Materi Fisika Kelas 11 KD 3.9 dan 4.9 Semester 2

Materi Fisika Kelas 11 Semester 2 KD 3.9 dan 4.9. Materi Fisika Kelas X Semester 2 ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran yaitu :

Materi Gelombang Mekanik. Materi ini terbagi menjadi 2 (dua) kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Gelombang Berjalan
  • Gelombang Stasioner

Materi Fisika Kelas 11 KD 3.9 dan 4.9 Semester 2

Materi Fisika Kelas 11 KD 3.9 dan 4.9

Gelombang Berjalan

Apakah Anda pernah memperhatikan bentuk dari tali setelah digetarkan? Bagaimana polanya? Bagaimana bentuk persamaan gelombangnya? Bagaimana menghitung kecepatan gelombangnya? Bagaimana menentukan percepatan gelombangnya? Mau tahu apa jawabannya? Mari kita pahami materi gelombang berjalan yang sedang Anda pelajari.

Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitude dan fasenya sama di setiap titik yang dilalui gelombang. Suatu gelombang dimana setiap titik yang dilalui oleh gelombang tersebut bergetar harmonis dengan amplitudo yang sama besar. Amplitudo pada tali yang digetarkan terus menerus akan selalu tetap, oleh karenanya gelombang yang memiliki amplitudo yang tetap setiap saat disebut gelombang berjalan.

Gelombang Stasioner

Gelombang stasioner adalah jenis gelombang yang mempunyai amplitudo tidak tetap atau berubah-ubah. Gelombang stasioner adalah hasil perpaduan dua buah gelombang yang amplitudonya selalu berubah. Artinya, tidak semua titik yang dilalui gelombang ini memiliki amplitudonya sama. Saat membahas gelombang stasioner, Anda akan bertemu dengan istilah perut dan simpul. Perut adalah titik amplitudo maksimum, sedangkan simpul adalah titik amplitudo minimum.

Gelombang stasioner ini dikenal juga dengan nama gelombang berdiri atau gelombang tegak. Gelombang stasioner ini dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu:

  1. Gelombang stationer yang diakibatkan oleh pemantulan di ujung terikat
  2. Gelombang stasioner dengan ujung bebas

Silahkan Bapak/Ibu Download file pdf Materi Fisika Kelas 11 KD 3.9 dan 4.9 Semester 2 dibawah ini

Gabung Grup Telegram

🔜 Demo🔜   ðŸ”„Download File 🔄