Soal dan Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Modul Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Keterlibatan murid dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kelas yang menyenangkan, dapat memotivasi murid untuk terlibat dengan aktif dan gembira. Oleh karenanya, guru perlu memahami bagaimana menselaraskan materi dengan kebutuhan murid.

Asesemen diagnostik merupakan cara untuk mengetahui perkembangan murid setiap harinya sehingga guru bisa menentukan materi yang tepat untuk murid di pembelajaran selanjutnya.

Daftar Materi:
Langkah Penyelesaian Modul
  • Belajar materi
  • Refleksi pembelajaran
  • Post Test
Soal dan Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Soal dan Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi

1. Perhatikan elemen-elemen berikut:
1. Kebutuhan murid
2. Kondisi kelas
3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah
4. Lingkungan sekolah
Apa saja aspek yang perlu dipertimbangkan saat Guru akan melakukan modifikasi pembelajaran?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3

2. Seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas. Ia mendapati bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan satu materi yang ingin diajarkan. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?
A. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten.
B. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga murid-murid perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai.
C. Ia dapat menjelaskan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan murid terhadap materi tersebut, bagaimana materi ini bermakna dalam kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
D. Ia dapat langsung menjelaskan dan memberi soal terkait materi tersebut sehingga murid terbiasa

3. Ibu Ani menemukan banyak murid yang masih belum paham sama sekali atau bahkan memerlukan kegiatan remedial di kelasnya. Manakah langkah yang paling tepat ia lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut?
A. Ia dapat merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk murid yang memerlukan remedial.
B. Ia dapat membuatkan PR yang banyak agar murid belajar sendiri di rumah.
C. Ia menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya kurang belajar.
D. Ia meminta setiap murid mengumpulkan tugas di akhir kelas.

4. Pak Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Bonu adalah
A. Mengajak murid untuk m enyepakati target dan tujuan belajar.
B. Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat belajar.
C. A dan B adalah jawaban salah
D. A dan B adalah jawaban benar

5. Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?
A. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid.
B. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendirisendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.
D. Semua salah

Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi"