Cara Memilih Formasi Mengisi Riwayat dan Unggah Dokumen Resume dalam Seleksi Rekrutmen Guru ASN PPPK Kemdikbudristek Tahun 2022

Tahap Selanjutnya yaitu Cara Memilih Formasi Mengisi Riwayat dan Unggah Dokumen Resume dalam Seleksi Rekrutmen Guru ASN PPPK Kemdikbudristek Tahun 2022.

Tahap 3 Mendaftar Formasi PPPK Tahun 2022

Pada tahapan 3. Mendaftar Formasi, Pelamar diminta untuk melengkapi data pendidikan, lokasi dan jabatan yang akan dilamar. Setelah data terisi, pelamar mengisikan kode Captcha lalu memilih tombol Selanjutnya.

Tahap 4 Mengisi Riwayat PPPK Tahun 2022

Langkah 4: Riwayat. Pada tahap ini pelamar diminta untuk mengisi daftar Riwayat hidup pelamar yang meliputi, Deskripis diri, Riwayat pendidikan (dari SD-pendidikan terakhir), Pengalaman Kerja, Pengalaman Organisisi, Pengalmana Kursus/Pelatihan dan Pengalaman Pengembangan Profesi.

1. Untuk menambahkan data Riwayat, pelamar dapat memilih tombol tambah Riwayat pada setiap kolom. Selanjutnya isikan kelangkapan Riwayat dengan sebenar-benarnya.

Gambar : Tambah Riwayat
Gambar : Tambah Riwayat

Gambar: Tambah Riwayat pendidikan
Gambar: Tambah Riwayat pendidikan

Gambar: Tambah Riwayat pekerjaan
Gambar: Tambah Riwayat pekerjaan

Gambar: Tambah Riwayat organisasi
Gambar: Tambah Riwayat organisasi

Gambar: tambah kursus
Gambar: tambah kursus

tambah pengembangan profesi
tambah pengembangan profesi

Apabila pada saat pengisian Riwayat terdapat kesalah pengisiian data Riwayat terdapat kesalahan, Pelamar dapat mengubah atau mengahapus data tersebut dengan memilih tombol Ubah atau Hapus.


3. Setelah data Riwayat selesai diisi, pelamar memilih tombol selanjutnya. Lalu pelamar akan masuk pada Langkah 5 : Dokumen.

Tahap 5 Unggah dokumen PPPK Tahun 2022

Unggah dokumen merupakan tahapan ke lima dari proses pendaftaran PPPK Guru 2022. Pada tahap ini Pelamar diminta untuk meng-unggah seluruh dokumen sesuai yang dipersyaratakn oleh Instansi yang dilamar. Untuk PPPK Guru Dokumen terdapat lima dokumen yang harus diunggah. Empat dokumen adalah dokumen yang wajib diunggah antara lain: KTP/Surat Keterangan dari DUKCAPIL/Bukti Identitas Kependudukan lainnya yang dipersyaratkan oleh Instansi, Scan Ijazah asli, Scan Transkrip Nilai asli, Pasfoto berlatar belakang berwarna merah, Sertifikat Pendidik bagi yang sudah memiliki. Serifitkat pendidik merupakan dokumen opsional.

Catatan: Pelamar Prioritas 1 tidak perlu menggungah dokumen. Dokumen yang digunakan adalah dokumen yang telah diunggah pada saat seleksi PPPK Guru tahun 2021. Pelamar prioritas 1 langsung masuk ke Langkah 7: resume.

1. Pelamar dapat mengunggah dokumen yang dipersyaratkan dengan memilih tombol unggah.

2. Pilih dokumen yang akan diunggah. Jika dokumen berhasil diunggah akan tampil notifikasi berhasil.




3. Setelah unggah berhasil Pelamar dapat memeriksa file yang telah diunggah apakah telah sesui atau belum dengan cara menekan tombol Lihat.

preview dokumen yang telah diupload materai elektronik


4. Setelah pelamar mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan tersebut, klik Periksa kembali apakah dokumen yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan instansi dan format. Dokumen yang telah diunggah tidak dapat diubah kembali setelah mengakhiri pendaftaran.

5. Setelah pelamar yakin bahwa semua dokumen yang diunggah sudah sesuai, klik Selanjutnya.

Tahap 6 Terakhir Resume PPPK Tahun 2022

Setelah pelamar melengkapi Unggah Dokumen, maka akan tampil halaman resume seperti gambar di bawah. Pelamar wajib membaca dan memeriksa kembali data-data yang telah diisi.



1. Jika pelamar merasa belum yakin dengan data yang telah dilengkapi atau dengan instansi/formasi/jabatan yang dipilih, pelamar dapat kembali ke form sebelumnya dengan menekan tombol Sebelumnya , kemudian perbaiki data tersebut.

2. Pada tahap ini. Peserta HARUS memeriksa kembali seluruh data yang sudah diinput pada sistem, pastikan tidak ada data yang salah input, dan juga memeriksa kembali dokumen yang sudah diunggah sebelumnya denganmemilih tombol Sebelumnya.

3. Setelah Pelamar yakin tidak ada kesalahan lagi, maka pelamar dapat menandai (check list) seluruh kotak yang ada pada tampilan yang tersedia, mulai dari Nama Instasi sampai dengan Persyaratan Instansi.

4. Jika seluruh kotak telah selesai ditandai, pelamar Kemudian tandai kotak pernyataan dan menekan tombol berwana merah Akhiri Proses Pendaftara. Dengan mengklik tombol tersebut, pelamar bersedia menanggung akibat hukum apabila data peserta tidak sesuai dengan dokumen.\

5. Sesaat setelah Pelamar menekan tombol Akhiri Proses Pendaftaran, sistem akan menampilakan peringatan kepada pelamar. Pelamar wajib mengkonfirmasi peringatan tersebut dengan menekan tombol YA

6. Jika Pelamar telah selesai melakukan Resume Pendaftaran, Pelamar tidak dapat mengubah kembali data yang telah di inputkan sebelumnya. Berikut merupakan tampilan Resume Pendaftaran. Selanjutnya Pelamar dapat melakukan cetak kartu pendaftaran CASN dengan menekan tombol CETAK KARTU PENDAFTARAN CASN.
Resume Pendaftaran THK-II
Resume Pendaftaran THK-II

resume pendaftaran non THK-II


7. Pada halaman ini, pelamar dapat mencetak Kartu Informasi Akun dengan mengklik dan Kartu Pendaftaran SSCASN Berikut adalah contoh tampilan dari Kartu Pendaftaran CPNS yang telah diunduh :
Kartu Pendaftaran SSCASN
Kartu Pendaftaran SSCASN

Kartu pedaftaran PPPK Tahun 2022
Kartu pedaftaran PPPK Tahun 2022


Posting Komentar untuk "Cara Memilih Formasi Mengisi Riwayat dan Unggah Dokumen Resume dalam Seleksi Rekrutmen Guru ASN PPPK Kemdikbudristek Tahun 2022"