Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Karya Seni Rupa Dua Dimensi Berdasarkan Teknik

Thursday, December 16, 2021 | 12/16/2021 WIB
Ternyata dalam proses pembuatannya, seni rupa 2 dimensi membutuhkan teknik-teknik khusus. Jika ingin melahirkan sebuah karya seni yang banyak disukai orang, maka kita harus mempunyai keahlian khusus.

Pengkategorian menurut tekniknya, kita mengenal jenis karya seni batik, seni lukis, seni grafis, tatah sungging, kriya anyam dan sebagainya.

Karya Seni Rupa Dua Dimensi Berdasarkan Teknik

Karya Seni Rupa Dua Dimensi Berdasarkan Teknik

a. Seni lukis ialah seni yang mengapresiasikan pengalaman artistik seorang seniman melalui bidang dua dimensi. Bedasarkan media, materi ,dan tekniknya seni lukis sanggup dibedakan menjadi lukisan cat minyak, cat air, pastel, arang batik, kaca, dan sebagainya.

b. Seni Batik secara umum ialah pembentukan gambar pada kain dengan memakai teknik tutup celup dengan memakai lilin atau malam sebagai perintang dan zat pewarna pada kain. Batik dalam istilah Jawa berasal dari kata rambataning titik atau rangkaian dari titiktitik.

Seni Batik ialah karya yang dipaparkan di atas bidang datar (kain atau sutra) dengan dilukis atau ditulis, dikuas atau ditumpahkan atau dengan memakai canting atau cap dengan memakai malam untuk menutup supaya tetap menyerupai warna aslinya.

c. Kriya Anyaman ialah teknik berkarya dengan cara mengatur bahan-bahan dasarnya dalam bentuk tindih menindih, silang-menyilang, dan lipat-melipat pakan dan lungsen dengan pola tertentu.

Bahan yang dipakai : rotan, bambu, pandan, lontar, mendong, enceng gondok, kertas, plastik, dan tali. Pusat kerajinan anyaman antara lain : Tasikmalaya, Bali, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

d. Seni Grafis ialah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya memakai teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya bisa membuat salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak.

Seni grafis termasuk kepingan dari seni rupa dua dimensi istilah grafi s diambil dari bahasa inggris yaitu graph atau graphic yang berarti membuat tulisan/gambar atau lukisan.

e. Seni Tatah Sungging merupakan perpaduan seni tatah dan sungging. Seni tatah berafi liasi dengan pembuatan seni stilasi, sedangkan seni sungging berkaitan dekat dengan pemberian warna pada pola. Sehingga kedua hal tersebut sanggup dipadukan menjadi seni tatah sungging. Pengertian menatah ialah membuat pola tembus berlubang.

Pola tembus pada suatu bidang ini menghasilkan pola stilasi atau gubahan, daun, bunga, ranting. Salah satu hasil karya tatah sungging ialah wayang kulit.

f. Seni digital adalah karya yang dibuat dengan teknologi digital atau disajikan dalam teknologi digital. Termasuk gambar yang sepenuhnya hasil dari editing komputer atau gambar yang dibuat menggunakan program perangkat lunak (software) seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, Photoshop dan lain sebagainya. Contoh karya : poster, foto, renderings 3D, animasi, manipulasi gambar video serta proyek yang menggabungkan beberapa teknologi baik audio maupun video