Notification

×

Format Analisis Butir Soal Terbaru Tahun Ajaran 2021/2022

Sunday, November 7, 2021 | 11/07/2021 WIB Last Updated 2021-11-07T04:45:36Z
Penilaian terhadap butir soal pada dasarnya merupakan analisis butir soal, dan selama ini pada umumnya para ahli pengukuran mengatakan bahwa analisis butir soal maksudnya adalah penilaian terhadap soal. Telah diketahui bersama bahwa penyusunan tes sangat mempengaruhi kualitas butir soal.

Pendekatan untuk menganalisis butir soal yang berkembang saat ini terdiri dari dua pendekatan yaitu pendekatan klasik dan pendekatan modern. Kedua pendekatan ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun keduanya masih sering digunakan dalam analisis butir soal. Analisis butir soal dengan pendekatan klasik diantaranya dapat dilakukan menggunakan Program Iteman.

Dengan melihat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, penyusunan tes dituntut untuk mengikuti pedoman penyusunan tes dan melakukan ujicoba. Kemudian berdasarkan hasil ujicoba, respon peserta dianalisis menggunakan Program Iteman untuk mendapatkan karakteristik butir soal.

Kriteria Kualitas Butir Soal

Menurut pandangan teori tes klasik secara empiris mutu butir soal ditentukan oleh statistik butir soal yang meliputi : tingkat kesukaran, daya beda dan efektifitas distraktor. Menurut statistik butir, kualitas butir soal secara keseluruhan dapat dikategorikan sebagai berikut:

Klasifikasi Kualitas Butir Soal

Download
Link Download - PDF Analisis Butir Soal Terbaru Tahun Ajaran 2021/2022.
Link Download - DOC Analisis Butir Soal Terbaru Tahun Ajaran 2021/2022
×
Artikel Terbaru Update