Penilaian dalam Pembelajaran Informatika

Asesmen Informatika dilakukan secara sumatif dan formatif. Selain penilaian terhadap materi, siswa diminta untuk melakukan refleksi pembelajaran. Contoh soal-soal penilaian sumatif diberikan pada setiap bab pembelajaran terkait elemen pembelajaran yang diberikan. Diharapkan bahwa guru membuat soal-soal yang setara serta tidak hanya memakai soal-soal yang diberikan.

Setiap akhir aktivitas, siswa diminta untuk mengisi lembar jurnal yang kerangkanya diberikan pada buku siswa, dan lembar kerja. Lembar kerja yang dituliskan dalam kertas lepasan dapat dikumpulkan dan diarsip secara rapi dalam sebuah folder loose leaf yang membentuk Buku Kerja Siswa.

Setiap Lembar Kerja Siswa dapat berupa formulir, atau lembar bebas sesuai dengan penjelasan pada setiap aktivitas. Buku Kerja Siswa harus diisi dengan rajin dan kontinu.

Di akhir setiap semester, keseluruhan jurnal dan Buku Kerja Siswa membentuk sebuah portofolio yang perlu untuk dinilai secara keseluruhan dari segi kelengkapan, konsistensi kontennya dengan pembelajaran bermakna, dan kreativitas siswanya.

1. Penilaian Jurnal

2. Penilaian Buku Kerja


3. Jurnal Siswa

Nama : ……………….

Kelas/Rombel : ……………….

Semester : 1 / 2, Tahun Ajaran ….......…. mulai tanggal …… s.d. ……


Evaluasi Diri dan Refleksiku di Akhir Semester:

1. Aku sangat senang/senang/kurang senang/tidak senang Karena ………………….

2. Aku merasa sudah belajar dengan baik dan berusaha, jika dinilai skala 1 s.d. 4, aku akan menilai usahaku …

3. Catatanku : …………………..