Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Pencegahan Primer Sekunder Tersier

Informasi Umum - Tujuan Penulisan Makalah Pencegahan Primer Sekunder Tersier yaitu Untuk mengetahui tentang Pencegahan Primer, Untuk mengetahui tentang Pencegahan sekunder, Untuk mengetahui tentang Pencegahan Tersier. Berikut Makalah Pencegahan Primer Sekunder Tersier

Makalah Pencegahan Primer Sekunder Tersier

Makalah Pencegahan Primer Sekunder Tersier

Latar Belakang. Masalah kesehatan merupakan masalah yang sangat penting yang di hadapi oleh masyarakat kita saat ini .Semakin maju teknologi di bidang kedokteran ,semakin banyak pula macam penyakit yang mendera masyarakat.

Hal ini tentu saja di pengaruhi oleh faktor tingkah laku manusia itu sendiri. Semenjak umat manusia menghuni planet bumi ini sebenarnya mereka sudah seringkali menghadapi masalak kesehatan serta bahaya kematian yang disebabkan oleh factor lingkungan hidup yang ada disekitar mereka.

Kesehatan merupakan kebutuhan dengan hak setiap insan agar dapat kemampuan yang melekat dalam diri setiap insan. Hal ini hanya dapat dicapai bila masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, berperan serta untuk meningkatkan kemampuan hidup sehatnya.

Kemandirian masyarakat diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatannya dan menjalankan upaya peecahannya sendiri adalah kelangsungan pembangunan.

GBHN mengamanatkan agar dapat dikembangkan suatu sistem kesehatan nasional yang semakin mendorong peningkatan peran serta masyarakat.

Upaya kesehatan Ibu dan Anak adalah upaya di bidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi dan anak balita serta anak prasekolah. Pemberdayaan masyarakat bidang KIA merupakan upaya memfasilitasi masyarakat untuk membangun sistem kesiagaan masyarakat dalam upaya mengatasi situasi gawat darurat dari aspek non klinis terkait kehamilan dan persalinan.

Sistem kesiagaan merupakan sistem tolong-menolong, yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat, dalam hal penggunaan alat transportasi/komunikasi (telepon genggam,telpon rumah), pendanaan, pendonor darah, pencatatanpemantaun dan informasi KB.Dalam pengertian ini tercakup pula pendidikan kesehatan kepada masyarakat, pemuka masyarakat, pemuka masyarakat serta menambah keterampilan para dukun bayiserta pembinaan kesehatan akan di taman kanak-kanak.

Pencegahan Primer

Pencegahan primer meliputi segala bentuk kegiatan yang dapat menghentikan kejadian suatu penyakit atau gangguan sebelum hal itu terjadi. Pencegahan primer juga diartikan sebagai bentuk pencegahan terhadap terjadinya suatu penyakit pada seseorang dengan faktor risiko. Tahap pencegahan primer diterapkan dalam fase pre pathogenesis yaitu pada keadaan dimana proses penyakit belum terjadi atau belum mulai.

Pencegahan sekunder

Pencegahan sekunder merupakan pencegahan yang mana sasaran utamanya adalah pada mereka yang baru terkena penyakit atau yang terancam akan menderita penyakit tertentu. Adapun tujuan pada pencegahan sekunder yaitu diagnosis dini dan pengobatan yang tepat.

Adapun beberapa pengobatan terhadap penyakit masalah sistem reproduksi dapat melalui obat dan operasi. Pencegahan sekunder merupakan pencegahan yang dilakaukan pada fase awal patogenik.

Pencegahan Tersier

Pencegahan tersier berfokus pada proses adaptasi kembali. Tujuan utama dari pencegahan tersier adalah mencegah cacat, kematian, serta usaha rehabilitasi.

Menurut Kodim dkk (2004), tujuan dari pencegahan tersier adalah untuk mencegah komplikasi penyakit dan pengobatan, sesudah gejala klinis berkembang dan diagnosis sudah ditegakkan.

Pencegahan tersier terhadap penyakit masalah sistem reproduksi dapat dengan melakukan perawatan pasien hingga sembuh serta melakukan terapi-terapi untuk meminimalisir kecacatan akibat masalah tersebut. Pencegahan tersier adalah Rehabilitasi. contoh: rehabilitasi pada penderita-penderita kanker ovarium, kanker payudara dan lain sebagaiannya.

Download Makalah Pencegahan Primer Sekunder Tersier ( Link Download )