PEMBAHASAN TENTANG PENGENALAN WINDOWS 10 PDF

PEMBAHASAN TENTANG PENGENALAN WINDOWS 10 PDF

Windows 10 adalah sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis kepada publik. Wikipedia

Pengertian Windows 10

Windows 10 adalah versi terbaik dari sistem operasi Microsoft Windows saat ini yang dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Sistem ini dibangun di atas kernel Windows NT dan Windows 8.

Bagian dari alasan Microsoft memutuskan untuk menamai rilis pada 2015 dengan nama “Windows 10” (dan melewatkan “Windows 9”) adalah karena sistem operasi ini dirancang untuk menjadi arah baru bagi Microsoft. Salah satu tujuan utama dari Windows 10 adalah untuk menyatukan pengalaman menggunakan Windows di beberapa perangkat, seperti komputerdesktop, tablet, dan smartphone.

Sebagai bagian dari upaya ini, Microsoft mengembangkan Windows 10 Mobile bersama Windows 10 untuk menggantikan Windows Phone, OS mobile Microsoft sebelumnya.

Windows 10 juga mengintegrasikan layanan Microsoft lainnya, seperti Xbox Live dan Cortana voice recognition assistant.  

Sementara Windows 10 memiliki banyak fitur baru, diantaranya kembalinya Start Menu yang dijatuhkan pada Windows 8. Start Menu baru ini lebih ditingkatkan dengan tampilan yang cantik dan menyediakan akses cepat ke pengaturan, folder, dan program-program.

Bagian bawah Start Menu Windows 10 mempunyai fungsi bar pencarian yang memungkinkan Anda untuk mencari berbagai file dan informasi di PC Anda dan web secara online.

Perubahan besar lain pada Windows 10 adalah pengenalan “Edge” web browser, yang dirancang untuk menggantikan Internet Explorer (IE).

Namun Browser Internet Explorer (IE) masih ada di dalamnya. “Edge” merupakan default browser pada Windows 10. Fitur baru lainnya termasuk Continuum, yang secara otomatis mengoptimalkan antarmuka pengguna tergantung pada apakah Anda menggunakan keyboard eksternal atau touchscreen, dan Windows Store yang mirip dengan Pemberitahuan bar di OS X. Windows 10 juga mendukung beberapa desktop pada monitor tunggal dan menyediakan Snap Assist, fitur yang membantu mengatur jendela di layar.

Kelebihan pada Windows 10

Sebagai sistem operasi terbaru saat ini, ada beberapa keunggulan Windows 10 yang tidak dimiliki oleh versi Windows sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa diantaranya:
  1. Diurus Microsoft dengan Tenaga Penuh
  2. Fitur Modern
  3. Powerful untuk Gaming
  4. Peningkatan Desktop Experience
  5. Lebih Aman
  6. Aktivasi Praktis
  7. Punya Windows Store
  8. Mendukung Berbagai Device dengan Berbagai Ukuran Layar
  9. Dukungan Touchscreen Maksimal
  10. Tablet Mode
  11. Punya Fitur yang Tidak Ada di Windows Versi Lainnya

Kekurangan Windows 10

  1. (Terlalu) Sering Update
  2. Boros Kuota Internet
  3. Gonta-ganti Experience
  4. Tidak Pernah Final
  5. Aplikasi Windows Store Belum “Banyak”

Macam-Macam Windows 10

1. Penggunaan Umum

Windows 10 Home
Edisi ini mungkin merupakan edisi yang paling banyak dipakai. Bahkan jika anda membeli laptop baru, banyak sekali yang sudah ter-install Windows 10 Home. Edisi ini cocok digunakan untuk konsumen secara umum.

Fitur-fitur seperti Cortana sebagai Virtual Assistant, browser baru Microsoft Edge, Continuum untuk tampilan beradaptasi jika menggunakan laptop 2 in 1, Windows Hello untuk masuk ke Windows dengan mudah dengan face recognition, sidik jari, dan pengenalan biometrik lainnya.  

