Asesmen Murid Platform Merdeka Mengajar

Asesmen Murid Platform Merdeka Mengajar

Asesmen Murid berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Sebagai bagian dari platform Merdeka Mengajar, Asesmen Murid ditujukan untuk membantu guru mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid.

Apa saja yang bisa dilakukan di dalam produk Asesmen Murid?

Anda dapat mencari asesmen diagnostik berdasarkan fase dan mata pelajaran untuk kemudian dibagikan kepada murid secara daring (online) maupun luring (offline).

Jika asesmen dibagikan secara online, proses penilaian akan dilakukan secara otomatis (kecuali soal uraian) dan hasilnya dapat dilihat di dalam platform.

Mengapa menggunakan produk Asesmen Murid?

Melalui produk Asesmen Murid, Anda dapat mengetahui level kompetensi masing-masing murid dan level kompetensi kelas secara keseluruhan. Informasi ini kemudian dapat Anda manfaatkan untuk menemukan materi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid.

Kapan sebaiknya menggunakan Asesmen Murid?

Asesmen diagnostik dapat Anda lakukan di awal tahun pembelajaran. Tujuannya agar hasil asesmen dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih lanjut terkait metode pembelajaran yang sebaiknya digunakan.

Mengapa saya tidak bisa mengakses produk Asesmen Murid?

Produk Asesmen Murid sudah tersedia secara otomatis di platform Merdeka Mengajar versi terbaru. Karena itu, pastikan untuk memperbarui atau instal ulang platform Merdeka Mengajar melalui Google Play Store.

Mengapa produk Asesmen Murid tidak muncul di aplikasi saya?

Hal tersebut dapat terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil atau aplikasi yang belum diperbarui.

Untuk itu, silakan lakukan pengecekan berikut:
  • Pastikan koneksi internet stabil
  • Pastikan Anda memiliki aplikasi Merdeka Mengajar versi terbaru
Jika kendala masih Anda alami setelah melakukan pengecekan, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Hapus cache pada ruang penyimpanan aplikasi
  • Hapus dan instal ulang aplikasi Merdeka Mengajar