Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Modul 2 Internet Sehat, Bijak dan Aman

ModulModul 2 Internet Sehat, Bijak dan Aman. Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK), yang diselenggarakan setiap tahunnya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam hal penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna mendukung terciptanya model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan tuntutan abad 21. Hal ini sejalan dengan harapan besar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang siap menyongsong revolusi industri 4.0. Unduh Modul 2 Internet Sehat, Bijak dan Aman
Modul 2 Internet Sehat, Bijak dan Aman

Terlebih lagi, pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pembekalan guru akan literasi TIK akan meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kompetensi keahlian yang cukup untuk memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga lebih optimal dalam penyampaian materi pelajaran di sekolah.

Saat ini masih banyak guru yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam pembelajaran. Minimnya kegiatan peningkatan kualitas dan kompetensi guru untuk memanfaatan TIK dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhinya. Program ini diadakan sebagai kegiatan rutin tahunan Pusdatin Kemendikbud.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) berjenjang 4 level, yaitu Level Literasi TIK, Implementasi TIK, Kreasi TIK, hingga Berbagi TIK. Di mana masing-masing level akan diadakan dengan sistem seleksi, sehingga pada akhir level, akan menghasilkan guru-guru terpilih. Guru-guru inilah yang sekaligus akan dilantik menjadi Duta Rumah Belajar, agen Pusdatin Kemendikbud untuk menyosialisasikan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Guru-guru ini akan menjadi inspirasi guru-guru di wilayah representatif mereka dalam menggunakan teknologi untuk mengajar siswa-siswanya.

Walaupun pada inti program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi TIK untuk guru-guru, program ini diselenggarakan dengan proses kompetisi. Hal ini bertujuan untuk memacu mereka dalam menghasilkan karya-karya terbaiknya. Melihat pengalaman dua tahun terakhir ini, dengan sistem seperti ini cukup efektif untuk mendorong tingkat partisipasi guru. Ke depannya, Pusdatin Kemendikbud akan terus berupaya mengakselerasi inovasi-inovasi teknologi pembelajaran yang lebih efektif untuk diestafetkan kepada guru-guru. Sehingga, kualitas guru-guru Indonesia akan terus meningkat dan pada akhirnya mutu peserta didik menjadi lebih berdaya saing.

Modul Internet Sehat, Bijak dan Aman ini disusun untuk dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan Program PembaTIK. Modul yang berisikan arahan dan materi terkait setiap level program ini, diharapkan akan membantu peserta dalam mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditentukan.

Modul 2 Internet Sehat, Bijak dan Aman. Unduh

Terima Kasih Telah Berkunjung. Dapatkan Modul Pembelajaran Lainnya di Sini. Cari Modul

Berlangganan via Email