Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pembahasan Soal Sosiologi SMA Tahun 2020

Masbabal.comPembahasan Soal Tahun 2020 dan Soal Pembahasan Soal Sosiologi SMA Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Pembahasan Soal UN Sosiologi SMA Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Pembahasan Soal Sosiologi SMA Tahun 2020 di bawah ini.
Pembahasan Soal Sosiologi SMA Tahun 2020

Pembahasan Soal Sosiologi SMA Tahun 2020
Lingkup materi yang diujikan pada UN mata pelajaran Sosiologi jenjang SMA meliputi: (1) konsep dan objek kajian sosiologi; (2) kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya; (3) masyarakat multikultural dan perubahan sosial; dan (4) penelitian sosial. Soal-soal ujian tersebut meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Berdasarkan analisis soal, sebagian besar siswa mampu menjawab soal pada level pengetahuan dan pemahaman, karena pada level ini soal-soal tersebut rutin keluar baik dalam ujian maupun dalam pembelajaran di kelas, seperti contoh soal nomor 1. Sedangkan pada level aplikasi terutama soal yang tidak rutin keluar, hanya sebagian siswa yang mampu menjawab (contoh soal nomor 2). Siswa juga mengalami kesulitan ketika menghadapi soal yang menuntut penalaran, seperti contoh soal nomor 3 yang menuntut kemampuan memprediksi.

Soal menjadi lebih sulit ketika tidak hanya menuntut penalaran tetapi juga dengan stimulus yang panjang (contoh soal nomor 4). Pada jenis soal seperti ini siswa tidak hanya perlu membaca stimulus tetapi juga memahami dan menarik kesimpulan bacaan, Dengan semakin kompleks permasalahan sosial yang dihadapi, kemampuan berpikir kritis semakin diperlukan. Untuk itu perlu adanya penyesuaian dalam pembelajaran Sosiologi;. pembelajaran tidak hanya untuk mengenal konsep dan mengaplikasikan pada konteks terbatas, tetapi juga untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial dalam masyarakat.. Pembelajaran kontekstual yang menggunakan contoh-contoh kehidupan nyata dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami, menerapkan konsep, dan mengapresiasi apa yang dipelajari Untuk melatih kemampuan berpikir sekaligus kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi, siswa dapat ditugaskan secara berkelompok untuk mengerjakan suatu projek, seperti meneliti atau melakukan observasi gejala sosial, kemudian menampilkan hasil kajian di depan kelas dan menuliskan dalam bentuk laporan.

Unduh Pembahasan Soal UN Sosiologi SMA Tahun 2020

Unduh Pembahasan Soal SMA Tahun 2020
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]

Berlangganan via Email