Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makalah Kereta Maglev pdf

Makalah - Makalah Kereta Maglev Membahas Tentang Bagaimana kereta magnet maglev menggunakan gaya magnet, Bagaimana kereta maglev menggunakan gaya magnet, Bagaimana kereta magnet magnet menggunakan gaya magnet, Kenapa air garam bisa menghantarkan arus listrik, Benda-benda apa saja di rumahmu yang bisa ditarik magnet dan benda-benda yang tidak bisa ditarik magnet, Bagaimana prinsip kerja medan magnet pada kereta maglev, Mengapa air garam bisa menghantarkan arus listrik.

Makalah Kereta Maglev Membahas Tentang Bagaimana kereta magnet maglev menggunakan gaya magnet, Bagaimana kereta maglev menggunakan gaya magnet, Bagaimana kereta magnet magnet menggunakan gaya magnet, Kenapa air garam bisa menghantarkan arus listrik, Benda-benda apa saja di rumahmu yang bisa ditarik magnet dan benda-benda yang tidak bisa ditarik magnet, Bagaimana prinsip kerja medan magnet pada kereta maglev, Mengapa air garam bisa menghantarkan arus listrik

BAB I PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari semua manusia tidak terlepas dari adanya transportasi. Transportasi dapat membantu segala macam kegiatan manusia. Dengan transportasi manusia dapat nencapai suatu tempat dengan singkat. Dengan transportasi pula segala kebutuhan akan sandang, papan dan papan pun terbantu olehnya. Begitu banyaknya manfaat dari transportasi, menggugah manusia untuk lebih berpikir kreatif untuk menciptakan suatu system transportasi yang efektif dan efisien. Berbagai penemuan transportasi berkembang sejalan dengan berkembangnya jaman.

Salah satu sistem transportasi yang berkembang dengan pesat yaitu kereta api. Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta, kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi atau rel, yang dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.namun sekarang kerta api menggeser peranan kereta kuda yang sebagai sarana transportasi berabad-abad lamanya. Salah satu Kereta yang digunakan pada zaman sekarang yaitu Kereta Maglev. Kerteta yang system kerjanya menggunakan magnet. Berbagai inovasi-inovasi baru terus dikembangkan terutama dibidang transportasi.

Mengenal Kereta Api Meglev
Di Indonesia, terdapat lebih dari 300 rangkaian kereta api baik barang maupun penumpang, yang tiap harinya hilir mudik di jalur kereta api di pulau Jawa dan Sumatra. Kereta api umumnya digerakkan oleh tenaga diesel. Sebelum adanya lokomotif bertenaga diesel, kereta api menggunakan tenaga mesin uap. Akan tetapi kereta api ini saat ini hanya ada di Indonesia untuk kereta wisata di Ambarawa dan Solo. Di wilayah Jabodetabek, juga terdapat rangkaian kereta api yang digerakkan oleh tenaga listrik, kereta ini diberi nama Comuter Line Jabodetabek.

Ternyata, selain digerakkan oleh uap air pada zaman dahulu ataupun  diesel dan listrik untuk kereta api saat ini, terdapat juga kereta api yang digerakkan oleh tenaga magnet. Kereta ini disebut  Kereta Maglev, atau singkatan dari MAGnetic LEVitated trains, yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. Sering juga disebut kereta api magnet.
Negara-negara maju yang sudah pernah mengoperasikan kereta magnet ini adalaH Jerman, Inggris, Perancis, USA, dan Jepang, juga Negara maju baru yaitu China. Akan tetapi karena mahalnya ongkos pembuatan relnya, kereta magnet ini baru dioperasikan secara komersil di Shanghai China dan Tokyo Jepang.

Sesuai dengan namanya, cara kerja kereta magnet ini menggunakan prinsip gaya angkat dari magnet. Kereta ini tidak menggunakan roda yang berjalan diatas kereta seperti pada umumnya, akan tetapi posisi catokan terangkat 10mm dari rel, kemudian gerak kereta ini dihasilkan dari daya dorong oleh motor induksi. Maglev (Magnetically Levitated Trains) atau kereta api yang mengambang secara magnetis.

Unduh Makalah Kereta Maglev dibawah ini

Berlangganan via Email