Jenis-jenis Perangkat Input Komputer

Rumah Belajar - Perangkat input atau masukan merupakan perangkat yang berfungsi memasukkan dan mengirimkan data atau program dalam bentuk data digital yang akan diproses oleh komputer.

Berikut ini beberapa perangkat input komputer dan fungsinya yang perlu Anda ketahui:
1. Keyboard dan Mouse
Keyboard merupakan perangkat yang memiliki tombol mirip dengan mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Keyboard digunakan untuk memasukan data atau untuk memberikan perintah pada komputer.

Mouse (tetikus) merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk menggerakan pointer di layar untuk menjalankan icon perintah atau program yang tampil pada layar monitor. Pada perangkat laptop, mouse disebut juga dengan istilah touchpad.

Istilah dalam mouse:
Klik mouse:
Menekan tombol kiri mouse sebanyak 1 kali

Double Klik:
Menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali dengan cepat

Drag and Drop:
Menekan tombol kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya sampai batas yang diinginkan lalu melepas tombolnya kembali

Klik Kanan:
Menekan tombol kanan mouse sebanyak 1 kali

Scroll lock :
Menggulung layar ke atas atau ke bawah

Zoom in (touchpad) :
Pada touchpad/mouse yang berada di perangkat laptop, zoom in / membesarkan tampilan gambar/tulisan, dilakukan dengan menekan dua jari di touchpad, lalu menggeser ke arah luar secara bersamaan

Zoom out (touchpad) :
pada touchpad/mouse yang berada di perangkat laptop, zoom out / memperkecil tampilan gambar/tulisan, dilakukan dengan menekan dua jari di touchpad, lalu menggeser ke arah dalam secara bersamaan.

2. Kartu e-Toll
RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification. RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode dan magneticcard seperti ATM.
Kartu e-Toll

RFID kini banyak dipakai diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang transportasi. Dalam bidang transportasi, terdapat inovasi baru yakni kartu e-toll. Kartu e-toll ini digunakan untuk menggantikan pembayaran masuk gerbang toll, yang semula dilakukan secara tunai, menjadi non tunai.

Kartu e-toll menggunakan sistem identifikasi dengan gelombang radio. Untuk itu minimal dibutuhkan dua buah perangkat, yaitu yang disebut TAG dan READER. Saat pemindaian data, READER membaca sinyal yang diberikan oleh TAG kartu e-toll.

3. Scanner (Pemindai)
Scanner (pemindai) berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer.
Scanner (Pemindai)

Salah satu contoh mesin scanner yang sering kita jumpai di minimarket/toko adalah Barcode Scanner. Barcode scanner ini berfungsi untuk mengkonversi gambar barcode, menjadi data digital (biasanya berupa data harga dan jenis barang), sehingga dapat dimengerti oleh komputer dan akhirnya bisa dicetak menjadi struk belanja sebagai bukti pembayaran yang sah.

4. Web Camera
Web camera merupakan sebuah kamera kecil yang biasa di letakkan di dalam sebuah komputer. Pada laptop, web camera merupakan salah satu perangkat input standar yang ditanamkan. Sedangkan pada komputer desktop, web camera merupakan salah satu perangkat input tambahan. Web camera dapat digunakan untuk melakukan video call atau video conference.
Web Camera