Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Produk Kerajinan dari Bahan Kerang, Kaca, Keramik dan Botol Plastik

Pengertian Produk Kerajinan dari Bahan Kerang, Kaca, Keramik dan Botol Plastik

Pengertian Kerajinan Kerang

Kerang merupakan salah satu jenis hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak (moluska). Definisi kerang bersifat umum dan tidak memiliki arti biologis, tetapi penggunaannya tersebar luas dan digunakan dalam kegiatan ekonomi.

Dalam arti luas, kerang berarti semua moluska dengan sepasang kerang, dan dalam pengertian ini lebih tepat untuk menyebutnya kerang dan sebanding dengan arti kerang yang digunakan di Amerika. Contoh penggunaan seperti ini bisa dilihat dalam istilah “Kerajinan kerang”.

Kata kerang berasal dari sebuah kata kerang-kerangan yang hidupnya menempel. Jenis kerang ini juga jenis hewan yang dapat dimakan, namun ada juga kerang yang tidak dapat dimakan seperti kerang darah dan kerang hijau (kupang awung), biasanya karag ini menggeletak di pasir atau di daerah perairan, seperti lokan dan remis.

Hasil kerajinan dari cangkang kerang merupakan kerajinan yang unik dan disukai banyak orang. Cangkang kerang memiliki ukuran kecil dan memiliki pipih yang dapat dibuat untuk pelapis tempat seperti sabun, penghias frame foto atau cermin, lampu, kotak perhiasan, dan masih banyak lagi.

Pengolahan bahan adalah mengolah bahan baku dari berbagai material yang belum siap pakai menjadi bahan keramik plastis yang siap dipakai. Pengolahan bahan dapat dilakukan dengan metode basah maupun kering dengan cara manual ataupun masinal.(Sumber)

Pengertian Kerajinan Keramik

Dalam pengolahan bahan ada proses-proses tertentu yang harus dilakukan antara lain pengurangan ukuran butir, penyaringan, pencampuran, pengadukan (mixing), dan pengurangan kadar air. Pengurangan ukuran butir dapat dilakukan dengan penumbukan atau penggilingan dengan ballmill. Penyaringan dimaksudkan untuk memisahkan material dengan ukuran yang tidak seragam. Ukuran butir biasanya menggunakan ukuran mesh. Ukuran yang lazim digunakan adalah 60 –100 mesh. Bahan (tanah liat)  yang digunakan untuk pembentukan benda keramik harus dipersiapkan dengan baik, hal ini perlu diperhatikan agar dalam proses selanjutnya  tidak mengalami kerusakan.  Untuk itu sebelum melaksanakan pembentukan benda keramik perlu penyiapan tanah liat. Penyiapan tanah liat melalui pengulian (kneading) dan pengirisan (wedging) satu atau lebih warna tanah sejenis. Tujuannya agar tanah liat tersebut memenuhi persyaratan pembentukan.

Tanah liat sebagai bahan untuk membuat benda keramik harus memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi agar benda keramik yang dibuat tidak mengalami kesuliatan.(Sumber)

Pengertian Kerajinan Botol Plastik

Plastik adalah sampah yang sangat sulit terurai dalam tanah. Penting sekali untuk menjaga kebersihan lingkungan dan bumi. Karena itu kamu perlu memanfaatkan benda yang sulit terurai itu menjadi sesuatu yang berharga.

Pengertian Kerajinan Kaca

Kaca merupakan salah satu produk industri kimia yang paling akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun tidak banyak yang kita ketahui mengenai kaca tersebut.

Dipandang dari segi fisika kaca merupakan zat cair yang sangat dingin. Disebut demikian karena struktur partikel-partikel penyusunnya yang saling berjauhan seperti dalam zat cair namun dia sendiri berwujud padat. Ini terjadi akibat proses pendinginan (cooling) yang sangat cepat, sehingga partikel-partikel silika tidak sempat menyusun diri secara teratur.

Dari segi kimia, kaca merupakan gabungan dari berbagai oksida anorganik yang tidak mudah menguap, yang dihasilkan dari dekomposisi dan peleburan senyawa alkali serta alkali tanah, pasir serta berbagai penyusun lainnya. Kaca memiliki sifat-sifat yang khas dibanding dengan golongan keramik lainnya. Kekhasan sifat-sifat kaca ini terutama dipengaruhi oleh keunikan silika (SiO2) serta proses pembentukannya. (Sumber)

Jenis Pengolahan Kerang Kaca, Keramik dan Botol Plastik

Botol plastik : Gampang kebakar , tembus pandang.

Kerang :keras , tidak bisa di bakar .

Kaca : Isolator , Keras

Keramik : Isolator & Keras

Sifat kerang adalah keras dan tidak lunak sedangkan botol plastik sifatnya tidak keras dan sangat lunak untuk dibentuk sedangkan kaca keramik sangat mudah pecah dan keras serta tidak lunak

Sifat atau Karakter Pengolahan Kerang Kaca, Keramik dan Botol Plastik

Kerang : Keras

Kaca : Keras,mudah pecah

Keramik : Keras,, mudah pecah

Botol plastik : Sulit di urai

Teknik Pengolahan Kerang Kaca, Keramik dan Botol Plastik

Kerang : ditempel

Kaca : di hancurkan , ditempel

Keramik : di hancurkan, ditempel

Botol kaca : dihias

Berikut ini merupakan Tugas Prakarya Pengertian Produk Kerajinan dari Bahan Kerang, Kaca, Keramik dan Botol Plastik.