Lowongan CPNS 2023, Formasi Dibuka Apa Saja? Simak Info disini

Lowongan CPNS 2023, Formasi Dibuka Apa Saja? Simak Info disini

Pemerintah pada waktu dekat akan mengumumkan formasi yang dibutuhkan dalam proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Targetnya, formasi sudah diumumkan pada April 2023.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengatakan, dari sisi jumlah, formasi CPNS yang dibuka pada 2023 akan lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, dipadukan juga dengan PPPK.

"Clue nya lebih banyak dari tahun ini. Karena tahun ini kan kita target menyelesaikan THK II (Tenaga Honorer Kategori) non ASN dan lain-lain," kata Alex saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta, dikutip Senin (6/2/2023)

Setelah formasi diumumkan pada April 2023, Alex mengatakan, pada kuartal III - 2023 proses seleksi CPNS sudah bisa mulai dilaksanakan, sehingga pengumuman pembukaan rekrutmennya akan berlangsung pada Juni 2023.

"Iya (Juni). Ini malah paralel tim sudah siapin soal, kemarin sudah Kemendikbud, Kemenkes, dengan BPK, dengan BRIN, BSSN, selaku Panselnas, dengan BKN tentunya. Kita menyiapkan sampai dengan April," tutur Alex.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, tahun ini, rekrutmen CASN melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan," ujar Anas dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (31/1/2023).

Terkait formasi, Anas menekankan, pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan. Namun, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan

"Ini dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya," ujar mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

Anas menjelaskan saat ini instansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi. "Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah," imbuhnya.

Dia menambahkan, ada empat arah kebijakan pengadaan ASN pada 2023. Arah kebijakan pertama adalah fokus pelayanan dasar. Kedua, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital. Ketiga, merekrut CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.