Aplikasi esensial seperti aplikasi Photo, Maps, Mail, Calendar, Music, dan Video juga tersedia. Untuk game, Windows 10 Home sudah membawa suasana gaming dengan Xbox. Anda bisa melihat komunitas Xbox, bahkan bisa berbagai gameplay dengan pengguna lainnya. Kesimpulannya, edisi ini sangat cocok jika anda hanya menggunakannya untuk penggunaan standar.

Windows 10 Pro
Dari namanya, Windows 10 ini biasa digunakan oleh para profesional yang membutuhkan fitur-fitur khusus untuk menunjang pekerjaannya. Tentu anda tetap bisa menggunakan aplikasi untuk bekerja seperti software Adobe, Autodesk, dan lainnya di Windows 10 Home. Lalu, apa yang membedakan Windows 10 Pro dengan Windows 10 Home.

Fitur-fitur di Windows 10 Pro seperti diatas sangat dibutuhkan jika anda bekerja di perusahaan dimana dituntut agar anda berkolaborasi dengan yang karyawan lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, anda dapat bekerja lebih cepat dengan adanya fitur-fitur khusus tersebut.

2. Penggunaan Untuk Perangkat Tertentu

Windows 10 Mobile
 Merupakan sistem operasi untuk smartphone dan tablet kecil dan biasa di temukan di ponsel Lumia. Sebelumnya, Microsoft memiliki Windows Mobile 7, lalu di ikuti dengan Windows Phone 8, dan rilis terakhir yaitu Windows 10 Mobile ini.

Memiliki fitur Continuum, membuat smartphone dengan Windows 10 Mobile dijadikan mini komputer ketika di pasang di monitor. Anda bisa menggunakannya persis seperti komputer biasa yang menggunakan Windows 10.

Windows 10 IoT (Internet of Things)
Seperti namanya, Windows 10 IoT digunakan untuk perangkat dengan biaya rendah. Bisa digunakan untuk perangkat berbasis Arduino, Raspberry Pi. dan sejenisnya.

Windows 10 Team
Windows 10 Team merupakan sistem operasi khusus untuk digunakan di perangkat Surface Hub. Surface Hub sendiri merupakan komputer yang memiliki layar besar dengan ukuran 55 inch dan 84 inch. Surface Hub khusus digunakan untuk penggunaan berkolaborasi. bekerja bersama dengan teman kantor menjadi lebih nyaman dan lebih intuitif. Tampilannya hanya sedikit berbeda dengan Windows 10 biasa yang sering kita pakai dan kita sepertinya belum bisa merasakan perangkat ini karena tidak dijual di Indonesia.

Windows 10 Pro Workstations
Edisi ini bisa dikatakan edisi yang lebih tinggi lagi dari Windows 10 Pro yang sebelumnya sudah di bahas. Diumumkan pada 10 Agustus 2017, Windows 10 Pro Workstations ditujukan untuk penggunaan intensif dan biasanya menggunakan prosesor khusus server. Misalnya saja Intel Xeon, AMD Opteron, atau yang terbaru dari AMD yaitu AMD Epyc.

Karena ditujukan untuk penggunaan intensif, Windows 10 Pro Workstations mendukung komputer dengan spesifikasi seperti prosesor hingga 4 unit, 6 TB RAM, menggunakan ReFS File System (bukan NTFS), mendukung Non-Volatile Dual In-Line Memory Module (NVDIMM), dan Remote Direct Memory Access (RDMA).

Windows 10 S
Windows 10 S adalah sistem operasi yang memiliki fitur terbatas dan di desain untuk perangkat dengan spesifikasi rendah seperti penggunaan di sekolah misalnya. Edisi ini hanya dapat meng-install aplikasi lewat Microsoft Store, sehingga anda tidak bisa klik dobel file .exe seperti biasa di edisi ini.

