Kumpulan Materi Khutbah Idul Fitri PDF Lengkap

Materi khutbah sholat idul fitri teks khutbah idul fitri materi khutbah idul fitri singkat Contoh Khutbah Idul Fitri Terbaru

Kumpulan materi khutbah Idul Fitri lengkap dengan doa pembuka, khutbah pertama dan khutbah kedua, dan gratis download file PDF (Ebook) teks materi khutbahnya.

Setiap mendekati akhir Ramadhan, sering muncul pertanyaan semisal: Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari apa? Tanggal 1 Syawal jatuh pada tanggal berapa?

Tidak hanya itu, berbagai flyer ucapan Idul Fitri, ucapan selamat hari Raya, hingga link Twibbon hari raya Idul Fitri mulai berserakan di jagat sosial media sebagai ekspresi kebahagiaan tersendiri karena hari raya Idul Fitri sebentar lagi tiba.

Bagi seorang ustadz, dai, atau mubaligh, akhir Ramadhan merupakan waktunya untuk mempersiapkan materi khutbah. Bahkan, sebagian dari mereka yang telah mempersiapkannya jauh hari sebelum akhir Ramadhan.

materi khutbah sholat idul fitri teks khutbah idul fitri materi khutbah idul fitri singkat Contoh Khutbah Idul Fitri Terbaru

Khutbah Idul Fitri Dilaksanakan Setelah Shalat Idul Fitri

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

Aku telah mengikuti shalat hari raya bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau memulainya dengan shalat sebelum menyampaikan khutbah, tanpa disertai azan dan Iqamah. Setelah itu beliau berdiri sambil bersandar pada tangan Bilal. Kemudian beliau memerintahkan untuk selalu bertakwa kepada Allah, dan memberikan anjuran untuk selalu menaati-Nya. Beliau juga memberikan nasehat kepada manusia dan mengingatkan mereka. Setelah itu, beliau berlalu hingga sampai di tempat kaum wanita. Beliau pun memberikan nasehat dan peringatan kepada mereka…” (HR. Muslim No. 885)

“Aku telah mengikuti shalat hari raya bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau memulainya dengan shalat sebelum menyampaikan khutbah, tanpa disertai azan dan Iqamah. Setelah itu beliau berdiri sambil bersandar pada tangan Bilal. Kemudian beliau memerintahkan untuk selalu bertakwa kepada Allah, dan memberikan anjuran untuk selalu menaati-Nya. Beliau juga memberikan nasehat kepada manusia dan mengingatkan mereka. Setelah itu, beliau berlalu hingga sampai di tempat kaum wanita. Beliau pun memberikan nasehat dan peringatan kepada mereka…” (HR. Muslim No. 885)

Pada hadits di atas, terdapat isyarat bahwa khutbah Id hukumnya tidak wajib. Khutbah tersebut dilakukan setelah pelaksanaan shalat Id di mana pada waktu tersebut siapa pun berpeluang untuk meninggalkan khutbah.

Berbeda halnya dengan khutbah Jumat yang harus dilaksanakan sebelum pelaksanaan shalat Jumat, siapa pun yang ingin shalat Jumat ia harus duduk mendengarkan khutbah terlebih dahulu.

Kumpulan Khutbah Idul Fitri PDF Lengkap

Khutbah Idul Fitri Tema Motivasi

Materi 01: 3 Cara Menggapai Kemuliaan Hidup

Materi 02: Kuatkan Iman untuk Meningkatkan Imun

Materi 03: Amal Shalih Bertambah, Kuatkan Hidayah


Khutbah Idul Fitri Tema Parenting atau Keluarga

Materi : Membangun Keluarga Surgawi di Era Disrupsi


Khutbah Idul Fitri Tentang Kematian dan Akhir Zaman

Materi : Waspada Fitnah Akhir Zaman


Khutbah Idul Fitri Tema Pendidikan

Materi : Kaderisasi Ulama Tanggung Jawab Kita


Khutbah Idul Fitri Tema Musibah dan Bencana

Materi  : 5 Bekal Muslim untuk Menghadapi Krisis


Khutbah Idul Fitri Bahasa Jawa

Materi : Istiqomah Ibadah Sanadyan Ramadhan Wis Pisah


Contoh Khutbah Idul Fitri Terbaru

Khutbah Idul Fitri Materi Amal Shalih Bertambah, Kuatkan Hidayah

Khutbah Idul Fitri Materi  Waspada Fitnah Akhir Zaman

Khutbah Idul Fitri Materi  Kuatkan Iman untuk Meningkatkan Imun

Khutbah Idul Fitri Materi  3 Cara Menggapai Kemuliaan Hidup

Khutbah Idul Fitri Materi  Bekal Muslim untuk Menghadapi Krisis

Khutbah Idul Fitri Materi  Kaderisasi Ulama Tanggung Jawab Kita

Khutbah Idul Fitri Materi  Generasi Muda Amanah Ilahi

Khutbah Idul Fitri Materi  Keluarga di Dunia Keluarga di Surga

Khutbah Idul Fitri Materi  Istiqomah Ibadah Sanadyan Ramadhan Wis Pisah

Khutbah Idul Fitri Materi  7 Tips Istiqamah Beramal Pasca Ramadhan

Khutbah Idul Fitri Materi  Meunteun Kana Prestasi Ramadhan

Khutbah Idul Fitri Materi  Menjadi Pemimpin yang Baik