Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Teknik Supervisi Pendidikan

Makalah Lengkap - Makalah Teknik Supervisi Pendidikan dibawah ini menjelaskan tentang Metode Supervisi Pendidikan (Monitoring dan Evaluasi, Refleksi dan Focused Group Discussion, Metode Delphi, Workshop) dan Tentang Supervisi Akademik (Teknik Supervisi Individual, Teknik Supervisi Kelompok). Download Makalah Teknik Supervisi Pendidikan.

Makalah Teknik Supervisi Pendidikan

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Lembaga pendidikan dapat dikategorikan sebagai organisasi nirlaba yang melayani masyarakat. Meski pun sifatnya nirlaba, namun bukan berarti sekolah tidak dituntut untuk terus meningkatkan mutu proses maupun output pendidikannya. Sebaliknya, sekolah sangat diharapkan benar-benar memer-hatikan mutu, karena tugas suci yang diembannya adalah turut mencerdaskan kehidupan bangsa, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Dalam menjaga mutu proses tersebut, diperlukan adanya quality controll yang mengawasi jalannya proses dan segala komponen pendukung- nya. Meski demikian pengawasan mutu dalam dunia pendidikan tentu berbeda dengan peruasahaan yang memproduksi barang/jasa. Sekolah adalah sebuah people changing institution, yang dalam proses kerjanya selalu berhadapan dengan uncertainty and interdependence (McPherson, Crowson and Pitner, 1986: 33-40). Maksudnya mekanisme kerja (produksi) di lembaga pendidikan secara teknologis tidak dapat dipastikan karena kondisi input dan lingkungan yang tidak pernah sama. Selain itu proses pendidikan di sekolah juga tidak terpisahkan dengan lingkungan keluarga maupun pergaulan peserta didik.

Dalam situasi demikian, maka pengawasan terhadap sekolah pasti berbeda model dan pendekatannya. Peran seorang pengawas pendidikan pun tentu berbeda dengan pengawas pada perusahaan produksi. Untuk dapat melaksanakan tugasnya tersebut pengawas tentu harus menguasai berbagai prinsip, metode dan teknik supervisi sehingga ia dapat menentukan strategi, pendekatan atau model supervisi yang cocok untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau program. Materi ini merupakan salah satu bahan yang ditujukan bagi supervisor untuk menguasai kompetensi tersebut.

B. Tujuan Penulisan Makalah

Adapun tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk mengetahui Teknik-teknik Supervisi pendidikan.

Download Makalah Teknik Supervisi Pendidikan.pdf

Unduh Makalah Teknik Supervisi Pendidikan.doc