Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peranan Bahasa Pertama Bagi Anak

Peranan Bahasa Pertama Bagi Anak. Menurut Suhartono (2005:13) ada beberapa Peranan Bahasa Pertama Bagi Anak atau peranan bahasa bagi anak usia dini adalah sebagai berikut:

Peranan Bahasa Pertama Bagi Anak

Bahasa sebagai sarana untuk berpikir.

Anak bayi bila ingin sesuatu ia biasanya dengan menangis. Dengan bunyi tangisan ini anak berpikir supaya ada orang yang mendekatinya. Setelah ada yang mendekatinya (ibu, bapak, atau kakak-kakanya) lalu ia berusaha mengatakan apa yang ada dalam pikirannya dengan kalimat-kalimat pendek. Kalimat yang terdiri dari satu kata atau dua kata.

Bahasa sebagai sarana untuk mendengarkan.

Pada awal kelahirannya di dunia, anak tidak mengenal bahasa. Dalam lingkungan keluarganya, setiap hari anak mendengarkan bunyi bahasa ibu dan bapaknya (keluarganya). Secara perlahan bunyi-bunyi yang didengar anak itu, akan mampu dipahami maksudnya. Oleh karena itu, dengan bahasa ia mampu mendengarkan dan mampu memahami maksud bahasa yang didengarnya.

Bahasa sebagai sarana untuk melakukan kegiatan berbicara.

Setelah anak dapat dan mampu mendengarkan bunyi bahasa, kemudian ia berusaha untuk berlatih bicara sesuai dengan bunyi bahasa yang biasa ia dengarkan. Jadi anak bisa berbicara dengan bahasa yang ia kenal sehari-hari di lingkungan rumah. Bahasa di luar rumah akan mampu ia gunakan setelah bergaul dengan lingkungan luar rumah dan di sekolah.

Setelah anak memasuki sekolah

Bahasa mempunyai peranan untuk membaca dan menulis. Anak akan belajar membaca dan menulis di sekolah, khususnya pada waktu ia memasuki kelas 1 Sekolah Dasar. Bahasa ibu (B1) merupakan bahasa pertama yang dikuasai manusia sejak lahir melalui interaksi dengan sesama anggota masyarakat bahasanya, seperti keluarga dan masyarakat lingkungannya. Sehingga orangtua berperan penting dalam proses pemerolehan bahasa pertama (B1) anak.

Hal ini tentunya akan berdampak terhadap permerolehan bahasa kedua anak. Sehingga peranan bahasa ibu terhadap pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:

  • bahasa ibu merupakan alat ekspresi dan komunikasi bagi anak
  • bahasa ibu mudah dipelari oleh anak
  • bahasa ibu merupakan sumber pengetahuan bagi anak
  • bahasa ibu merupakan pertahanan yang kuat untuk melawan tergerusnya pemakaian bahasa daerah yang terjadi di era globalisasi
  • bahasa ibu sebagai bahasa pengantar pada tingkat permulaan sekolah (estikurniawatimahardika.wordpress.com diunduh tanggal 26-12-2013).

Berdasarkan uraian di atas maka dapat dilihat betapa pentingnya bahasa bagi anak. Selain itu, orangtua memiliki peran yang penting bagi pemerolehan bahasa pertama anak. Bahasa pertama dikuasai oleh anak melalui interaksi dengan orangtua dan orang dewasa di sekitarnya.