Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Program Yayasan Baitul Maal BRI

Yayasan Baitul Maal BRI (YBMBRI) adalah Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Pada tahun 1992 Bapak Winarto Soemarto (Direktur BRI) memasukkan zakat sebagai salah satu program kerja Badan Pembina Kerohanian Islam (Bapekis) BRI. Pada tahun 2001, Bapak Rudjito sebagai Dirut BRI memprakarsai upaya optimalisasi zakat di lingkungan BRI. Apa Program Yayasan Baitul Maal BRI?

Program Yayasan Baitul Maal BRI

Program Yayasan Baitul Maal BRI
1. Berbagi Smart Rakyat Indonesia
Beasiswa Kader Surau
Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri yang telah bekerjasama dengan YBM BRI, mahasiswa terpilih mendapat living cost, biaya kuliah, asrama dan kurikulum pembinaan terintegrasi selama 3 tahun. Saat ini YBM BRI telah membuka program ini di 18 Kampus negeri di seluruh Indonesia, diantaranya : UNSYIAH (Aceh), USU (Medan), UNAND (Padang), UNRI (Pekanbaru), UNSRI (Palembang), UNILA (Lampung), UI (Depok), IPB (Bogor), ITB (Bandung), UNPAD (Bandung), UNDIP (Semarang), UGM (Yogyakarta), UNAIR (Malang), UB (Surabaya), ITS (Solo), UNEJ (Jember), UDAYANA (Bali).

Beasiswa Reguler
Beasiswa yang diberikan untuk siswa SD sampai Perguruan Tinggi yang berasal dari keluarga mustahik.

Sekolah Binaan
Sekolah yang dibantu pengelolaannya oleh YBM BRI, baik secara materi maupun pembinaan bagi pendidik yang berkiprah di dalamnya.

2. Berbagi Sehat Rakyat Indonesia
Bakti Sosial Kesehatan
Bakti Sosial adalah kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin yang tinggal di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan, YBM BRI hadir bersama tim medis untuk memberikan layanan kesehatan secara cuma-cuma, layanan kesehatan ini meliputi poli umum, poli gigi, poli mata dan poli bedah minor.

Advokasi Kesehatan Mustahik
Melalui program ini, YBM BRI membantu mengadvokasi mustahik untuk mendapatkan layanan kesehatan.

3. Berbagi Syiar Rakyat Indonesia
Bangkit Marbot Indonesia
Program ini diperuntukkan untuk marbot yang berkhidmat penuh untuk mengurus masjid. Penerima manfaat dalam program ini mendapatkan insentif dan pembinaan.

Tanggap Bencana
YBM BRI mencoba hadir untuk meringankan sebagian beban mereka yang terkena bencana. Bantuan diberikan dalam bentuk survival kit.

4. Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia
Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR)
Program ini tidak hanya memberikan modal usaha bagi mustahik penerimanya, tetapi juga memberikan pembinaan bagaimana menjalankan usaha yang baik dan menguntungkan, juga bagaimana memasarkan produk usahanya. Ini merupakan perwujudan dari komitmen manfaat berkelanjutan yang diusung oleh YBM BRI.

5. Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren
Melalui program Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren, YBM BRI berkontribusi dalam beberapa hal, diantaranya :

Beasiswa Santri
Beasiswa yang diberikan kepada santri di pondok pesantren, beasiswa ini diberikan kepada santri yang berasal dari keluarga mustahik.

Apresiasi Pendidik
Selain siswa, YBM BRI memberikan apresiasi kepada pendidik di pondok pesantren dengan harapan dapat menjadi motivasi lebih dalam mendidik santrinya.

Sarana dan Prasarana
Tidak hanya santri dan pendidiknya saja yang menjadi concern YBM BRI, tetapi juga sarana pra sarana yang ada di dalamnya, sejauh ini YBM BRI turut serta membantu pembangunan dan perbaikan asrama, pembangunan dan perbaikan ruang kelas dan pembangunan dan perbaikan MCK.

Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP)
Ini merupakan ikhtiar YBM BRI dalam bidang ekonomi di pondok pesantren (ponpes). Dengan memiliki usaha sendiri, diharapkan ponpes dapat lebih mandiri dengan menggunakan hasil usahanya untuk operasional ponpes.

6. Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Keluarga (IP2BK)
Beasiswa
Beasiswa diberikan untuk anak penerima manfaat dalam program IP2BK, hal ini dimaksudkan untuk meringankan beban penerima manfaat dalam membiayai pendidikan anak-anaknya.

Advokasi BPJS
Selain pendidikan, kesehatan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan, melalui program IP2BK juga YBM BRI mengadvokasi penerima manfaat yang belum memiliki kartu BPJS sehingga mampu memiliki dan memanfaatkannya secara optimal.

Pembinaan Pendidikan Keluarga
Merupakan pembekalan dalam hal pengelolaan keuangan keluarga, cara mendidik-mengasuh dan mengembangkan potensi anak, kesehatan keluarga, dan ibadah. Pembinaan ini tidak hanya diberikan dalam bentuk materi pembelajaran, tetapi juga menitikberatkan pada praktek yang dipandu langsung oleh pendamping progam.

Program Pendukung
(a) Sanitasi Total Berbasis Komunitas (STBK) Berupa pemberian bantuan sanitasi (air bersih dan toilet) yang berbasis masjid di wilayah program IP2BK.
(b) Insentif Marbot Insentif ini diberikan untuk marbot yang masjidnya terdapat di wilayah program IP2BK dan dijadikan sebagai community center.

Berlangganan via Email