Seleksi PPPK 2022: Akun Info GTK Berubah, Bagaimana Nasib Guru Lulus PG

Para guru lulus passing grade (PG) hasil seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun anggaran 2021 bersukacita. Mereka optimistis tidak lama lagi diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN). 

"Alhamdulillah, hilalnya sudah kelihatan. Semua guru lulus PG tidak galau lagi karena tadi malam akun info GTK sudah berubah dan ada keterangan lolos PPPK," kata Wakil Ketua forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Hasna kepada JPNN.com, Sabtu (1/10).

Diceritakannya setelah disibukkan dengan pendataan non-ASN juga rakor berjilid-jilid, akhirnya para guru lulus PG sekarang sibuk membuka info GTK masing-masing. Kegalauan hati mereka hilang sekejap.

Hasna mengungkapkan dalam info GTK tersebut berisikan 10 poin yang merupakan data verifikasi validasi. Nah, poin ke-10 ada tulisan lolos PPPK. "Masih seperti itu saja sudah senangnya luar biasa, bahkan ada yang menangis. Kalau sudah terima SK PPPK pasti suasananya lebih mengharukan," tuturnya.

Hasna mengungkapkan salah satu temannya sangat terharu, karena sudah 20 tahun mengabdi, baru kali ini bisa lolos PPPK. Dia berharap jadwal pengangkatan guru lulus PG dalam seleksi PPPK 2022 bisa tepat waktu.

Sementara itu, helpdesk Info GTK yang banyak digunakan guru honorer untuk menanyakan kapan akun SSCASN dibuka menguarkan pengumuman terbarunya. Isinya menyebutkan berdasarkan jadwal, pengumuman seleksi guru PPPK 2022 (bagi P1, P2, dan P3) jika tidak ada kendala akan diumumkan pada pertengahan Oktober 2022.

Disebutkan juga pelamar wajib mendaftar melalui aplikasi SSCASN BKN. Pelaksanaan seleksi guru PPPK 2022 melalui penilaian kesesuaian akan dilaksanakan pada November 2022.

Dari pengumuman itulah para guru lulus PG optimistis akun SSCASN akan dibuka pada pertengahan Oktober.  "Mudah-mudahan tidak molor lagi ya. Kami sangat berharap menggenggam SK PPPK tahun ini," pungkas Hasna. Lihat Info Selengkapnya di SINI