Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ketahui Faktor Yang Mempengaruhi Belajar di Rumah

Masbabal.Com - Belajar yang dilakukan di rumah merupakan kegiatan setelah pembelajaran yang dilakukan siswa di sekolah dengan cara mengulang pelajaran yang telah diajarkan. Dengan cara mengulang pelajaran yang telah diajarkan di sekolah sangat membantu dan menunjang pemahaman materi siswa. Hal ini bertujuan untuk mengingat kembali pelajaran yang telah diajarkan dan memperbaiki semua kesan yang masih samar-samar untuk menjadi kesan yang sesungguhnya yang tergambar jelas dalam ingatan. Apakah ada Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar di Rumah?

Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar di Rumah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar di Rumah
Banyak faktor yang mempengaruhi disiplin belajar, menurut Maria J wantah (2005: 301) yaitu :
Keteladanan
Keteladanan orang tua sangat mempengruhi sikap disiplin anak, sebaba sikap dan tindak tanduk atau tingkah laku orang tua sangat mempengaruhi sikap dan akan ditiru oleh anak. Oleh karena itu, orang tua bukanlah hanya sebagai pemberi kebutuhan anak secara materi, namun orang tua juga adalah sebagai pemberi ilmu pengetahuan dan dituntut untuk menjadi suri tauladan bagi anak.

Kewibawaan
Orang tua yang berwibawa dapat memberi pengaruh yang positif bagi anak, hal ini sebagaimana yang tertulis dalam sebuah buku dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1983: 3) bahwa kewibawaan adalah pancaran kepribadian yang menimbulkan pengaruh positif sehingga orang lain mematuhi perintah dan larangannya. Orang yang berwibawa menampakkan sikap dan nilai yang lebih unggul untuk diteladani. Pendapat tersebut menyebutkan bahwa kewibawaan sangat mempengaruhi sikap seseorang. Kewibawaan yang dimiliki oleh orang tua sangat menentukan kepada pembentukan kepribadian anak. Anak yang terbiasa melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk orang tua, maka dalam dirinya itu tertanam disiplin, dan sebaliknya apabila orang tua sudah tidak memiliki kewibawaan, akan sulit bagi orang tu atersebut untuk mengarahkan dan membimbing anak dan yang akan terjadi adalah tindakan-tindakan indisipliner, dengan demikian kewibawaan sangat mempengaruhi perilaku anak.

Anak
Agar disiplin di lingkungan keluarga dapat berjalan dengan baik, maka sangat diharapkan kerjasama antar semua yang ada di rumah tersebut. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka sangat diharapkan adanya kesadaran anak itu sendiri dalam membina kedisiplinan. Anak harus menyadari kedudukannya sebagai anak yang memerlukan orang tua.

Hukuman dan Ganjaran
Hukuman dan ganjaran merupakan salah satu usaha untuk mempengaruhi perilaku. Apabila anak melakukan suatu pelanggaran atau suatu perbuatan yang tidak terpuji dan tidak mendapat teguran dari orang tua, maka akan timbul dalam diri anak tersebut suatu kebiasaan yang jurang baik.

Lingkungan
Faktor yang tidak kalah pentingnya dan berpengaruh terhadap disiplin adalah faktor lingkungan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pada umumnya apabila lingkungan baik, maka akan berpengaruh terhadap perbuatan yang positif dan begitu pula sebaliknya. Agar dapat terlaksana sikap disiplin yang diharapkan, maka ketiga lingkungan tersebut harus saling membantu, saling menolong, dan kerjasama, karena masalah pendidikan itu sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, dalam hal ini huru/sekolah, orang tua/keluarga dan begitu juga masyarakat yang berada di lingkungannya.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Ki Hajar Dewantara, bahwa keluarga mendidik dengan memberikan kebiasaan-kebiasaan yang baik sebagai pembentukan watak yang terpuji. Sekolah mendidik anak memberikan kecakapan-kecakapan yang dibutuhkan si anak dengan pengajaran dan dari masyarakat mendidik anak-anak dengan latihan-latihan praktis, berwujud keterampilan, ketabahan, keberanian, dan sebagainya yang semuanya akan dipergunakan sebagai bekal dalam kehidupannya.

Kesimpulan bahwa fakto-faktor yang dapat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa di rumah antara lain: keteladanan, kewibawaan, anak, hukuman dan ganjaran serta lingkungan. Oleh karena itu, orang tua hendaknya dalam mendidik anak harus lebih memperhatikan faktor-faktor tersebut agar anak memiliki sikap disiplin dalam belajar di rumah.

Berlangganan via Email