Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 8 : Keanekaragaman Hayati

ASN PPPK 2021 - Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 8: Keanekaragaman Hayati. Soal dan Pembahasan Guru P3K Biologi di bawah ini merupakan Kumpulan Soal Riviu Pembelajaran Biologi Tahun 2021. Soal PPPK SKB Guru Biologi Tahun 2021. Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 8: Keanekaragaman Hayati Bidang Studi Biologi Calon Guru P3K Tahun 2021.

Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 8: Keanekaragaman Hayati Bidang Studi Biologi Calon Guru P3K Tahun 2021

Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK Bidang Studi Biologi dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang bidang studi biologi.

Baca : Kumpulan Soal P3K SKB Terbaru Tahun 2021

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait sel, struktur fungsi dan jaringan, Sistem gerak manusia, genetika dan pewarisan sifat, respon fisiologi makhluk hidup, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, ekosistem, keanekaragaman hayati, klasifikasi tumbuhan, evolusi dan bioteknologi, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Soal dan Jawaban Riviu Pembelajaran 8 : Keanekaragaman Hayati

1. Keanekaragaman merupakan yang paling rendah terdapat pada…..

a. pada tingkatan gen
b. pada tingkatan spesies
c. pada tingkatan individu
d. pada tingkatan ekosistem
e. pada tingkatan ekologi
The correct answer is: pada tingkatan gen

2. Akuarium air tawar merupakan suatu ekosistem yang terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Ikan-ikan yang hidup dalam akuarium harus mendapat oksigen yang cukup untuk melangsungkan hidupnya. Untuk itu kandungan oksigen terlarut dapat bertambah dari….

a. hasil respirasi ikan di dalam akuarium
b. zooplankton yang hidup didalam akuarium
c. tumbuhan air yang ada dalam akuarium
d. pemecahan gara-garam karbonat
e. hidrolisis air menjadi hidrogen
The correct answer is: hidrolisis air menjadi hidrogen

3. Keanekaragaman jenis mendukung untuk mengurangi tingkat kepunahan. Keanekaragaman jenis dapat terlihat dari adanya perbedaan ....

a. bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan penampilan
b. bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan faktor pembawa sifat menurun
c. morfologi dan tingkah laku
d. morfologi dan anatomi
e. tingkah laku dan gen
The correct answer is: morfologi dan anatomi

4. Apa yang Anda maksud dengan konservasi Keanekaragaman Hayati?

a. Upaya pelestarian, pemeliharaan, penggunaan berkelanjutan (konservasi), pemulihan dan peningkatan komponen keanekaragaman hayati.
b. Proses penggunaan sumber daya alam hayati sesuai kebutuhan dan keinginan
c. Merupakan proses pengkajian sementara dalam konservasi hayati
d. Merupakan proses penggunaan spesies tumbuhan atau hewan yang terancam punah di habitat aslinya, baik dengan melindungi atau membersihkan habitat itu sendiri, atau dengan mempertahankan spesies dari pemangsa.
e. Merupakan diskusi yang tepat oleh manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat maksimal bagi generasi sekarang dan juga mengembangkan potensinya untuk memenuhi kebutuhan generasi mendatang.
The correct answer is: Upaya pelestarian, pemeliharaan, penggunaan berkelanjutan (konservasi), pemulihan dan peningkatan komponen keanekaragaman hayati.

5. Jenis makhluk hidup (biotik) yang dapat beradaptasi dengan lingkungan tersebut berbeda-beda demikian juga, permukaan bumi dengan variasi kondisi komponen abiotik yang tinggi akan menghasilkan keanekaragaman..….

a. intra gen
b. ekologi
c. ekosistem
d. gen
e. komunitas
The correct answer is: ekosistem

6. Seorang siswa dihadapkan sebuah tumbuhan, jenis tumbuhan tersebut adalah tumbuhan krokot, merupakan tumbuhan yang memiliki batang yang lunak dan berair, hal ini menunjukkan bahwa batang krokot memiliki sifat……

a. batang basah
b. batang rumput
c. batang berkayu
d. batang mendong
e. batang pipih
The correct answer is: batang basah

7. Ekosistem laut dicuplik untuk menentukan rantai makanannya. Hasil dari kajian tersebut dituangkan kedalam Tabel berikut ini:

Tipe organisme  Jumlah organisme
Hiu          2
Udang kecil 400
Ikan kembung 20
Plankton         1000
Ikan haring 100

Jika populasi ikan haring berkurang oleh predasi, manakah berikut ini yang paling mungkin terjadi pada ekosistem akuatik ini?
a. Tidak ada perubahan yang terjadi pada jumlah hiu pada ekosistem
b. Populasi plankton akan berkurang pada tahun berikutnya
c. Ikan kembung menjadi predator paling banyak pada ekosistem tersebut
d. Populasi udang akan berkurang banyak
e. Udang akan punah
The correct answer is: Populasi udang akan berkurang banyak

8. Di antara kelompok-kelompok hewan yang diberikan di bawah ini, yang mana yang tampaknya lebih rentan terhadap kepunahan?

a. Mamalia
b. Amfibi
c. Serangga
d. Aves
e. Reptil
The correct answer is: Mamalia

9. Hewan-hewan seperti burung unta, singa, impala, cheetah dan gorila, merupakan hewan-hewan khas yang kisaran hidupnya berada di wilayah biogeografi....

a. holarktik
b. palearktik
c. australia
d. ethiopia
e. neotropik
The correct answer is: ethiopia

10. Suatu ekosistem di huni oleh hewan-hewan yang mampu menyimpan air, ular, rodentia dan semut. Tumbuhannya adalah xerofit dan tumbuhan semusim sedangkan curah hujan mencapai 25 cm/th. Evaporasi tinggi, suhu siang dengan malam sangat jauh berbeda yaitu 40ºC-50ºC. Sedangkan mencapai 0ºC pada malam hari. Bioma ini adalah….

a. gurun
b. savana
c. undra
d. padang rumput
e. tiaga
The correct answer is: gurun