Browser yang digunakan pun harus menggunakan Microsoft Edge dengan mesin pencari Bing. Seluruh komputer dengan Windows 10 S sudah terpasang aplikasi Minecraft: Education Edition selama setahun. Windows 10 S merupakan jawaban Microsoft dalam bersaing melawan Chrome OS milik Google.

Namun pada bulan Maret 2018, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 S akan dihilangkan. Alasannya karena membuat konsumen dan produsen yang akan menggunakan sistem operasi tersebut di perangkat mereka menjadi bingung. Jika anda ingat, konsep Windows 10 S ini sangat mirip dengan Windows RT dan juga sama-sama tidak sukses.

Akhirnya, Microsoft membuat “S Mode” di Windows 10 Home dan Pro, sehingga bagi anda yang menggunakan edisi tersebut dapat menggunakan S Mode. Namun tidak semua komputer bisa menggunakan mode ini, karena tergantung dari vendor apakah ingin membenamkan fitur ini atau tidak.

3. Penggunaan Untuk Organisasi

Windows 10 Enterprise
Jika anda bekerja di sebuah perusahaan besar, maka menggunakan Windows 10 Enterprise adalah pilihan yang tepat. Edisi ini hanya bisa dibeli dengan Volume Licensing. Maksud dari istilah tersebut adalah anda tidak bisa membeli hanya 1 unit saja. Minimal 10 lisensi yang harus anda beli. Lalu, apa keunggulannya bila dibandingkan dengan edisi pro?

Ada fitur DirectAccess yang memungkinkan pengguna untuk mengakses secara remote jaringan internal melalui sistem seperti VPN yang terkoneksi secara instan ketika ada jaringan internet. Ada fitur AppLocker, sehingga admin dapat membatasi beberapa aplikasi untuk perangkat apa saja. Hal ini tentu sangat berguna perusahaan yang memiliki karyawan yang sering keluar kantor.

Windows 10 Enterprise LTSB (Long Term Service Branch)
Tidak ada perbedaan yang jauh antara edisi Enterprise dengan Enterprise LTSB. Bedanya hanyalah kalau edisi LTSB memiliki dukungan yang lebih panjang. Karena di Windows 10 Enterprise, setiap 2 atau 3 tahun akan ada versi baru. Untuk versi LTSB, setiap versi memiliki dukungan hingga 10 tahun untuk update keamanan. Namun fitur-fitur baru tidak akan ditawarkan.

Windows 10 Education
Windows 10 Education sesuai namanya ditujukan untuk organisasi sekolah. Sama seperti Enterprise, Education hanya bisa dibeli dengan Volume Licensing. Banyak fitur yang ada di Enterprise juga ada di Education.

Namun, ada fitur yang hilang di Windows 10 Education akibat update Windows pada bulan September 2017. Salah satunya yaitu dukungan ReFS File System. Dulu sebelum update, ReFS bisa digunakan untuk Education dan Enterprise. Karena update, dukungan tersebut dihilangkan.

Windows 10 Pro Education
Windows 10 Pro Education di buat di pondasi yang sama dengan Windows 10 Pro. Semua fitur-fitur Windows 10 Pro ada, namun ditambah dengan beberapa pengaturan penting untuk manajemen di sekolah.

Windows 10 Mobile Enterprise
Edisi ini menawarkan semua yang ada di Windows 10 Mobile dengan fitur tambahan untuk organisasi atau perusahaan berbasis IT. Hampir sama dengan Windows 10 Enterprise dalam hal fitur, namun di buat untuk perangkat mobile.

KESIMPULAN
Kesimpulan nya adalah bahwa windows 10 lebih mudah digunakan oleh user karena windows 10 sudah merupakan windows yang terupdate dibandingkan windows yang dibawahnya seperti windows 8 dll. Meskipun ada kekurangan dan kelebihan nya pada windows 10 namun fitur pada windows 10 lebih mempermudah user untuk menggunakannya. Sumber (Makalah Tentang Pengenalan Windows 10)