Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Masalah Sosial dan Penyebabnya

Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial adalah suatu kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal, atau dapat diartikan sebagai ketidaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang muncul dari keadaan masyarakat yang kurang atau tidak ideal, maksudnya selama terdapat kebutuhan dalam masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan tetap selalu ada dalam kehidupan.

Pengertian Masalah Sosial dan Penyebabnya

Contoh-Contoh Masalah Sosial

Berikut ini adalah contoh masalah sosial yang saat ini terjadi di masyarakat :

1. Kemiskinan

Kemiskinan merupakan suatu kondisi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan seperti papan, sandang dan pangan. Kemiskinan bukan hanya terjadi di daerah pelosok saja melainkan juga di daerah perkotaan.

2. Pengangguran

Pengangguran merupakan permasalahan sosial yang terjadi saat ini. Pengangguran terjadi karena adanya jumlah penduduk yang semakin meningkat dan tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan. Hal tersebut harus segera diatasi oleh pemerintah agar permasalahan banyaknya pengangguran dapat segera teratasi.

3. Masalah pada Pendidikan

Masalah pendidikan seperti banyaknya anak-anak yang membantu orang tuanya dalam mencari nafkah menjadi permasalahan tersendiri. Hal ini dikarenakan ketidak mampuan orang tua dalam membiayai sekolah anaknya.

Faktor yang dapat Menimbulkan Masalah Sosial

Terdapat empat faktor utama timbulnya masalah sosial di masyarakat diantaranya :

1. Faktor Ekonomi

Terdapat berbagai masalah yang timbul akibat permasalahan ekonomi seperti pengangguran, kemiskinan dan lain-lain. Akibat permasalahan yang ditimbulkan oleh faktor ekonomi kemudian meluas pada permasalahan lain seperti kriminalitas dan kekurangan ekonomi yang pada akhirnya dijadikan pembenaran atas melakukan suatu tindakan. Faktor ekonomi juga dapat menjadi acuan maju tidaknya suatu negara. Faktor ekonomi juga sangat berpengaruh pada masalah sosial yaitu pada aspek psikologis dan biologis masyarakat.

2. Faktor Budaya

Yang dimaksud faktor budaya adalah berkembangnya suatu kebudayaan di masyarakat akan menimbulkan masalah sosial baru seperti penikahan usia dini, kawin cerai, hamil di luar nikah, kenakalan remaja dan lain-lain. Hal terebut sebaiknya mendapat perhatian serius. Dengan mempelajari dan mendalami agama mungkin dapat menghambat masuknya budaya negatif dari negara lain.

3. Faktor Biologis

Faktor biologis dapat berpengaruh pada timbulnya permasalahan seperti kurang gizi, penyakit menular dan lain-lain. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang layak karena tingkat ekonomi dan pendidikan yang tidak mencukupi. Solusinya yaitu dengan meningkatkan fasilitas kesehatan dan memberikan pengetahuan mengenai pola hidup sehat maupun pentingnya menjaga kebersihan.

4. Faktor Psikologi

Faktor psikologi dapat muncul dalam masyarakat dengan tingkat psikologis masyarakat yang lemah. Faktor tersebut juga dapat memunculkan beban hidup yang berat pada masyarakat khususnya di daerah perkotaan, pekerjaan yang semakin menumpuk akan menimbulkan stres sehingga luapan emosinya akan memicu konflik antar anggota masyarakat.

Cara Mengatasi Masalah Sosial

Berikut ini adalah cara-cara mengatasi masalah sosial :

  • Meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan
  • Meningkatkan kesadaran sosial
  • Menyediakan lapangan pekerjaan yang banyak
  • Meningkatkan pemerataan pembangunan atau fasilitas publik
  • Mensosialisasikan norma sosial dan nilai-nilai sosial
  • Memberikan sangsi terhadap pelanggar dan lain-lain


Berlangganan via Email