Perencanaan di Awal Pembelajaran CP dan contoh ATP

Perencanaan di Awal Pembelajaran - Membuat perencanaan di awal pembelajaran membantu kita memprediksi kegiatan yang akan berlangsung di kelas dan memetakan kebutuhan perangkat ajar, sarana, serta prasarana yang perlu disiapkan. Ibarat bepergian, perencanaan awal pembelajaran ini sama seperti menyusun rencana perjalanan.

Merumuskan dan Menyusun ATP

Ini adalah perencanaan yang kita siapkan di awal tahun ajaran bersama rekan guru 1 fase lainnya. Temukan ragam CP dan contoh ATP berbagai mata pelajaran dan fase di sini.

Ragam Bentuk Rancangan Pembelajaran

Setelah memiliki ATP, kita masuk ke perencanaan harian, baik dalam bentuk RPP maupun modul ajar. Perangkat ini tidak harus Anda siapkan semua di awal tahun, ya. Anda bisa siapkan bergantian saat akan memasuki materi/pembelajaran baru.

Tidak ada format baku untuk membuat RPP maupun Modul Ajar. Silakan lihat contoh di bawah ini. Anda bisa lantas menyesuaikan dengan mata pelajaran dan jenjang masing-masing.

Contoh Rancangan Pembelajaran 1


Contoh Rancangan Pembelajaran 2

Memprediksi Hasil Asesmen Awal Pembelajaran dalam Modul Ajar/RPP

Bisakah kita membuat RPP/modul ajar meski belum melakukan asesmen awal pembelajaran? Tentu bisa!

Pada contoh modul ajar berikut, guru merencanakan pengelompokkan sederhana yang dibuat berdasarkan prediksi hasil asesmen. 

Pembelajaran berikutnya disusun berdasarkan pengelompokkan tersebut. Silakan modifikasi untuk perencanaan pembelajaran Anda.