. Tanggal 10 Agustus 2001.
  2. Surat Keputusan Menteri Agama No. 445 Tahun 2002 tentang Pengukuhan Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional.
  3. Akta Perubahan Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia dari Notaris Henny Nur Hasanah SH. Tanggal 20 Januari 2012.
  4. Akta Pendirian Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia No. 27 dari Notaris Tintin Surtini SH, MH, M.Kn. Tanggal 27 Januari 2015.

Penghargaan Yayasan Baitul Maal BRI
Sumberybmbri.org

Berlangganan via Email