Download Buku Informatika Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022 untuk Siswa dan Guru PDF

Berikut ini link download buku Informatika kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka belajar 2022 untuk siswa dan guru pdf secara gratis.

Kurikulum Merdeka belajar merupakan kurikulum terbaru yang akan digunakan mulai tahun ajaran baru 2022/2023

Program Kurikulum Merdeka ini akan memperbarui buku pelajaran untuk siswa dan guru yang telah diterbitkan sebelumnya.
Buku Kurikulum Merdeka memuat beberapa mata pelajaran yang diperbarui, salah satunya mata pelajaran Informatika.

Simak artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan link download buku Kurikulum Merdeka untuk siswa dan guru kelas VII SMA mata pelajaran Informatika.

Kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya.

Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak.

Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, serta masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini

1. Buku Guru

Buku Guru untuk Mata Pelajaran Informatika ini disusun dalam rangka mempermudah dan memperjelas penggunaan buku bagi peserta didik yang diterbitkan oleh Pemerintah.

Buku Guru Informatika Kelas 8 ini merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dari Buku Siswa Informatika Kelas 8 yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan pendekatan berorientasi pada siswa (Student Centered Learning) dan berbasis aktivitas.

Buku guru ini ini menjadi panduan guru agar aktivitas siswa dapat dijalankan dengan baik sesuai strategi pembelajaran yang disarankan, disertai dengan materi pengayaan dan aspek penilaian.

Link download buku Kurikulum Merdeka untuk guru kelas VIII SMP mata pelajaran Informatika.

Buku Guru Informatika Kelas VIII Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022
         

2. Buku Siswa

Karena dirancang untuk siswa, buku ini ditulis berdasarkan alur kegiatan. Buku ini berisi aktivitas yang dapat dijalankan oleh siswa selama satu tahun (dua semester) menempuh mata pelajaran Informatika.

Beberapa prinsip yang perlu dipahami oleh siswa dalam mempelajari Informatika.
  1. Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.
  2. Informatika bukan hanya memakai komputer, tetapi juga memakai aplikasi. Informatika adalah salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
  3. Informatika terdiri atas konsep dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan.
  4. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya?
  5. Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian menjadi pencipta di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi.
Link download buku Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas VIII SMP mata pelajaran Informatika.

Buku Siswa Informatika Kelas VIII Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022