Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Jawaban AKM Tingkat SMA

Soal AKM SMA - Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA berikut yaitu Level Pembelajaran 2 Teks Fiksi untuk Kelas 11 dan 12.

Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Level Pembelajaran 2 Teks Fiksi untuk Kelas 11 dan 12


Kompetensi yang diukur: Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

1. Dalam puisi tersebut, terdapat banyak kata “amplop” yang digunakan secara berulang. Makna dari kata “amplop” yang dimaksudkan oleh penulis adalah …
A. amplop pesan
B. sumbangan
C. hadiah
D. surat
E. uang suap / uang sogok

Kompetensi yang diukur: Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi.

2. Cermati potongan bait puisi berikut!
Kita harus berhenti membeli rumus-rumus asing.
Diktat-diktat hanya boleh memberi metode,
tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan.
Kita mesti keluar ke jalan raya,
keluar ke desa-desa,
mencatat sendiri semua gejala,
dan menghayati persoalan yang nyata.

Menurutmu, apa maksud larik-larik dalam puisi tersebut?
A. Keputusan untuk mengambil langkah
B. Keinginan untuk terus bertahan
C. Kemauan untuk bekerja keras
D. Keputusasaan terhadap keadaan
E. Ketidakinginan untuk berubah





Kompetensi yang diukur: Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

3. Melalui puisi “Sajak Sebatang Lisong”, W.S. Rendra mengungkapkan kritikan tentang kehidupan nyata di masyarakat. Namun, dari bait-bait tersebut, W.S. Rendra  juga mengungkapkan solusi berupa sikap/tindakan yang sebaiknya dilakukan. Bait-bait yang berisi solusi tersebut terdapat di bait ke …
A (7)
B (8)
C (9)
D (10)
E (11)

Kompetensi yang diukur: Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya.

4. Setelah membaca puisi Sajak Sebatang Lisong karya W. S. Rendra, kamu akan memahami bahwa tema yang disampaikan penyair dalam puisi tersebut adalah tentang isu sosial. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Berikan alasannya!

Selain contoh-contoh soal Level pembelajaran 2 teks fiksi yang ada pada aktivitas ini Bapak dan Ibu juga bisa melihat contoh-contoh soal Asesmen Literasi yang lebih beragam dengan klik setiap judul kompetensi yang diukur.

Bapak dan Ibu juga bisa melihat contoh-contoh soal Asesmen Literasi yang lebih beragam dengan klik setiap judul kompetensi yang diukur.

Bapak dan Ibu juga bisa melihat contoh-contoh soal Asesmen Literasi yang lebih beragam di SINI