Hubungan Hukum Administrasi Negara dengan Hukum Pidana

Soal essay hukum administrasi negara mencakup berbagai aspek hukum yang berhubungan dengan pemerintah dan administrasi negara, termasuk yang berkaitan dengan kewenangan pemerintah, pengelolaan dana publik, pelaksanaan undang-undang, dan aspek hukum lainnya yang terkait dengan kedaulatan negara.

Pada essay ini, kita akan mengeksplorasi berbagai masalah hukum administrasi negara dan mencari jawaban untuk setiap masalah yang kita hadapi. Permasalahan ini dapat mencakup sistem hukum, pelaksanaan pengawasan, pengaturan kebijakan publik, dan aspek hukum lainnya

Jelaskan hubungan Hukum Administrasi Negara dengan Hukum Pidana!

Soal

Jelaskan hubungan Hukum Administrasi Negara dengan Hukum Pidana!

Jawaban

Menurut Romeyn, Hukum Pidana dapat dipandang sebagai bahan pembantu bagi HAN, karena penetapan sanksi pidana merupakan satu sarana untuk menegakkan hukum tata pemerintahan, dan sebaliknya peraturan-peraturan hukum di dalam perundang-undangan administratif dapat dimasukkan dalam lingkungan Hukum Pidana.

Sejalan dengan hal tersebut, Utrecht mengatakan bahwa hubungan HAN dengan hukum pidana terlihat dari segi penegakannya.

Hukum pidana memberikan sanksi dalam penegakan hukumnya, baik atas pelanggaran kaidah hukum privat maupun kaidah hukum publik yang yang ada, termasuk dalam HAN. Maka dalam aturan HAN juga banyak menggunakan sanksi pidana.